6 Manfaat ERP untuk Perusahaan Startup

6 Manfaat ERP untuk Perusahaan Startup

Daily life of business people at the office

Apa manfaat ERP untuk perusahaan startup? ERP atau Enterprise Resource Planning sendiri merupakan sistem untuk merencanakan serta mengelola sumber daya suatu perusahaan. ERP umumnya berbentuk aplikasi atau software yang di dalamnya terdapat beberapa fitur terintegrasi.

Penerapan ERP sendiri sebenarnya bukanlah hal baru. Hanya saja, saat ini sudah ada inovasi berupa ERP berbasis cloud. Model ERP seperti ini sangat cocok diterapkan pada perusahaan rintisan atau startup karena relatif lebih efisien dibanding model ERP konvensional. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat ERP bagi perusahaan startup, berikut penjelasannya.

Startup lebih siap dalam menghadapi disruption

Disruption dalam dunia bisnis adalah sebuah keniscayaan, terlebih di era digital seperti sekarang. Dunia terus bergerak maju dan metode-metode konvensional pun mulai ditinggalkan. Hal-hal yang kompleks dan tidak praktis akan digantikan.

Perusahaan startup pun tidak lepas dari fenomena disruption ini. Untuk bisa mencapai puncak tanpa harus takut tergusur startup lain yang baru muncul, perusahaan harus bisa menghadapi disruption. Nah, di sinilah sistem ERP, terutama yang berbasis cloud, bisa menjadi solusi efisien.

Dengan ERP, perusahaan startup akan lebih fleksibel dan siap dalam menghadapi tekanan disruption. Sebab, ERP akan membantu Anda menyederhanakan beberapa proses bisnis tanpa menurunkan produktivitas.

Membantu membentuk SOP yang lebih baik

Manfaat ERP berikutnya adalah untuk membentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih baik. Bagaimana bisa? Dengan menerapkan ERP pada perusahaan startup, maka tahapan kerja menjadi lebih terstruktur. Saat tahapan kerja terstruktur secara rapi, maka menyusun SOP pun tak jadi perkara sulit.

SOP yang disusun dengan baik akan sangat memudahkan karyawan. Mereka bisa mengetahui job desc secara detail. Dari sisi manajemen perusahaan, SOP yang baik akan membantu dalam hal penilaian Key Performance Index (KPI). SOP akan menjadi indikator untuk mengukur performa karyawan sekaligus menjadi bahan evaluasi.

Mempermudah kolaborasi antar anggota tim

Kolaborasi kerja sangat penting untuk perusahaan startup. Dengan melakukan kolaborasi, maka workload yang berat dapat dipecah menjadi beberapa workload yang lebih kecil dan tidak memberatkan. Sayangnya, melakukan kolaborasi kerja tidak selalu semulus yang dibayangkan.

Dalam kolaborasi, ada beberapa pihak yang terlibat, bisa dari internal perusahaan atau bahkan dari luar. Ada kalanya, terjadi kesalahpahaman atau human error di antara pihak yang terlibat dan kemudian menimbulkan perselisihan. Hal ini tentu akan merugikan karena progress kolaborasi akan terhambat.

Nah, ERP mampu memberikan laporan yang detail secara real time. Dengan begitu, seluruh error yang terjadi bisa langsung diketahui. Tim pun bisa segera mencari solusi dan konflik antar anggota dapat dihindari.

Integrasi lebih baik, semua berada dalam satu tempat

Manfaat ERP lainnya adalah perusahaan bisa melacak tiap perubahan dengan mudah. Ini karena ERP melakukan update pada modul dan juga submodul secara real time. Seluruh rangkaian sistem pun berada dalam satu tempat. Jadi, jika suatu saat terjadi peretasan atau duplikasi modul, sistem bisa mendeteksinya dengan cepat dan akurat. Dengan begitu, perusahaan startup bisa memiliki akses yang lebih mudah menuju data mereka. Cukup dengan mengakses penyimpanan cloud, maka data bisa langsung diakses dari mana saja.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja startup

ERP secara general mampu meningkatkan efisiensi serta produktivitas kerja startup. Sebab, pemanfaatan ERP pada perusahaan akan mempersingkat siklus waktu penjualan. Arus penjualan dari kas perusahaan ke supplier menjadi lebih cepat karena ERP telah menyederhanakan aktivitas rutin operasional perusahaan. Hal ini penting karena perusahaan startup harus bekerja seefisien mungkin untuk bisa bertahan dan unggul dibanding startup lainnya.

Sistem keamanan data lebih terjamin

Manfaat ERP yang terakhir berhubungan dengan keamanan data. Keamanan data sangat krusial pada era sekarang. Tanpa sistem keamanan yang baik, sabotase data bisa dilakukan dengan mudah. Anda tentu tidak ingin data penting perusahaan dicuri, bukan?

Penerapan ERP akan mencegah hal tersebut terjadi. ERP, terutama yang berbasis cloud, memiliki sistem keamanan tinggi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, ERP juga tidak memerlukan banyak SDM dalam pengelolaannya. Jadi, risiko kebocoran data pun bisa diminimalisir.

Itulah beberapa manfaat ERP untuk perusahaan startup.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa ERP sangat cocok diterapkan pada perusahaan yang memang baru dirintis. Meski ERP secara umum punya banyak manfaat, bukan berarti Anda bisa asal pilih penyedia ERP. Pilihlah penyedia ERP yang memiliki reputasi baik seperti Acumatica.

Acumatica menawarkan beragam pilihan modul seperti Financial Suite dan Project Suite. Selain itu, Acumatica juga hadir dengan sistem keamanan tingkat tinggi untuk mengamankan data Anda. Tertarik berlangganan cloud ERP Acumatica ini? Kontak kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Rekomendasi artikel menarik Sunartha Lainnya:

Memahami Investasi ERP Acumatica



2 Comments

Leave a Reply

18 − seven =