Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

Seberapa penting analisis data penjualan terhadap revenue perusahaan? Analisis data penjualan sendiri merupakan proses pengolahan informasi yang berhubungan dengan transaksi penjualan perusahaan. Informasi tersebut bisa berupa laporan penjualan harian, bulanan, hingga tahunan.

Lalu, bagaimana proses analisis tersebut bisa membantu perusahaan? Mari pelajari bersama pentingnya analisis data penjualan terhadap revenue perusahaan dalam ulasan berikut ini.

 

Memprediksi penjualan pada masa depan

Salah satu alasan pentingnya melakukan analisis data penjualan adalah karena proses analisis dapat memprediksi penjualan pada masa depan. Dengan mempelajari data penjualan pada rentang waktu tertentu, Anda bisa mendapatkan gambaran akurat mengenai kondisi keuangan pada masa mendatang,

Bagaimana bisa? Ini karena data penjualan yang disusun secara historis memiliki pola tertentu. Anda tentu bisa melihat kapan perusahaan akan mendapatkan revenue tinggi, kapan pemasukan berkurang, hingga situasi dan kondisi yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut.

Dengan mempelajari pola tersebut, Anda bisa menetapkan target yang bukan hanya akurat, tapi juga realistis. Anda tahu seberapa besar target yang bisa dicapai tim produksi tanpa membuat beban kerja bertambah. Anda juga bisa memperkirakan berapa keuntungan yang akan didapat perusahaan nantinya.

 

Menyesuaikan kembali penawaran produk

Melakukan analisis data penjualan akan membantu Anda untuk mengetahui produk mana saja yang kurang laku dan banyak diminati konsumen. Tidak hanya berhenti di situ, analisis data penjualan juga bisa menjadi dasar untuk mencari tahu penyebab laku atau tidaknya sebuah produk.

Langkah ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan penawaran produk. Produk yang kurang diminati bisa dipotong atau bahkan dihentikan produksinya. Anda bisa juga melakukan evaluasi untuk memperbaiki kualitas produk yang kurang diminati. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi biaya produksi dan lebih fokus pada produk yang memang tinggi tingkat penawarannya.

 

Meningkatkan produktivitas perusahaan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, melakukan analisis data penjualan juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Dari laporan penjualan tiap periode, Anda tidak hanya bisa mengetahui jenis produk yang banyak diminati, tapi juga jumlah transaksi yang terjadi dalam suatu periode waktu.

Dengan mengetahui jumlah transaksi yang terjadi, maka Anda bisa memaksimalkan waktu produksi. Jadikan periode yang tinggi traffic transaksinya sebagai deadline produksi. Barang harus sudah selesai diproduksi sebelum periode tersebut tiba.

 

Membandingkan performa penjualan selama periode tertentu

Pentingnya melakukan analisis data penjualan tidak hanya berhenti di situ. Proses analisis data bisa menjadi sumber yang akurat untuk menyusun perkiraan penjualan serta membandingkan performa marketing di masa sekarang dan di masa lalu.

Apabila performa penjualan terlihat rendah, maka manajer penjualan bisa menyelidiki penyebabnya. Jika penurunan disebabkan oleh performa marketing yang kurang baik, maka perusahaan bisa memberikan training tambahan. Namun, jika memang terjadi penurunan drastis, perubahan strategi marketing layak dipertimbangkan.

Sebaliknya, jika performa penjualan tampak mengalami kenaikan, Anda bisa memberikan apresiasi berupa reward kepada karyawan. Apresiasi tidak harus berupa bonus berupa uang, tapi bisa juga berupa cuti tambahan atau promosi jabatan.

 

Meningkatkan retensi pelanggan

Terakhir, analisis data juga berpengaruh terhadap retensi pelanggan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Bain & Company, retensi pelanggan sebesar 5% saja sudah bisa meningkatkan keuntungan penjualan sebesar 25% hingga 95%.

Data penjualan akan menunjukkan apa saja faktor yang menyebabkan pelanggan berhenti membeli produk Anda. Dari situ, Anda bisa menganalisis mana konsumen yang berpotensi berhenti membeli dan kemudian mengambil langkah rekonsiliasi. Hal ini juga berlaku pada calon konsumen yang berminat dengan produk Anda. Lakukan langkah proaktif seperti memberikan notifikasi pengingat atau menawarkan bantuan terkait pengenalan produk.

 

Kesimpulan Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

Mengingat pentingnya analisis data penjualan terhadap revenue perusahaan, proses pemahaman data harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan teliti. Dengan bantuan teknologi, kini Anda tidak perlu bergantung pada kerja manual. Anda bisa memanfaatkan software khusus analisis data seperti Tableau. Software Tableau mendukung visualisasi data agar bisa dianalisis secara lebih mudah.

Tertarik untuk menerapkan Tableau dalam proses analisis data perusahaan Anda, tapi masih merasa ragu? Anda bisa mencoba program trial gratis Tableau Desktop 14 hari terlebih dulu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tableau mulai dari fitur hingga harga, kontak tim kami di sini!

 

Artikel Sunartha menarik lainnya terkait Tableau dapat di cek di link berikut Mengapa Integrasi Data Penting bagi Perusahaan



4 Comments

Leave a Reply

12 + 20 =