Cara Memilih BI Tools yang Tepat

Cara Memilih BI Tools yang Tepat

Mungkin sudah banyak pihak yang menyarankan Anda untuk memakai Business Intelligence (BI) tools di dalam bisnis Anda dan sampai saat ini, Anda masih ragu apakah memang membutuhkannya atau tidak. Biasanya para pengusaha merasa bisnis mereka belum membutuhkan BI tools karena masih berasa ‘bisnis kecil-kecilan’. Let’s put it clear…skala bisnis Anda bukanlah penentu untuk tidak memakai BI tools.

Anda boleh saja tidak memakai BI tools dalam bisnis Anda, bila Anda tidak memenuhi kriteria di bawah ini:

  1. membutuhkan informasi mengenai kekuatan dan kelemahan internal perusahaan Anda secara detail
  2. ingin memahami korelasi tiap data yang Anda untuk pengambilan keputusan yang lebih baik
  3. ingin mengetahui kemungkinan inovasi apa yang dapat Anda lakukan, dan
  4. perlu menghemat biaya dan mengoptimasi sumber daya yang ada.

Jika ternyata Anda membutuhkan ke empat di atas, tak peduli seberapa besar bisnis Anda maka Anda sangat membutuhkan BI tools yang mumpuni untuk mengembangkan usaha Anda. Lalu bagaimana memilih BI tools yang tepat? Apakah harga tools yang mahal sudah tentu berarti BI tools terbaik untuk bisnis Anda? Jawabannya belum tentu. Bahwasannya bisnis Anda: memerlukan BI tools, ya pasti; tetapi bila harga harus mahal: ini yang harus Anda pertimbangkan dengan sangat matang. Memilih BI tools yang tepat juga tidak dapat dengan sistem trial and error. Coba – coba dulu, kalau tak cocok maka bisa diganti. Ya, bisa diganti memang, tapi itu berarti Anda membuang waktu dan tenaga, hanya untuk coba – coba.

Cara Memilih BI Tools yang Tepat(Source)

Seringkali para pengusaha menyadari kebutuhan akan BI tools namun bingung memilih BI tools mana yang terbaik, apakah menentukannya lewat harga atau bagaimana?

Jangan sampai salah memilih BI tools, Anda harus memastikan BI tools yang Anda pilih memiliki hal berikut ini:

  1. Dapat membaca data dari beragam source file. Semakin banyak source file yang dapat dibaca oleh BI tools yang ditawarkan maka akan semakin mudah Anda menganalisa data, walaupun data disimpan di berbagai source file. Yang paling penting adalah produk yang Anda pilih mampu membaca data dari file yang paling banyak dan mudah digunakan, misalnya: Microsoft Excel

  2. Mampu mem-filter data, menyajikan ringkasan data dan juga data yang detil. Produk yang baik bahkan dapat menyajikan data secara independent ataupun berhubungan sesuai kebutuhan Anda.

  3. Dapat diakses dengan mudah oleh client lewat tampilan berbasis web. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses tools yang Anda pilih di mana saja, kapan saja.

  4. Visualisasi data yang memudahkan Anda menganalisa atau mengambil kesimpulan dari hasil yang disajikan.

  5. Kepastian keamanan data. Hal ini dapat Anda peroleh jika tools yang Anda beli dapat menjadikan Anda dan mungkin beberapa orang kepercayaan Anda sebagai pengelola tools ini dengan batas akses yang berbeda – beda sesuai dengan fungsi dan tugas mereka terkain BI tools yang Anda pilih.

Sebenarnya tidak perlu waktu dan usaha yang banyak untuk menentukan tools terbaik bagi usaha Anda. Anda tidak perlu ‘mengulik’ tiap BI tools untuk mengetahui apakah tools tersebut baik atau tidak, Anda cukup menghubungi kami dan biarkan kami yang melakukan proses pemilihan tools yang tepat bagi Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Anda sudah siap untuk memakai BI tools yang tepat, kan?

PT SUN ARTHA PUTRA MANDIRI
Head Office:
One Pacific Place Sudirman Central Business District
15th Floor, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190
P (021) 2550 2629     F (021) 2550 2555     E ask@sunartha.co.id

Ingin memiliki penghasilan tambahan? beritahu kami !