Konten Marketing dan 5 Tips Membuatnya Agar Tepat Sasaran
Konten Marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan membagikan video, artikel, podcast, dan media lain yang relevan. Jika dilakukan dengan benar, konten relevan dan bermanfaat yang diberikan dapat menunjukkan sisi expertise sebuah brand sehingga menarik perhatian pelanggan. Untuk memperoleh berbagai manfaat dari konten marketing, ada beberapa tips agar konten yang Anda buat tepat sasaran. Berikut lima di antaranya!
-
Tentukan dulu tujuan dari konten marketing
Pertama-tama, Anda perlu menentukan terlebih dulu tujuan dari strategi pemasaran berbasis konten yang ingin Anda buat. Dengan menentukan tujuan dari konten marketing, Anda dapat menyusun rencana pembuatan konten yang paling tepat sasaran. Pertimbangkan apakah konten yang ingin Anda buat hanya untuk memberikan informasi penting kepada pembaca, mendatangkan lebih banyak pengunjung, atau meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.
Tergantung tujuannya, Anda bisa menyesuaikan jenis dan isi konten. Misalnya, jika konten yang dibuat bertujuan untuk memberikan informasi, maka konten tersebut haruslah informatif dan berisi berbagai hal yang penting diketahui. Jika tujuannya adalah meningkatkan transaksi penjualan, Anda bisa menambahkan call to action (CTA). Apa pun bentuk strategi konten yang Anda buat, pastikan saja Anda selalu memprioritaskan pelanggan dengan cara memberikan solusi yang memang mereka butuhkan.
-
Jangan lupakan riset buyer persona
Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis untuk waktu lama mungkin pernah mendengar tentang buyer persona. Buyer persona merupakan orang fiktif atau wujud konsumen terbaik bisnis Anda yang sengaja dibuat dengan karakteristik tertentu untuk dipakai sebagai target konsumen. Gambaran lengkap hasil proses pengidentifikasian calon pelanggan diperoleh dari berbagai data yang berasal dari pelanggan itu sendiri.
Dengan melakukan riset buyer persona, Anda dapat menciptakan konten marketing yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Beberapa cara untuk melakukan riset buyer persona adalah penyebaran kuesioner atau melakukan kerja sama dengan lembaga survei pelanggan atau brand consultant agar hasil riset Anda lebih jelas dan tepercaya.
-
Pilih jenis konten marketing yang akan dikembangkan
Hasil yang Anda peroleh dari riset buyer persona harus dimanfaatkan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih jenis konten yang sesuai dengan buyer persona tersebut sehingga akan lebih besar kemungkinan bagi bisnis Anda untuk memperoleh manfaat dari strategi pemasarannya.
Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis makeup dengan buyer persona remaja, maka Anda akan membutuhkan konten marketing yang berhubungan dengan masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh remaja, misalnya jerawat, kulit kusam, dan masalah kulit lainnya. Mengembangkan jenis konten yang sesuai akan membawa bisnis Anda lebih dekat pada keberhasilan dan keuntungan lebih besar.
Baca juga: Smartsheet, Project Management Tools dengan Segudang Fitur Canggih
-
Promosi dan distribusikan konten
Anda juga perlu mempromosikan dan mendistribusikan konten marketing dengan tepat. Caranya, pilihlah platform yang tepat untuk membantu pemasaran produk. Jika punya budget lebih, Anda bisa membuat konten bersama influencer atau selebriti untuk mendapatkan lebih banyak exposure.
Namun, jika budget Anda terbatas, Anda bisa memaksimalkan penggunaan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya yang sesuai dengan buyer persona Anda. Selama Anda konsisten dalam menciptakan konten yang baik, maka akan besar kemungkinan promosi dan distribusi konten yang Anda lakukan berjalan lancar.
Baca juga: Bisnis Lebih Efisien dengan Project Management Tool
-
Gunakan content management system
Untuk mempermudah pengelolaan konten, Anda bisa menggunakan content management system seperti Smartsheet, platform yang didukung oleh kontrol dan keamanan IT untuk mempermudah banyak pekerjaan. Dengan menggunakan Smartsheet, berbagai aspek proyek bisa disederhanakan, seperti mengelola sumber daya, konten, dokumen, feedback, persetujuan, review, dan kegiatan pengelolaan lainnya. Aplikasi berbasis web ini sudah banyak digunakan karena manfaatnya dalam mengelola proyek dengan lebih nyaman dan efisien.
Bagi Anda yang tertarik untuk meningkatkan strategi konten marketing Anda dengan Smartsheet, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik di sini. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan project management tools Anda dengan langsung menghubungi Sunartha lewat tautan ini.