Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

Bagaimana Project Management Tools Smartsheet Dapat Membantu Tim Operasional Anda?

Daftar Isi

    Dalam sebuah perusahaan, tentu terdiri dari banyak orang yang saling mengisi kebutuhan bisnis. Tiap individu tidak bisa bekerja sendiri untuk mencapai target atau tujuan. Mereka harus saling melengkapi dan bekerja sama agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

    Namun, hal itu belum tentu semudah membalikan telapak tangan. Ada saja ketidakcocokan yang terjadi. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi leader atau project manager yang mengepalai suatu tim. Apa saja tantangan yang harus dihadapi tim operasional serta solusinya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

    Tantangan tim operasional terkait kolaborasi tim 

    Dalam sebuah perusahaan, tim operasional harus bekerja sama dan bahu-membahu untuk mencapai target sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Namun, pada kenyataannya, ada saja permasalahan yang terjadi dalam tim. Tugas tim adalah bekerja sama menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

    Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi project manager untuk membuat kolaborasi tim bisa terjalin dengan baik. Tantangan pertama adalah menciptakan komunikasi yang efektif dalam tim supaya segala permasalahan bisa dibicarakan dengan baik. Selain itu, dengan komunikasi yang efisien, informasi yang diperlukan juga bisa sampai dengan baik dan jelas.

    Tantangan selanjutnya adalah menciptakan produktivitas yang bagus. Tidak jarang, tim yang terdiri dari banyak orang justru tidak bisa mencapai target yang sesuai karena produktivitasnya yang bermasalah. Sudah menjadi tugas seorang project manager untuk menciptakan tim operasional yang produktif.

    Selain itu, dalam sebuah tim juga diperlukan pembagian kerja yang seimbang dan sesuai dengan kemampuan individu masing-masing. Pembagian kerja yang tepat akan menciptakan hasil yang lebih berkualitas dan cepat. Ini tentu menjadi tugas seorang project manager untuk mengenali anggota timnya dan membagi tugas sesuai dengan kemampuan dari masing-masing anggota tim. Tidak hanya itu, project manager juga harus memastikan bahwa timnya bisa berkembang dan mempelajari hal baru.

    Mengapa tim operasional perlu menggunakan project management tools?

    Dalam menjalankan perannya mengatur tim operasional, project manager memiliki tugas yang cukup padat. Sementara itu, waktu bekerja yang terbatas bisa membuat tidak semua pekerjaan terlaksanakan dengan baik dalam satu hari. Itu sebabnya project manager memerlukan alat yang bisa membantunya menjalani pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien.

    Project management tools inilah yang bisa menjadi jawaban dari permasalahan project manager tim operasional. Project management tools terbukti mampu meningkatkan produktivitas serta kinerja suatu tim. Dengan begitu, project manager akan sangat terbantu dan tidak akan ada tugas yang terlewatkan.

    Project management tools ini bisa mendorong revenue dari tim operasional. Sistem kerja di dalamnya dapat diatur dengan lebih baik lagi, sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian karena tidak tercapainya target tim.

    Penggunaan Smartsheet bagi tim operasional

    Smartsheet bisa menjadi opsi project management tools yang tepat untuk membantu tim operasional dalam perusahaan. Dengan Smartsheet, Anda dapat mengurangi inventaris dan mengatur kembali flow kerja dengan menggunakan kalender kerja serta laporan. Selain itu, Smartsheet juga bisa memudahkan dalam berkomunikasi dengan vendor. 

    Fungsi lain dari Smartsheet tentu adalah meningkatkan produktivitas kerja agar bisa sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan. Hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih terautomasi dan sederhana, serta memperlancar regulasi kerja.

    Smartsheet bisa menjadi solusi project management tools yang cocok untuk seorang project manager dalam meningkatkan kinerja tim operasional. Dengan begitu, akan semakin mudah bagi perusahaan untuk mencapai target yang ingin dicapai. 

    Sunartha menyediakan free trial penggunaan Smartsheet selama 30 hari bagi yang belum mencobanya. Agar semua orang atau perusahaan bisa merasakan manfaat yang besar dari penggunaan Smartsheet, klik di sini untuk mendapatkan free trial Smartsheet selama 30 hari! Jika ada pertanyaan atau butuh informasi lebih jauh mengenai Smartsheet, bisa hubungi WhatsApp tim Sunartha melalui tautan berikut ini. 

    Bagikan Artikel