Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

Perbedaan Tableau Public dan Tableau Desktop

Perbedaan Tableau
© pexels.com/@serpstat
Daftar Isi

    Perbedaan Tableau Public dan Tableau Desktop

    Hallo, selamat datang di blog Sunartha 

    Tulisan kali ini akan membahas mengenai perbedaan Tableau Public dan Tableau Desktop. Sebelum membandingkan keduanya, 

    tahukah Anda, apa itu Tableau? 

    Tableau

    Tableau adalah sebuah Business Intelligence Tools yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data. Visualisasi data dengan Tableau, memudahkan Anda untuk menganalisa data sesuai kebutuhan dan menghasilkan laporan data yang interaktif dengan kurun waktu yang relatif cepat. 

    Ada beberapa jenis Tableau, diantaranya: 

    • Tableau Public 
    • Tableau Desktop 
    • Tableau Online 
    • Tableau Server 
    • Tableau Reader 

    Silahkan baca artikel terkait Tableau lainnyaTableau Membantu Menganalisa Data Bisnis Anda 

    Kali ini, fokus pembahasan pada Tableau Public dan Tableau Desktop. Apa saja perbedaannya? 

    Perbedaannya adalah:

    1. Koneksi pada Sumber Data

    Tableau Public memiliki lebih sedikit pilihan untuk mengkoneksikan data dengan Tableau dibandingkan dengan Tableau Desktop. Berikut perbandingan koneksi data antara keduanya.

    Tableau Public 

    Connect Data Tableau Public

    Tableau Desktop 

    Tableau Desktop

    2. Pembaruan Data 

    Pada Tableau Desktop, data dapat diperbarui secara langsung dengan menggunakan fitur live, sedangkan pada Tableau Public tidak ada fitur tersebut. 

    Tableau Public

    Tableau Public

    Tableau Desktop

    Tableau Desktop

    3. Menyimpan Hasil Kerja 

    Pada Tableau Public hasil kerja hanya dapat disimpan pada server Tableau Public. Sedangkan pada Tableau Desktop hasil kerja dapat disimpan pada komputer pribadi.

    Tableau Public

    Tableau Public

    Tableau Desktop

    Tableau Desktop

    4. Keamanan

    Tableau Public menyimpan seluruh hasil kerja pada server Tableau Public sehingga siapapun yang dapat mengakses internet dapat melihatnya. Sedangkan pada Tableau Desktop kita dapat memilih penyimpanan yang diinginkan, sehingga keamanan data lebih terjaga. 

    5. Batas Jumlah Data

    Tableau Public memiliki batasan 10 juta baris data yang diperbolehkan dalam satu koneksi, sedangkan pada Tableau Desktop tidak terdapat batasan baris data. 

    Penutup Tentang Tableau Public dan Tableau Desktop

    Itulah 5 perbedaan dalam pengaplikasian Tableau Public dan Tableau Desktop. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kalau untuk bisnis dan perusahaan, kami menyarankan untuk menggunakan Tableau Desktop karena keamanan data lebih terjaga.

    Bagi Anda yang penasaran ingin belajar dan mencoba Tableau Public, silahkan klik tautan ini untuk mengetahui Tutorial Tableau Publik untuk Pemula. 

    Anda dapat melakukan pencarian dan mengakses semua worksheet yang telah di-upload pada Tableau Public melalui link https://public.tableau.com/en-us/search/Misalnya Anda mencari Dashboard Sales, hasil pencarian tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi cara mengolah data dan mem-visualisasikan data pada Tableau. 

     Ingin eksplore pengolahaan data visualisasi Tableau lebih detail? Cek artikel berikut pada tautan berikut Cara Membuat Waffle Chart di Tableau. 

     Apabila Anda tertarik mengetahui cara kerja Tableau untuk mengefisienkan data bisnis Anda, Tim Sunartha siap membantu menjelaskan, silahkan hubungi Mba Euis melalui Whatsapp di 0815 8690 2499. 

    Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. 

    Bagikan Artikel