Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau

Pic Source: dreamstime.com

Blog Tentang Tableau

Selamat datang di blog Sun Artha. Blog ini membahas berbagai tips sederhana bagi Anda yang sedang menggunakan Tableau maupun yang masih belajar bagaimana menggunakannya.

Topik kali ini adalah kita akan membuat chart berbentuk permen lollipop. Tahu kan ya?

Yes. Dimana chart yang kita akan buang, akan menggunakan data sampel yang sudah ada di Tableau kita semua.

Belum punya Tableau dipc or notebook Anda?

Tidak apa-apa, kami sediakan free trialnya yang Anda bisa download disini.

Silahkan Download disini ya Free Trial Tableau.

Kita tunggu kok untuk bisa memulai bersama. Sip.

 

Belajar Membuat Lollipop Chart

Kita mulai ya. Nah, tutorial kali ini, saya dibantu oleh Mba Johanna yang pernah bergabung dengan Sunartha saat intern. Ingin berkenalan, silahkan nanti diadd dibawah ya Linkedinnya.

Dimulai ya.

Pertama-tama, kita siapkan terlebih dahulu aplikasi Tableau kemudian membuka workbook baru. Klik Connect to Data untuk mengimport data.

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 1

Kita akan menggunakan Sample – Superstore , salah satu data source yang telah disediakan oleh Tableau.

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 2

Sebelum membahas langkah-langkah pembuatan Lollipop Chart, perlu diketahui bahwa Lollipop Chart merupakan suatu composite chart yang terdiri dari elemen bar dan lingkaran. Lollipop Chart menyerupai bar chart namun memiliki bola/lingkaran di ujung tiap barnya yang akan memberikan “highlight” terhadap suatu nilai data. Oleh karena itu, fungsinya pun sama dengan bar chart yaitu membandingkan data katogorik.

Langsung saja, kita mulai dengan membuat sebuah bar chart.

Pertama-tama, drag dimensi State ke dalam Columns shelf dan measure Sales ke Rows shelf. Secara otomatis sebuah bar chart akan dihasilkan.

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 3

Untuk mempercantik tampilan, kita bisa melakukan sort sehingga setiap State diurutkan berdasarkan jumlah Sales. Klik pada icon bar di atas, seperti yang ditunjukkan pada gambar sebelum, kemudian tampilan Bar Chart akan seperti ini :

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 4

 

Bagaimana, Sulit? Nda dong ya. Yuk kita lanjutkan.

Untuk memberikan bola/lingkaran di atas Bar Chart, kita perlu menambahkan axis.

Caranya, kita drag measure Sales sekali lagi ke dalam Rows Shelf, atau dengan cara cepat kita copy “SUM(Sales)” di Rows shelf kita dengan cara tekan tombol Ctrl sambil drag “SUM(Sales)” ke sebelahnya. Sekarang, Bar Chart kita memiliki 2 axis :

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 5

Perhatikan pada tab Marks di sebelah kiri, kita memiliki dua cards bernama “SUM(Sales)” dan “SUM(Sales) (2)”. Klik pada card “SUM(Sales) (2)” kemudian pilih “Circle” sebagai Chart Type. Pastikan juga bahwa Chart Type card “SUM(Sales)” yang pertama adalah “Bar”.

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 6

Setelah itu, kita satukan keduanya dengan cara klik kanan “SUM(Sales) (2)” kemudian pilih “Dual axis”. Sehingga tampilannya akan seperti ini :

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 7

Sekarang, kita tinggal menyesuaikan ketebalan bar dan ukuran lingkaran supaya menyerupai Lollipop.

Sudah menyerupai permen lollipop bukan?

Card “SUM(Sales) (2)” mewakili bentuk bola/lingkaran di ujung bar chart. Klik Card “SUM(Sales) (2)” kemudian klik “Size” untuk menyesuaikan ukuran bola/lingkarannya.

Card “SUM(Sales)” mewakili Bar Chart. Klik Card “SUM(Sales)” kemudian atur juga ukuran dan ketebalannya supaya tidak lebih besar daripada bola/lingkarannya dan menyerupai Lollipop.

Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 8

Kita juga bisa mengubah warna lingkaran maupun bar dengan cara klik “Color” di kedua card. Namun, apabila ingin memberikan warna unik pada lingkaran untuk setiap State, maka drag State ke dalam “Color” pada card “SUM(Sales) (2)”.

Supaya tampilan Lollipop Chart kita lebih rapih, kita klik kanan pada kedua axis Sales di sebelah kanan dan kiri kemudian uncheck “Show Header”.

Tampilan yang menarik membuat Chart kita tambah bagus lho

Jika menginginkan tampilan Lollipop yang identik, maka sebelum uncheck “Show Header” pastikan sudah klik “Synchronize Axis” supaya bar dan bola/lingkarannya selalu sinkron.

Klik kanan pada salah satu Header Sales, kemudian klik “Edit Axis”.

Pada window Edit Axis [Sales] , bagian “Scale” pilihlah “Logarithmic”. Sekarang Lollipop Chart kita terlihat lebih identik satu sama lainnya.

Sederhana kan? Bagaimana sudah bisa membuat Lollipop Chart yang sering dicari-cari orang bukan cara membuatnya?

Anda bisa menggunakan data Anda sendiri juga lho. Silahkan dicoba dan diinformasikan kepada kami melalui Instagram Komunitas Tableau, jangan lupa follow dan tag ke mimin ya.

By: Johanna

 

Pesan sponsor dulu dong:

Silahkan hubungi tim kami, Mba Euis dinomor whatsapp berikut ini: 0815 8690 2500 untuk informasi lebih lanjut tentang pembelian produk Tableau dengan harga super spesial. Saya sertakan e-flyer dibawah ini ya:

 

Promo Tableau Spesial

 

Selain itu, kita juga ada artikel lain untuk belajar Tableau dibawah ini lho

Cara Membuat Waffle Chart di Tableau

Tertarik untuk belajar Tableau bareng? Simak disini informasinya.

Kalau tertarik dengan artikel tentang bisnis, bisa mampir kesini ya Pengalaman Memulai Bisnis

 

 

 

 

 

 

 

 

 



1 Comment

Leave a Reply

thirteen − 7 =