Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

Bagaimana cara membuat form di Smartsheet

Daftar Isi

    Form Smartsheet membuat proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi lebih cepat dan mudah.

    Buat form Anda menggunakan conditional logic untuk memastikan pertanyaan-pertanyaan tersebut relevan bagi setiap orang yang mengisinya. Anda juga dapat menggunakan form custom brand dengan warna latar belakang, logo, teks, gambar, atau GIF. Kemudian, bagikan form tersebut sehingga kolega, kontraktor, klien, dan lainnya dapat dengan mudah mengumpulkan informasi dan file dari desktop dan perangkat mobile mereka, di mana pun mereka berada.

    Form memudahkan pengumpulan data yang konsisten dan bebas error dari semua stakeholder dan menyimpannya secara langsung ke sheet yang dapat Anda proses. Form sangat ideal untuk pengumpulan field ticket, manajemen permintaan, registrasi acara, kritik dan saran pelanggan, dan lain sebagainya.

    Pengumpulan Informasi dengan Form

    Buat dan bagikan form untuk mengumpulkan dan mengorganisir informasi dengan Smarsheet. Setelah Anda membuat dan membagikan form, masing-masing kiriman akan dimasukkan dari atas atau bawah sheet Anda sebagai baris baru.

    Anda dapat menggunakan form untuk mengumpulkan respons survei, menerima permintaan proyek, atau mengumpulkan pesanan produk.

    Siapa pun yang dapat mengakses form bisa menggunakannya untuk memasukkan informasi ke dalam sheet.

    Catatan: Kiriman yang masuk akan membentuk satu baris baru. Jika Anda ingin memberikan seseorang akses untuk mengedit baris yang telah ada, Anda dapat mengirimkan mereka sebuah Update Request. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Save Time and Work Faster With Automated Workflows.

    TIP: Untuk pengalaman terbaik saat memasukkan data ke dalam form dari perangkat mobile, bukalah form dengan aplikasi mobile (iOS atau Android).

    Membuat Form Baru

    1. Buka sheet yang ingin Anda sematkan form di dalamnya.
    2. Di bagian atas kiri, klik Form > Create Form.

    Ketika form baru dibuat, semua kolom (kecuali kolom System) dari sheet akan secara otomatis ditambahkan ke dalam form. Masing-masing bagian akan berfungsi sama seperti masing-masing tipe kolom.

    Untuk Contact List dan Dropdown List, terdapat opsi checkbox Restrict to list values only. Ketika checkbox ini dicentang, orang-orang hanya bisa memasukkan pilihan yang sudah dibuat di kolom value.

    Lihat Gunakan Tipe Kolom Terbaik untuk Data Anda untuk informasi mengenai masing-masing tipe kolom.

    Secara bawaan, judul form akan mengikuti nama sheet dan bagian pada form mengikuti nama dari kolom lembar yang terhubung.

    1. Pilih elemen dari pratinjau formulir tengah untuk mengedit pengaturannya, yang ditampilkan di panel kanan. Untuk informasi selengkapnya tentang pengaturan bidang, lihat mengedit atau menghapus bidang dalam formulir.
    2. Gunakan Pengaturan di bagian atas pembuat formulir untuk menyesuaikan pengaturan tingkat formulir apa pun. Untuk informasi selengkapnya, lihat Mengelola Tampilan Formulir dan Opsi Pengiriman.
    3. Setelah selesai menyiapkan Form Anda, pilih Save di kanan atas untuk menyimpan perubahan Anda.

    Pratinjau dan Lihat Cara Membagikan Form

    1. Pilih Open Form untuk melihat pratinjau formulir guna memastikan Form dikonfigurasi dengan benar.

    Setelah Anda mempratinjau formulir, Anda bisa menutup tab browser tempat form dibuka.

    1. Pilih Share Form untuk mengirim formulir melalui email langsung dari Smartsheet, salin tautan form, atau sematkan di dasbor atau halaman web.
    2. Pilih back arrow di sudut kiri atas editor form untuk menutupnya dan kembali ke sheet.

    Nama formulir yang Anda buat akan muncul di Form Manager tempat Anda dapat mendistribusikan form, melihat propertinya, dan lainnya.

    Setelah Anda membagikan form, orang akan dapat menggunakannya untuk menambahkan informasi ke sheet Anda. Setiap pengiriman form, hasil data akan muncul sebagai baris baru.

    Nah, begitulah cara membuat form di Smartsheet. Mudah, bukan? Adanya fitur tersebut membuat proses pengumpulan dan pengolahan data jadi lebih cepat, mudah, dan efisien. Rasakan sendiri manfaat ini dengan mengikuti program free trial 30 hari Smartsheet. Anda juga bisa konsultasi terlebih dulu dengan tim Sunartha selaku penyedia Smartsheet di Indonesia, langsung saja klik di sini!

    Bagikan Artikel