Image by rawpixel.com on Freepik
Setelah berhasil maupun gagal dengan strategi bisnis tertentu, Anda perlu menyempatkan waktu untuk evaluasi rutin. Sebab, melalui tahap ini, Anda dapat mempelajari aspek apa saja yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan untuk strategi berikutnya agar perusahaan Anda tetap sukses. Agar proses evaluasi bisnis semakin terarah, benchmarking adalah solusi yang bisa Anda pertimbangkan. Namun, apa itu benchmarking? Agar lebih jelas, mari kita simak pengertian, manfaat, dan langkah-langkahnya di sini!
Apa Itu Benchmarking?
Singkatnya, benchmarking adalah proses mengukur dan membandingkan performa bisnis dari berbagai aspek–mulai dari operasional hingga pemasaran–dengan aspek serupa yang dilakukan oleh kompetitor. Bahkan, tak hanya perusahaan pesaing tertentu, Anda juga bisa menerapkannya untuk perbandingan dengan standar industri secara keseluruhan.
4 Manfaat Benchmarking bagi Perusahaan
Benchmarking adalah langkah strategis yang membawa banyak manfaat bagi kesuksesan jangka panjang sebuah bisnis, beberapa di antaranya sebagai berikut:
Meningkatkan kualitas produk
Berdasarkan wawasan yang dibagikan oleh KPMG, 74% konsumen di seluruh dunia akan lebih memilih bisnis yang menghasilkan produk berkualitas baik. Untuk memenuhi permintaan ini, benchmarking adalah strategi yang tepat untuk mengukur kualitas produk Anda saat ini dan membandingkannya dengan milik pesaing. Jadi, Anda akan mengetahui bagian yang perlu di-upgrade atau diformulasikan ulang supaya cocok dengan kebutuhan pelanggan.
Baca Juga: Smartsheet: Solusi Manajemen Proyek dan Kolaboratif yang Efektif
Mendukung produktivitas karyawan
Tahukah Anda bahwa benchmarking tidak hanya dapat diterapkan untuk produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan? Justru, manfaat benchmarking bagi perusahaan juga mencakup produktivitas karyawan. Sebab, dengan strategi benchmarking, Anda dapat membandingkan performa setiap divisi untuk memasang target yang menantang sekaligus mendorong kompetisi sehat di lingkungan perusahaan. Dengan demikian, karyawan Anda akan lebih termotivasi untuk berkontribusi.
Memetakan peluang perkembangan bisnis
Melalui benchmarking, Anda juga bisa menemukan peluang yang belum dijamah oleh bisnis Anda, tetapi menjanjikan keuntungan yang signifikan. Misalnya, sebelum mengetahui cara melakukan benchmarking di perusahaan, mungkin Anda tidak akan menyadari bahwa target pasar di luar cakupan bisnis saat ini bisa meningkatkan penjualan. Jadi, Anda pun bisa melakukan riset pasar dengan lebih terarah untuk mengembangkan produk terbaik.
Mempermudah analisis kompetitor
Salah satu manfaat yang tidak kalah penting dari benchmarking adalah kemudahan proses analisis pesaing untuk memetakan strategi bisnis. Melalui data konkret yang ditampilkan oleh proses benchmarking serta perbandingannya dengan performa perusahaan lain, Anda dapat mengetahui seberapa kuat positioning bisnis Anda saat ini. Hasilnya, Anda bisa segera mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan daya saing di industri.
Baca Juga: Tahapan Manajemen Proyek yang Perlu diketahui Project Manager
Cara Melakukan Benchmarking
Setelah mengetahui apa saja manfaat benchmarking bagi perusahaan, pastinya Anda ingin menikmati semua keuntungan tersebut. Agar berhasil, Anda bisa mencoba ketiga cara melakukan benchmarking di bawah ini:
Pilih aspek yang akan diukur
Salah satu kunci utama dari efektivitas proses benchmarking adalah target yang spesifik dan terukur. Maka dari itu, pertama Anda harus mengetahui bagian apa saja yang ingin diukur terlebih dahulu. Contohnya, jika Anda mau mengetahui seberapa produktif pegawai Anda, Anda bisa mengukur banyaknya tugas yang mereka selesaikan dalam satu hari kerja dan kualitasnya berdasarkan umpan balik dari klien.
Kumpulkan data sebanyak mungkin
Setelah mengetahui aspek yang ingin diukur, Anda bisa langsung segera memperoleh data terbaru yang dibutuhkan selengkap mungkin. Untuk mempermudah proses pengumpulan data tentang performa kerja pegawai agar hasil benchmarking lebih akurat, Anda bisa menggunakan project management software terpadu seperti Smartsheet.
Dengan Smartsheet, Anda bisa menarik semua data terbaru secara serentak dan menganalisisnya dari satu tempat saja. Tak perlu khawatir soal kesulitan proses instalasinya, karena Smartsheet sangat mengutamakan kemudahan integrasi, apalagi dengan adanya bantuan implementasi yang customized sesuai kebutuhan perusahaan dari Sunartha.
Bandingkan performa internal dengan pesaing
Jika Anda sudah selesai mengolah data tentang performa perusahaan sendiri pada bagian tertentu, barulah Anda bisa membandingkan output-nya dengan kompetitor tertentu. Ketahui apa saja yang berhasil dilakukan oleh pesaing Anda, dan pilihlah strategi yang ingin Anda terapkan. Namun, apa pun pilihan Anda, jangan lupa sesuaikan dengan visi misi serta batasan anggaran perusahaan Anda untuk menekan potensi kerugian lebih lanjut.
Kini, Anda sudah mengetahui bahwa benchmarking adalah kunci penting bagi kesuksesan bisnis karena manfaatnya yang sangat beragam. Sebab, dengan proses ini, Anda bisa lebih mudah memetakan strategi peningkatan kualitas produk, produktivitas karyawan, dan bahkan kampanye pemasaran saat ini. Supaya lebih praktis, gunakanlah software lengkap yang memberikan akses ke semua data penting di satu tempat terpadu seperti Smartsheet.
Pelajari lebih lanjut tentang fitur Smartsheet untuk menunjang kesuksesan Anda melalui kesempatan coba gratis! Jika Anda membutuhkan bantuan lanjutan, jangan ragu untuk mengubungi WhatsApp tim Sunartha.