Cara Join Data dengan Multi Connection di Tableau

Cara Join Data dengan Multi Connection di Tableau

Hi halo selamat datang kembali ke series belajar Tableau dengan Sunartha.

Kemarin kita sudah membahas tentang ini ya, Cara Join Data dengan Single Connection di Tableau.

Nah kali ini kita akan membahas tentang, bagaimana caranya join data dengan multiple connection di Tableau dari berbagai data source.

Blog Tentang Tableau

Blog Sun Artha secara rutin berbagi mengenai seputar tips, informasi tentang manajemen, tools yang bisa dipakai untuk organisasi dan perusahaan yang menarik untuk disimak dan bisa dijadikan contoh ditempat kerja Anda.

Nah, perkenalan tentang blog Sunartha sudah, sekarang kita akan berbagi tentang hal yang sesuai dijudul ya. Betul, terkadang teman-teman yang sudah menggunakan Tableau, akan kesulitan kalau menemui sumber data yang berbeda-beda.

Kalau satu sumber data saja mudah kan? Tentu saja sudah kita ulas dibahasan sebelumnya.

Kita segera mulai yuk? Gimana?

Sudah siap? Lanjut.

Kalau butuh Tableau Trial, jangan lupa mampir ditautan berikut ya.

Download Disini

Combine tabel dari beberapa database yang berbeda

Mengkombinasikan beberapa tabel dari database yang berbeda dinamakan dengan Cross-database joins. Metode ini memerlukan set up multi-connection data source. Artinya, kita perlu membuat connection baru untuk setiap database sebelum join tabel-tabelnya. Ketika connect dengan berbagai database, sebuah data source akan otomatis menjadi multi-connection data source.

Multi-connection data source dapat sangat membantu kita mengan

alisa data sebuah organisasi yang menggunakan sistem internal yang berbeda-beda , ataupun ketika kita ingin bekerja dengan data yang disimpan oleh internal maupun external groups secara terpisah.

Setelah membuat sebuah kombinasi tabel menggunakan cross-database join, Tableau akan memberi warna yang berbeda-beda sebagai indikasi sumber data connection.

Langkahnya Cara Join Data dengan Multi Connection di Tableau

Ikuti contoh di bawah ini :

  1. Pada halaman start, dibawah Connect, klik “Connector” untuk menghubungkan Tableau dengan data Anda. Ini akan menghasilkan koneksi pertama kita.
  2. Pilihlah file, database, ataupun schema kemudian double klik atau drag tabel yang ingin digunakan pada canvas. Setelah itu , double klik pada tabel logical (barnya) yang baru muncul tadi untuk membuka canvas Join/Union.
  3. Pada panel Connections di sebelah kiri, klik tombol “Add” untuk menambahkan connection ke dalam Tableau data source. Pilihlah format data source yang tepat. Connection baru ini sangat diperlukan ketika kita membutuhkan data yang tersimpan dalam database yang berbeda.
  4. Dengan connection baru, tambahkan tabel baru ke dalam canvas Join.
    Tambahkan satu atau lebih klausa join dengan memilih field tabel yang tersedia dalam datasource, sebuah operator join, dan field tabel yang ditambahkan. Perhatikan klausa join untuk memastikan supaya merepresentasikan cara kita ingin menghubungkan tabel-tabel ini. Sebagai contoh, field / kolom AuthorID bisa digunakan untuk menghubungkan kedua tabel yang sama-sama memiliki field / kolom ini.

 

  1. Ketika telah selesai, tutup dialog box Join.
    Tabel dan kolom akan menunjukkan warna yang berbeda seperti gambar di bawah. Warna merupakan salah satu indikator bahwa tabel tersebut berasal dari data source yang berbeda dan merupakan sebuah connection yang berbeda.
    Cara Join Data dengan Multi Connection di Tableau

Setelah berhasil membuat cross-database join, silahkan lanjutkan dengan preparasi multi-connection data source untuk selanjutnya dapat digunakan membuat Viz di Tableau teman-teman.

Selamat mencoba !

Johanna

PS:

Bagi teman-teman yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Tableau yang dikelola oleh Sunartha, bisa follow Instagram atau drop di Landing Page kami disini ya.

Berikan masukan konten apa yang teman-teman ingin pelajari ya.

Apabila tertarik untuk membeli Tableau, bisa juga lho chat langsung ke Mba Euis disini 0815 8690 2500

Jangan lupa mampir ke artikel terbaru lainnya disini: Serunya Analisa Bisnis

 



2 Comments

Leave a Reply

5 × four =