ERP Indonesia

ERP Indonesia

Kenapa Indonesia membutuhkan ERP?

ERP disini bukan electronic road pricing ya! Maaf kita sedang tidak membahas mengenai ERP yang itu.

Tetapi yang sekarang kita bahas adalah Enterprise Resources Planning (ERP).

Kenapa?

Indonesia terkenal dengan pasarnya yang luas. Pasar artian disini adalah jumlah penduduk yang luar biasa.

Banyak analis bilang Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana banyak penduduk muda yang sedang dalam masa produktif.

Ok, sekarang kita tahu posisi negara kita seperti apa.

Lalu, pertanyaannya, kenapa butuh ERP?

Dengan bonus demografi yang menguntungkan ini, mustinya negara kita akan jadi juara dibidang produksi dan distribusi barang-barang yang fokusnya adalah kebutuhan pokok manusia.

Market sudah ada, sekarang tinggal produksinya bukan? Betul.

Lalu? Pertanyaan berikutnya.

Kenapa butuh ERP?

Ternyata, data mengatakan. Banyak sekali perusahaan manufaktur atau berbasis produksi di Indonesia memiliki yang namanya sistem ERP yang terbilang “Layak”.

Kenapa saya bilang seperti itu?

ERP Indonesia
Source : Gamepedia

ERP Indonesia

Menurut analisa saya, dengan semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan ERP akan membuat perusahaan itu semakin efisien.

Efisien dalam proses kerja, efisien dalam hal analisa data, efisien yang akan berhubungan dengan harga pokok produksi.

Itu yang kita inginkan bukan?

Coba kita lihat negara Cina dengan kekuatan manufakturnya, mustinya Indonesia juga bisa bersaing seperti itu agar ekonomi kita (terutama kebutuhan pokok) bisa berputar didalam negeri.

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, coba lihat artikel menarik lainnya: Acumatica di Indonesia

Lalu, apa yang kita bisa lakukan untuk mencapai hal tersebut?

Bagi Anda yang sekarang mempunyai bisnis dibidang manufaktur, Anda bisa mulai mencari-cari solusi ERP yang paling optimal dan sesuai proses bisnis Anda.

Bagi Anda yang sekarang sebagai profesional, Anda dapat mempelajari kemampuan implementasi solusi ERP sehingga apabila Anda bekerja dalam perusahaan yang membutuhkan kemampuan tersebut, Anda-lah jawabannya.

Salah satu solusi Cloud ERP Manufakturing yang saat ini merupakan jawaban bagi perusahaan menengah adalah Acumatica serta duetnya dengan JAMS.

Apabila Anda membutuhkan solusi manufaktur yang mempunyai fitur andalan seperti production management, bill of material, Material Requirement Planning (MRP), Estimating dan Product Configurator, kedua solusi tersebut adalah jawabannya.

Diskusikan dengan kami untuk informasi lebih lengkapnya.

Salam,

Daru

Saat ini saya sebagai Managing Director di Sunartha. Kami ingin membantu medium sized company untuk dapat meningkatkan bisnis mereka dengan implementasi solusi yang terbaik bagi manajemen. Kami partner Acumatica Cloud ERP serta JAMS Manufacturing di Indonesia. Selain itu, kami juga merupakan Partner Tableau Business Intelligence di Indonesia. 



1 Comment

Leave a Reply

6 + twelve =