Cara Menggunakan Ask Data pada Tableau

Cara Menggunakan Ask Data pada Tableau

Cara Menggunakan Ask Data
© visualbi.com

 

Ask Data – Fitur Tableau yang Memudahkan Pengguna

Ask data merupakan sebuah fitur tableau yang dapat memahami bahasa manusia sehingga memungkinkan pengguna untuk langsung mengetik pertanyaan dan mendapatkan jawaban tanpa perlu melakukan proses drag dan drop.

 

Fitur ask data secara default dapat melakukan interaksi dengan menggunakan bahasa inggris. Namun, kecanggihan lainnya dapat diatur sesuai dengan bahasa yang digunakan sehari-hari dengan melakukan pengaturan sinonim pada fitur ask data.

Baca juga: Visualisasi Data melalui Tableau, Pentingkah?

Cara Menggunakan Ask Data pada Tableau

1. Pengguna dapat menggunakan fitur ask data pada tableau online dengan menggungah workbook yang berisi data set.

Ask data - Tableau

 

2. Klik data set yang telah di-unggah pada Tableau Online dan pengguna dapat langsung menggunakan fitur Ask Data.

Ask data - Tableau

 

Pengguna dapat menggunakannya semudah mengetikan hal yang ingin diketahui terkait kumpulan data tersebut, maka Tableau Online akan menyesuaikannya.

 

3. Kemudian, akan muncul beberapa rekomendasi yang paling sesuai dengan kata kunci yang telah diketikkan, lalu pilih, seperti ilustrasi di bawah ini

Ask Data -

 

4. Setelah memilih, maka akan muncul visualisasi seperti gambar di bawah ini

Ask Data - Tableau

Meskipun visualisasi yang pertama muncul adalah bar chart, pengguna masih dapat mengatur jenis chart yang akan muncul dengan memilih yang jenis chart pada sisi kanan sesuai dengan kebutuhan.

 

Adanya beberapa chart pilihan disesuaikan dengan data yang dipilih saat awal menginput pertanyaan. Misalnya untuk mendapatkan visualisasi map chart, pengguna dapat menginput data kota ataupun negara.

 

5. Hal menarik lainnya dari fitur ask data ini, pengguna dapat menambakan sinonim dari suatu data pada dataset dengan mengklik Edit Fields Details pada data.

Cara Menggunakan Ask Data

 

6. Masukkan kata yang merupakan sinonim

Ask Data pada Tableau

Sinonim yang dimasukkan adalah arti dalam bahasa Indonesia maupun bahasa yang sering digunakan sehari-hari sehingga dapat memudahkan pengguna lain yang tidak mahir dalam bahasa inggris dapat melakukan visualisasi dengan mudah.

 

7. Setelah memasukkan sinonim pada tiap data, pengguna lain dapat mencarinya dalam bahasa indonesia seperti gambar di bawah ini

Cara Menggunakan Ask Data

Cara Menggunakan Fitur Ask Data pada Tableau: Conclusion

Setelah kita mengetahui fitur ask data, tentu hal ini dapat memudahkan pengguna lain yang tidak populer menggunakan Tableau Desktop dapat dengan mudah membaca dan mengerti insight dari sebuah data yang ada.

Menarik dan mudah dipahamikan cara penggunaan fitur Ask Data ini?

 

Penutup

Silahkan tanya dan beri komentar terkait tulisan ini, atau boleh juga kasih masukan sebaiknya bahas topik apa ya di tulisan selanjutnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini sampai selesai.

 

Salam,

Nabila



1 Comment

Leave a Reply

4 × four =