Image by jcomp on Freepik
Sebagai pemilik bisnis toko online atau e-commerce, tentunya Anda memiliki banyak tugas penting yang harus diselesaikan demi mendapatkan keuntungan. Misalnya, Anda perlu memperbarui banyak katalog produk, mengelola pesanan masuk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mengirimkan barang ke banyak wilayah secara bersamaan. Anda tidak perlu mencatat semuanya secara manual. Cukup manfaatkan fitur yang ada di Odoo untuk manajemen bisnis online supaya lebih mudah. Memang, apa saja fiturnya?
Pengelolaan produk real-time
Katalog produk di sebuah toko online pasti akan terus berkembang mengikuti tren pasar saat ini. Misalnya, bisa saja Anda harus menambahkan produk baru atau menghapus barang lama yang sudah tidak diproduksi lagi. Bahkan, untuk produk yang sudah ada sejak lama dalam katalog Anda, Anda mungkin masih harus memperbarui deskripsinya atau mengubah jumlah stoknya.
Nah, software ERP Odoo akan membantu Anda untuk bagian manajemen bisnis yang berkaitan dengan produk karena Anda bisa mengubah isi katalog dan jumlah stoknya secara serentak. Lalu, hasil update terbaru akan langsung terlihat oleh semua pengunjung.
Baca Juga: 8 Masalah Bisnis yang Perlu Diwaspadai Setiap Pengusaha
Integrasi dengan software helpdesk
Apakah Anda menggunakan software helpdesk seperti Zendesk atau Salesforce untuk mengelola pesan masuk dari berbagai media layanan pelanggan secara bersamaan? Kabar gembiranya, Anda bisa mengintegrasikan software yang digunakan saat ini dengan Odoo!
Sebab, Odoo mendukung penggunaan aplikasi helpdesk agar Anda bisa menjawab pesan masuk dari email, media sosial, dan formulir di website resmi cukup melalui satu aplikasi saja. Apalagi, Anda juga dapat melacak semua interaksi dan data kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda dengan Odoo.
Dashboard analitik data penjualan
Salah satu kunci utama dari manajemen bisnis online adalah evaluasi penjualan secara berkala. Untungnya, Odoo sudah menyediakan dashboard analitik khusus yang akan membantu Anda mempelajari pertumbuhan penjualan bisnis dengan mudah.
Rahasianya, Odoo akan merekap semua transaksi masuk secara otomatis di satu tempat terpadu, sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja. Bahkan, Anda juga dapat memfilter hasil pencarian data berdasarkan periode waktu tertentu untuk mengetahui performa selama durasi kampanye pemasaran.
Dashboard tugas
Proses manajemen bisnis online pastinya akan melibatkan banyak pihak seperti divisi manufaktur, customer service, pemasaran, IT, dan yang lainnya. Maka dari itu, mayoritas software untuk manajemen bisnis memiliki fitur pembagian tugas, dan Odoo juga termasuk salah satunya.
Tak hanya sekadar mengalokasikan tugas kepada orang yang tepat berdasarkan kemampuan mereka, Odoo juga menyediakan dashboard untuk memantau progress mereka menjelang tenggat waktu yang sudah ditentukan. Lalu, jika diperlukan, Anda juga dapat memindahkan tugas kepada pegawai lain yang sedang stand by secara serentak. Praktis, kan?
Integrasi Google Analytics
Agar tetap kompetitif di dunia maya, manajemen bisnis online juga melibatkan strategi SEO (Search Engine Optimization) untuk mempermudah pengguna menemukan website resmi toko Anda. Umumnya, strategi ini melibatkan pembuatan konten dan iklan dengan kata kunci yang ramai dicari banyak orang, sehingga Anda membutuhkan platform khusus untuk menganalisis volume pencarian kata kunci seperti Google Analytics.
Untungnya, Odoo juga mendukung integrasi dengan platform tersebut agar Anda bisa mengelola konten blog dan iklan lewat satu software terpadu, sehingga Anda dapat menghemat waktu.
Baca Juga: Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Sistem ERP Saat Ini?
Dukungan multi-website
Saat bisnis Anda sudah berekspansi, tidak menutup kemungkinan Anda akan melakukan diversifikasi dengan merilis sister brand atau merek yang menarget pangsa pasar berbeda dengan produk baru. Di saat seperti ini, tentunya Anda perlu mengelola lebih dari satu website untuk brand utama sekaligus brand ekstensi Anda.
Fitur yang ada di Odoo akan mempermudah strategi manajemen bisnis tersebut karena ada dukungan untuk bisnis yang memiliki banyak website. Dengan kata lain, Anda dapat memperbarui isi katalog dan menjawab pesan masuk pelanggan untuk masing-masing website cukup dengan berpindah menu di software Odoo.
Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Odoo adalah salah satu rekomendasi software terbaik untuk manajemen bisnis e-commerce. Sebab, Anda bisa mengelola semua produk dan memonitor performa toko online Anda dari berbagai aspek tanpa memerlukan aplikasi terpisah.
Bagaimana, Anda tertarik menggunakan software ERP satu ini? Tidak perlu khawatir jika Anda tak tahu harus memulai dari mana. Sunartha siap membantu Anda dengan konsultasi fitur ERP sesuai kebutuhan bisnis dan dukungan instalasi Odoo. Jadi, Anda tidak perlu ragu-ragu mengakses website Sunartha atau mengirimkan pesan via WhatsApp kapanpun untuk informasi lebih mendetail!