Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

Smartsheet dan 6 Fiturnya yang Memudahkan Management Project

smartsheet
Daftar Isi

    6 Fitur Smartsheet yang Memudahkan Management Project Bisnis Anda

    Setiap bisnis pasti mendambakan efektivitas dalam setiap produktivitas kerja demi tercapainya tujuan. Semakin efektif pengerjaan sebuah proyek, maka semakin efisien sebuah tim bekerja. Kuncinya adalah manajemen proyek yang optimal.

    Berbicara mengenai manajemen proyek, Smartsheet bisa jadi platform terbaik yang bisa Anda terapkan. Sebab, Smartheet memiliki sejumlah fitur yang memudahkan manajemen proyek dalam tim sehingga pekerjaan jadi lebih cepat dan efisien tanpa mengurangi kualitas proyek itu sendiri. Apa saja fitur yang dimilikinya?

    Project Tracking & Rollup Dashboard

    Smartsheet memungkinkan penggunanya untuk melacak tingkat penyelesaian sebuah proyek dalam satu dashboard. Di situ nantinya akan muncul persentase tingkat penyelesaian serta daftar task yang belum diselesaikan sehingga anggota tim dapat berkoordinasi untuk mengerjakannya. Daftar task yang dimaksud juga dapat dilengkapi dengan link untuk resource sekaligus memungkinkan setiap anggota tim untuk berkolaborasi melakukannya.

    Dashboard ini juga dilengkapi dengan budget tracking yang dapat menghubungkan antara perencanaan biaya serta biaya aktual dengan aktivitas tim, pelacakan target, serta menjaga transpartansi finansial untuk masing-masing bidang.

    Project Portfolio Management

    Dalam segi project portfolio management (PPM), Smartsheet mampu secara langsung merampingkan proses yang masuk ke dalam proyek. Selain itu, Anda juga dapat melihat perkembangan proyek secara real-time sehingga dapat dengan mudah mengontrol setiap kebutuhan angggota tim. Setiap keputusan yang menyangkut tentang management resource juga semakin pasti dan efektif.

    Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan dengan Smartsheet!

    Creative Operations & Campaign Management

    Smartsheet mampu secara efektif meningkatkan produktivitas tim marketing. Platform ini mampu membantu tim mengeksekusi inisiatif serta management resource. Masing-masing anggota tim dapat bekerja secara maksimal dengan fitur yang komunikatif dan sangat mendukung lingkungan kolaboratif. Proses review konten dan approval bisa jadi lebih cepat. Selain itu, performa masing-masing anggota tim juga dapat dilacak secara real-time.

    Automatic Repetitive Processes

    Fitur berikutnya adalah automasi proses yang repetitif. Pekerjaan sederhana yang wajib dilakukan, seperti mengirimkan permintaan approval atau mengunci baris berdasarkan perubahan dalam sheet, memang tak butuh waktu lama untuk dilakukan.

    Namun, bila Anda dapat mengautomasi proses ini, tentu akan banyak waktu yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih krusial. Automasi proses ini juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform komunikasi lain seperti Slack, Microsoft Teams, atau Hangouts Chat sehingga tim bisa lebih mudah menemukan notifikasi tersebut.

    Baca Juga: Smartsheet, Project Management Tools dengan Segudang Fitur Canggih

    Gantt Charts

    Gantt Charts merupakan salah satu cara paling populer bagi project manager untuk memvisualisasikan hubungan antara tugas dan tahapan-tahapan dalam sebuah perencanaan proyek. Gantt Charts akan membantu Anda melihat dependensi, melacak hubungan antar task, dan menunjukkan persentase selesai masing-masing anggota tim.

    Sayangnya, banyak produk kolaborasi yang tidak memasukkan fitur ini ke dalam produknya. Smartsheet adalah salah satu dari sedikit yang menyediakan Gantt Charts interaktif di dalamnya. Keberadaan Gantt Charts ini akan membantu tim lebih fokus ke tugas-tugas yang paling penting serta menjaga transparansi dari masing-masing divisi dan individu.

    Integrasi Smartsheet dengan Sistem Eksternal

    Mungkin saat ini Anda dan tim sudah menggunakan sejumlah platform untuk meningkatkan produktivitas, mulai dari platform penyimpanan data hingga komunikasi. Akan sangat merepotkan apabila Anda harus membuka satu per satu platform tersebut untuk berkoordinasi dengan tim.

    Smartsheet memungkinkan Anda mengumpulkan setiap platform tersebut dalam satu dashboard. Platform manajemen proyek ini dapat diintegrasikan dengan platform multifungsi lain seperti Dropbox, Google Drive, hingga Slack sehingga memungkinkan produktivitas tim lebih terkendali dan terpusat.

    Itulah sejumlah fitur Smartsheet yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatur efektivitas dan produktivitas dalam tim Anda. Memanfaatkan platform manajemen proyek seperti ini akan mempercepat proses serta memaksimalkan produktivitas. Dengan begitu, tim dapat memikirkan hal-hal lain yang lebih esensial terhadap perkembangan bisnis ketimbang harus berkutat dengan proses-proses repetitif dan bersifat teknikal.

    Buktikan sendiri manfaat Smartsheet dalam memudahkan management project bisnis dengan mencoba free trial selama 30 hari. Segera hubungi tim Sunartha untuk mendapatkan kesempatan tersebut!

    Bagikan Artikel