Manfaat Cloud ERP Untuk Perusahaan Anda

Manfaat Cloud ERP Untuk Perusahaan Anda

Manfaat Cloud ERP Untuk Perusahaan Anda
Manfaat Cloud ERP Untuk Perusahaan Anda

Pic Source: acumatica.com

Bisnis dan Tantangannya 

Kali ini kita akan membahas topik yang seringkali ditanyakan oleh prospek kami mengenai manfaatnya apa ya kalau ingin menerapkan Cloud ERP bagi perusahaan mereka.

Bisnis seperti yang kita tahu sekarang ini, berbeda dengan 10 atau 20 tahun yang lalu. Dimana mungkin dahulu bisnis akan bisa lebih mudah ditebak arahnya dengan trend yang mungkin juga perubahannya tidak secepat sekarang.

Tantangan terkait bisnis adalah bagaimana Anda sebagai pemilik atau manajemen dari perusahaan atau bisnis yang dijalankan tidak hanya menghasilkan profit namun juga skalabilitasnya. 

Susah bukan? Pastinya. Tapi tidak sesulit itu asalkan Anda mempunyai tim yang kuat, manajemen data yang baik, operasional yang sesuai dengan sistem dan adaptasi tim Anda. 

Manfaat Cloud ERP Untuk Perusahaan Anda

Cloud ERP bagi sebagian pemilik bisnis atau perusahaan merupakan momok untuk dibahas apalagi diimplementasikan. Sudah mahal, lama, kapan dan bagaimana bisnis atau perusahaan mendapatkan manfaatnya. 

Kali ini, saya akan berbagi tentang hal ini kepada Anda. Mungkin Anda bisa juga membagikan artikel kali ini kepada rekan kerja atau mitra bisnis Anda. 

Kita bahas satu per satu ya. 

1. Skala, mulai dari kecil tetapi mudah untuk diperbesar

Ini yang seringkali ditakutkan oleh tim yang menginisiasi menggunakan ERP. Gimana ya kita ingin mempunyai sistem yang bisa dimulai dengan biaya yang sesuai dengan skala bisnis kita.

Nda mungkin kan baru mulai saja sudah investasi habis-habisan untuk ERP saja. Belum hardware untuk server dan segala hal printilan lainnya. Saya pernah merasakan hal itu juga kok, sabar.

Teknologi Cloud ERP terbaru bisa membantu Anda dalam hal ini.

Start Small and Scale Your Business Anytime. 

Saya suka itu. Contohnya kalau inisiatif bisnis saat awal untuk misalkan 5-10 user dahulu dan nanti discale-up begitu kita buka cabang banyak, bukankah itu mengasyikkan?

Kalau saya sih iya. Kita lanjutkan dengan bahasan manfaat yang kedua ya. 

2. Pilih Modul dan Layanan Yang Anda Inginkan

Buat apa mendapatkan fitur yang banyak padahal Anda tidak ingin atau belum butuh? Kalau saya diposisi Anda, lebih baik dana tersebut kita gunakan untuk aktivitas marketing or sales yang bisa meningkatkan penetrasi pasar kita. Setuju?

Start with modul yang kita butuhkan dahulu seperti Accounting or Financial. Kemudian mungkin bisa lanjut ke modul distribution or project. It’s all up to you!

Sama halnya dengan Cloud technology. Kita mempunyai fleksibilitas tersebut. Tidak terpaku dengan semua fitur yang harus kita dapatkan meskipun kita belum membutuhkannya. 

3. Kemudahan untuk Multiple Environment (Production and Testing)

Anda tahu apa yang membuat bisnis tidak merasa tenang?

Iya, adanya kebutuhan dimana tidak terencana atau unplanned expenses or cost. Contohnya adalah apabila Anda membutuhkan untuk melakukan testing metode atau alur bisnis baru dimana Anda terkungkung dengan environment on-premise Anda.

Dengan teknologi Cloud ERP, manfaat lainnya adalah Anda dapat membuat multiple environment untuk testing sedangkan production Anda tidak akan terganggu. Dimana setelah diujicoba, dapat langsung diterapkan pada bagian production. 

Dengan biaya yang bisa ditentukan dan bersifat temporary, bisnis lebih dapat terjaga daripada harus investasi besar diawal. 

 

4. Security 

Memang tidak ada yang lebih aman daripada memiliki server dan seluruh infrastruktur Anda sendiri.

Namun tahukah Anda, security atau tingkat keamanan dari pengelolaan infrastruktur dapat lebih dipercaya kepada pihak ketiga karena adanya audit level yang saat ini harus dipenuhi oleh pihak tersebut.

Dimana Anda sebagai customer cukup menanyakan kepada penyedia jasa dimana level mereka dan status mereka.

Data yang Anda miliki apalagi ERP merupakan gabungan data berbagai transaksi dan departmen bisnis Anda haruslah Anda amankan.

Saat ini penyedia jasa Cloud ERP pastinya mempunyai seluruh fasilitas keamanan tingkat tinggi untuk menjaga data Anda yang berharga.

5. SLA (Service Level Agreement)

Sering mendengar term atau istilah SLA dibidang Cloud Infrastruktur? Ya, tingkat kepercayaan ketersediaan jasa yang diberikan oleh pihak vendor kepada Anda sebagai customer mereka.

Semakin tinggi nilainya, maka semakin bisa dipastikan tinggi pula Up Time dari jasa mereka ke Anda. Tentunya sulit untuk menjaga nilai tersebut. Misalkan saja 99,999%. Artinya bisnis Anda akan disupport sesuai dengan janji tersebut.

Anda dapat fokus saja pada SLA Anda kepada customer Anda. Lebih memudahkan bukan?

6. Kemudahan Beradaptasi Terhadap Perubahan

Tidak ada yang abadi selain perubahan itu sendiri. Sama halnya dengan bisnis Anda. Adaptasilah yang membuat Anda bertahan sampai saat ini. 

Beradaptasi terhadap tekanan pesaing, kebutuhan customer Anda, trend dan masih banyak lagi.

Cloud ERP sebagai sistem dan alat bantu Anda haruslah bisa terus berubah seiring bisnis Anda. Tanpa itu, bisnis Anda akan usang atau Outdated.

 

Kesimpulan

Artikel kali ini dimana membahas tentang manfaat Cloud ERP untuk perusahaan Anda saya yakin membuat Anda tidak galau dan bingung lagi. 

Setiap kali kami berdiskusi dengan client atau prospek kami, kami selalu menginformasikan, diluar sana bisnis sudah sangat dinamis. Anda harus segera take action. Sekarang juga kalau perlu. Kalau tidak, bukan hanya competitor dari sesama industri Anda yang akan menikmati kue Anda, tetapi dari luar industri Anda.

Jangan lupa mampir di artikel menarik lainnya dari kami: Apakah perbedaan SaaS ERP dan Traditional ERP?

Hubungi tim kami, Mba Euis untuk informasi dan penjelasan lebih lanjut tentang Cloud ERP dan penerapan Business Intelligence dinomor whatsapp berikut 0815 8690 2500.

Salam,

Daru

 
 
 


2 Comments

Leave a Reply

4 × two =