Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

5 Cara Mengambil Keputusan Bisnis secara Tepat Berbasis Data

Cara mengambil keputusan
Daftar Isi

    5 Cara Mengambil Keputusan Bisnis secara Tepat Berbasis Data

    Menjalankan sebuah bisnis membuat Anda dihadapkan pada berbagai macam pilihan, mulai dari pilihan akan bidang bisnis untuk didirikan, siapa saja karyawannya, bagaimana manajemen usaha yang akan dijalankan, dan lain-lain. Tak hanya berlaku bagi orang yang akan mendirikan sebuah bisnis kecil, pilihan juga selalu datang pada Anda yang telah menjalankan perusahaan besar. Pada dasarnya, hidup adalah soal pilihan, begitu juga dengan bisnis.

    Dari berbagai pilihan yang muncul di hadapan Anda, seorang pelaku bisnis harus menentukan keputusan tepat. Bagaimana cara mengambil keputusan yang dianggap tepat? Keputusan tepat adalah keputusan yang berbasis pada data. Oleh karena itu, mengumpulkan dan mengolah data merupakan kegiatan penting dalam berbisnis karena dapat mengevaluasi kinerja perusahaan sekaligus mengambil tindakan dari hasil tersebut.

    Baca juga: Mengapa Mengolah Data Perusahaan Itu Penting?

    Manfaat pengambilan keputusan berbasis data 

    Mengambil keputusan dengan berbasis data akan memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan Anda, misalnya meminimalisir risiko dan kegagalan di masa yang akan datang. Contohnya ketika akan membuat strategi bisnis untuk perusahaan Anda, Anda bisa menganalisis beberapa data lawas.

    Dari data-data tersebut, Anda belajar mana saja strategi yang berhasil dan tidak. Sehingga, Anda tidak perlu menyusun strategi baru yang belum tentu berhasil, melainkan memanfaatkan berbagai macam strategi yang telah Anda gunakan dan terbukti keberhasilannya.

    Selain menghemat tenaga, cara mengambil keputusan berbasis data juga dapat mengurangi risiko kegagalan dan biaya. Tindakan ini pun dapat menaikkan profit perusahaan Anda. Jika masih merasa kesulitan, begini gambaran sederhananya; tingkatkan keberhasilan yang telah Anda peroleh dengan mengurangi kegagalan berdasarkan data yang Anda miliki.

    Cara mengambil keputusan bisnis berbasis data

    Mengambil keputusan memang tidak pernah mudah, apalagi jika berkaitan dengan kepentingan orang banyak dalam bisnis. Untuk itu, simak lima cara mengambil keputusan berbasis data berikut ini.

    • Cara mengambil keputusan 1: Identifikasi masalah dan tujuan

    Mengidentifikasi masalah adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam rangka pengambilan keputusan. Jika Anda salah mengidentifikasi masalah, tidak menutup kemungkinan bahwa keputusan yang Anda ambil kelak juga salah. Jangan sampai hal ini terjadi, segera lakukan identifikasi akar permasalahan dan tujuan dari pengambilan keputusan tersebut.

    Sebagai contoh, ketika omzet bisnis Anda menurun drastis, Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah akar masalahnya. Padahal, itu hanya dampak dari akar permasalahan yang ada. Anda harus menilik lebih dalam untuk mengetahui penyebab dari turunnya angka penjualan. Misalnya, ternyata penurunan tersebut diakibatkan oleh pergantian tren. Dari penemuan tersebut, Anda bisa mengambil keputusan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, yakni menaikkan kembali omzet penjualan bisnis Anda.

    Baca juga: Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

    • Cara mengambil keputusan 2: Kumpulkan data-data yang relevan

    Setelah menemukan akar permasalahan, Anda bisa lanjut pada tahap berikutnya, yakni mengumpulkan data-data yang relevan. Data-data ini bentuknya tidak hanya seputar angka penjualan, melainkan juga beragam informasi terkait dengan bisnis Anda.

    Misalnya, ketika Anda telah menemukan adanya perubahan tren pada masyarakat Indonesia yang mengakibatkan omzet perusahaan turun, Anda dapat mencari informasi lebih dalam mengenai penyebab perubahan tren tersebut, ke mana arah perubahannya, hingga mencari saran dari berbagai pakar bisnis terkemuka. Tak hanya mencari informasi tertulis, Anda juga bisa melakukan diskusi bersama kerabat dengan cara brainstorming.

    Dengan melakukan brainstorming, Anda dapat bertukar pikiran secara lebih maksimal karena pada kegiatan ini semua orang berhak menyampaikan pandangannya tanpa disanggah oleh satu sama lain. 

    • Cara mengambil keputusan 3: Analisis data yang telah diorganisasi

    Karena biasanya data bisnis berjumlah banyak, Anda perlu melakukan organisasi data supaya terlihat lebih rapi dan mudah untuk diolah. Setelah data dikumpulkan, cara mengambil keputusan bisnis yang selanjutnya adalah analisis data. Analisis data bukanlah persoalan yang mudah. Oleh karena itu, ada profesi yang khusus menangani masalah ini, yaitu Business Intelligence. Business intelligence merujuk pada jabatan seseorang yang bertugas mencari metode dan menganalisis sebuah informasi bisnis.

    Akan tetapi, jika perusahaan Anda belum memiliki business intelligence, jangan khawatir. Saat ini ada aplikasi Tableau yang bisa mengubah data berbasis angka dan teks dalam bentuk visual. Dengan menggunakan aplikasi ini, data Anda yang begitu rumit dapat dengan mudah dibaca dan dicerna. Proses analisis data pun jadi lebih mudah dan menyenangkan!

    Baca juga: Mengenal Profesi Business Intelligence dan Tugasnya

    • Temukan pola dan tren

    Perubahan pola dan tren akan senantiasa terjadi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengamati pola perubahan ini dan menggunakannya sebagai perbendaharaan data bisnis Anda. Sehingga, ketika ke depannya terjadi beberapa perubahan pola dan tren, Anda tidak akan kaget dan repot lagi.

    • Implementasi keputusan dan lakukan evaluasi

    Setelah mengambil keputusan, penting untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menguji segi  efektivitas dari keputusan yang telah Anda ambil. Jika ternyata keputusan tersebut belum efektif, Anda harus kembali mencari solusi dari permasalahan tersebut. Akan lebih bahaya jika tahap evaluasi ini dilewatkan, Anda jadi tidak mengetahui apakah keputusan yang Anda ambil itu tepat atau tidak.

    Itulah lima cara mengambil keputusan berbasis data yang penting Anda lakukan dalam bisnis. Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mengolah dan menganalisis data, gunakan aplikasi Tableau yang bisa mengubah data Anda dalam bentuk visual. Anda bisa mendapatkan free trial Tableau selama 14 hari melalui link ini atau hubungi kontak Sunartha untuk konsultasi lebih lanjut mengenai solusi bisnis Anda!

    Bagikan Artikel