Jika Anda menjalankan bisnis food and beverage (F&B) seperti restoran, kedai kopi, dan masih banyak lagi, sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Anda harus sering-sering menyeimbangkan stok bahan baku dengan banyaknya pesanan pelanggan, sekaligus mengelola keuangan. Melakukan semua hal tersebut dengan pencatatan manual tidaklah mudah, jadi Anda bisa mengandalkan berbagai manfaat dari software ERP seperti Odoo.
Efisiensi manajemen inventaris
Bahan makanan seperti daging, sayur-mayur, buah-buahan, dan masih banyak lagi umumnya memiliki usia yang pendek. Apalagi, ketersediaan stoknya sangat bergantung pada musim dan iklim saat ini. Maka dari itu, agar operasional bisnis tetap berjalan lancar, Anda perlu sering-sering mencatat bahan baku apa saja yang masih tersedia dan berapa banyak.
Untungnya, Anda tidak perlu mendokumentasikan semua informasi tersebut secara manual karena sudah ada software ERP Odoo. Dengan fitur Inventory Management di Odoo, Anda bisa mencatat sekaligus memantau pergerakan stok bahan baku secara otomatis dan real-time tanpa memerlukan aplikasi yang berbeda. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk infrastruktur penting lainnya.
Kemudahan pembuatan invoice
Demi diversifikasi strategi bisnis, tidak menutup kemungkinan bisnis food and beverage Anda menerima jasa catering untuk acara tertentu seperti pernikahan, bazar, dan masih banyak lagi. Biasanya, proses bisnis ini sangat identik dengan penerbitan faktur penjualan yang akan dikirimkan kepada klien. Bagaimana jika Anda memiliki banyak klien dan harus mengirimkan invoice ke semuanya?
Tenang, Anda tidak akan kesulitan melakukannya jika Anda menggunakan software ERP Odoo. Sebab, fitur akuntansi di Odoo sudah mencakup menu untuk menerbitkan invoice secara serentak dan melacak status pembayarannya.
Sudah lengkap dengan fitur Point of Sale
Ketika Anda meng-install software ERP Odoo, mungkin Anda berpikir bahwa Anda akan membutuhkan aplikasi kasir terpisah. Namun, kenyataannya, software satu ini sudah memiliki fitur Point of Sale (POS) yang tidak kalah canggih dengan aplikasi kasir pada umumnya! Mengapa demikian?
Sejak versi terbaru Odoo rilis pada awal bulan November 2023 lalu, POS software enterprise resource planning ini sudah mendukung lebih banyak metode pembayaran seperti kode QR, kartu debit, kartu kredit, dan uang tunai. Lebih praktisnya lagi, fitur POS ini juga sudah dilengkapi dengan menu untuk mengelola pemesanan dine in, delivery, maupun take away, memantau ketersediaan setiap menu, dan merekam jumlah meja yang tersedia.
Membantu efektivitas manajemen produksi
Salah satu manfaat enterprise resource planning yang paling utama adalah peningkatan efisiensi dan efektivitas manajemen. Apalagi, untuk manajemen sumber daya manusia. Berkat adanya modul khusus personalia di software ERP Odoo, Anda bisa menentukan jadwal shift para pegawai secara serentak cukup melalui satu menu. Selain itu, Anda juga dapat memonitor bagaimana performa mereka serta pelatihan yang dibutuhkan berdasarkan data historis.
Menjaga komunikasi dengan pelanggan dan mitra bisnis
Tanpa arus pelanggan yang stabil maupun hubungan kerja sama dengan mitra yang tepat, bisnis F&B akan lebih kesulitan bertahan. Sementara itu, untuk mempertahankan hubungan baik tersebut, Anda perlu memulai komunikasi secara rutin. Namun, bagaimana cara melakukannya dengan mudah jika Anda punya banyak kontak? Software ERP adalah jawabannya.
Dengan Odoo, Anda bisa melihat data setiap vendor dan pelanggan melalui satu menu terpadu. Kemudian, Anda dapat mengirimkan mereka pesan melalui media komunikasi yang sudah terintegrasi dengan software tersebut tanpa harus berpindah aplikasi. Jadi, Anda akan lebih mudah mengirimkan promosi atau apresiasi yang lebih personal.
Meningkatkan kepatuhan terhadap hukum
Bisnis food and beverage wajib tunduk terhadap hukum agar bisa tetap beroperasi, baik itu hukum perpajakan, standar halal, maupun ketentuan sanitasi. Misalnya, mungkin Anda perlu mengirimkan dokumentasi tertulis dengan format dan perhitungan yang disyaratkan, serta memperpanjang lisensi terkait secara berkala.
Namun, jika Anda menggunakan software ERP seperti Odoo, Anda tidak perlu takut kehilangan dokumen penting karena semuanya sudah tersimpan secara terpadu di satu tempat. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan format dokumen sesuai kebijakan terbaru secara otomatis agar diterapkan secara serentak alih-alih mengubahnya satu per satu.
Menggunakan software ERP merupakan salah satu investasi jangka panjang terbaik untuk kesuksesan bisnis Anda karena biayanya sangat sepadan dengan segudang manfaat yang akan Anda rasakan. Terutama, untuk meningkatkan efisiensi produksi dan manajemen keuangan. Tidak perlu khawatir jika Anda bingung tentang cara memasang software tersebut atau bahkan memilih fitur yang tepat. Sebagai salah satu pionir penyedia layanan digitalisasi bisnis, Sunartha sudah melayani berbagai industri sejak tahun 2010, termasuk industri food and beverage. Jadi, Anda tidak perlu ragu-ragu mengkonsultasikan kebutuhan bisnis Anda melalui nomor WhatsApp resmi Sunartha sekarang!