Belajar Membuat Laporan Akuntansi Keuangan

Belajar Membuat Laporan Akuntansi Keuangan

Belajar Membuat Laporan Akuntansi Keuangan

Selamat Pagi teman-teman. Bagaimana liburan panjangnya? Hayo, sudah liburan panjang, yuk sekarang mulai aktif lagi. Siapa yang pas liburan panjang panen bisnisnya? Yups, beberapa pelaku bisnis biasanya panen ketika libur hari raya.

Nah, tahu dari mana kalau bisnis kita panen nih? Paling dari aktivitas bisnis yang sangat sibuk melayani pelanggan. Dan ujung-ujungnya adalah posisi saldo bank yang menumpuk ya. Betul nda?

Kali ini saya mau berbagi bagi pelaku bisnis nih, selain kita bersyukur sudah dikasi rejeki pas libur lebaran, bagaimana kalau kita belajar membuat laporan akuntansi keuangan bisnis kita. Benar, selain kita akan mengetahui posisi keuangan usaha kita, kita juga akan tahu pos-pos pendapatan dan biaya mana saja yang akan kita evaluasi untuk kedepannya.

Mari disimak bersama yuk :

  1. Apa sih Laporan Akuntansi Keuangan?

Setiap bisnis yang baik tentunya membutuhkan laporan. Laporan yang baik adalah laporan yang dapat memberikan informasi kepada pemilik bisnis (biasanya kita sebut manajemen) untuk penentuan strategi kedepannya.

Ok, kalau Laporan Akuntansi Keuangan berarti informasi yang diberikan seputar posisi keuangan ya. Contoh laporan akuntansi keuangan yang biasanya ada antara lain :

  • Neraca
  • Laba Rugi
  • Arus Kas (Cashflow)

2. Bagaimana cara membuat Laporan tersebut?

Ini pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh pemilik bisnis. Karena rata-rata pemilik bisnis belum tentu lulusan akuntansi, jadi pastinya agak kesulitan untuk membuat laporan akuntansi keuangan yang baik dan benar.

Yang pasti, dalam membuat laporan diperlukan data. Data yang didapat berupa transaksi keuangan dari bisnis kita. Contoh sederhananya, apabila kita melakukan penjualan kepada pelanggan, kita melakukan pembelian kepada supplier atau pembayaran beban-beban rutin seperti listrik dan lain-lain.

Nah, data transaksi itulah yang kemudian kita catat mengikuti kaidah pembukuan/akuntansi yang tepat. Kalau Anda kesulitan mengenai hal ini, sebaiknya Anda bisa berguru kepada teman-teman yang mengerti akuntansi dasar.

3. Yang terpenting adalah bagaimana membaca Laporan Akuntansi Keuangan

Setelah mengerti bagaimana cara membuat laporan keuangan, yang terpenting bagi manajemen adalah membaca dan membuat keputusan yang tepat . Kenapa begitu?

Karena bisnis yang baik adalah yang selalu dievaluasi dan bergerak maju. Maju dalam artian bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan laba atau keuntungan dari bisnis tersebut dan masih banyak lagi tujuan-tujuan bisnis lainnya.

Ok, apabila Anda ingin berdiskusi bagaimana meningkatkan bisnis Anda kedepannya, bisa diskusikan dengan saya dengan menambahkan link pertemanan Anda melalui Linkedin saya.

Salam,

Daru

PT SUN ARTHA PUTRA MANDIRI
Head Office:
One Pacific Place Sudirman Central Business District
15th Floor, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190
P (021) 2550 2629     F (021) 2550 2555     E ask@sunartha.co.id

Source

Ingin memiliki penghasilan tambahan? beritahu kami !



Leave a Reply

eighteen − five =