Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda
Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

 

Modul dalam ERP

Selamat datang diblog Sunartha, dimana kami selalu membahas tentang ERP, Bisnis dan Teknologi Informasi terbaru terkait bisnis. Apakah Anda mengetahui arti dari ERP? Apabila belum, Anda dapat membaca penjelasan mengenai ERP disini: Penjelasan mengenai ERP.

Setelah memahami apa itu ERP beserta manfaatnya bagi bisnis Anda, kini Anda perlu mengetahui modul-modul apa saja yang mungkin Anda perlukan.

Perlu diketahui bahwa setiap sistem ERP memiliki modul yang berbeda, namun biasanya ada beberapa modul dasar yang dimiliki oleh sistem ERP.

Berikut ini adalah beberapa modul yang patut Anda pertimbangkan ketika memilih sistem ERP.

Accounting Management

Manajemen akuntansi  atau manajemen keuangan adalah modul ERP yang sangat penting untuk setiap industri, karena hampir tidak ada perusahaan yang tidak mengelola arus kas, pembayaran, utang-piutang, dan berbagai transaksi keuangan sehari-hari.

Fitur-fitur yang ada dalam modul manajemen akuntansi di antaranya yakni manajemen tagihan (billing), manajemen aset dan depresiasi, manajemen pajak, manajemen faktur, laporan keuangan, manajemen mata uang, dan modul lainnya.

 

Inventory Management

Perusahaan mana pun yang memiliki banyak stok barang, baik barang dagangan maupun aset mereka sendiri memerlukan modul manajemen inventaris dalam sistem ERP mereka. Modul ini berfungsi menangani pelacakan stok, pengendalian pengadaan, pemesanan ke pemasok, dan berbagai kebutuhan manajemen inventaris lainnya.

Fitur-fitur yang pada umumnya ada dalam modul manajemen inventaris adalah manajemen stok, manajemen gudang, prakiraan inventaris (inventory forecasting), pengambilan dan pengepakan stok, manajemen pemasok, dan pelacakan pengiriman.

Modul ini memungkinkan Anda untuk mengelola stok barang di beberapa gudang atau toko yang tersebar di berbagai lokasi.

Bagaimana kalau akan ada fitur baru terkait inventory management ini dan saya bagikan melalui tautan berikut : Hadiah dari Acumatica 

Purchasing Management

Sama seperti modul manajemen inventaris, modul pembelian merupakan modul yang penting bagi perusahaan manufaktur, grosir, dan ritel. Modul ini membantu perusahaan mengelola pembelian barang ke pemasok. Dengan modul ini, pengeluaran dapat lebih terkontrol dan barang yang dibeli akan selalu sesuai dengan permintaan konsumen.

Manufacturing Management

Modul ini berfungsi menyederhanakan berbagai proses manufaktur yang kompleks. Fungsinya meliputi perencanaan produksi, pengaturan rute produksi, pengelolaan anggaran, pemantauan stok bahan baku dan barang jadi, dan masih banyak lagi.

 

Sales Management

Jika Anda menjual servis atau produk dan membutuhkan solusi yang efektif dalam mengelola prospek dan pelanggan, maka modul penjualan adalah modul yang wajib dipertimbangkan.

Modul ini mencakup pengelolaan data prospek dan pelanggan, pemantauan siklus penjualan, penjadwalan follow up ke prospek, pembuatan penawaran dan faktur, dan pembuatan laporan penjualan yang lengkap.

 

Customer Relationship Management

Modul CRM hampir mirip dengan modul penjualan, tetapi fokusnya lebih pada pengelolaan pelanggan. Fungsinya mencakup pengelolaan pipeline penjualan, pencatatan riwayat interaksi pelanggan, email marketing campaign, laporan perilaku dan pola pembelian pelanggan, dan lain-lain.

Sampai disini, bagaimana menurut Anda artikel Mengenal Modul Sistem ERP? Masih lanjut kan? Baiklah, kita lanjutkan ya.

 

Warehouse Management

Modul manajemen gudang juga merupakan modul yang penting bagi perusahaan manufaktur. Modul ini membantu perusahaan mengelola operasi harian gudang, mengurus pesanan, memantau pekerjaan, dan menyediakan informasi real-time yang akurat tentang inventaris.

Fitur-fitur yang ada dalam modul manajemen gudang meliputi pelacakan perpindahan stok, audit inventaris, prakiraan inventaris, pengambilan dan pengepakan barang, manajemen pemasok, dan manajemen pengiriman.

 

Project Management

Modul manajemen proyek merupakan modul yang wajib dipilih oleh perusahaan-perusahaan konstruksi dan permesinan. Modul ini membantu perusahaan membuat perencanaan proyek, mengatur anggaran untuk setiap proyek, mendistribusikan tugas, mencatat waktu kerja karyawan, membuat tagihan ke klien, dan masih banyak lagi.

 

Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

Bagaimana para pembaca yang budiman? Cukup menjelaskan bukan modul yang tersedia pada umumnya aplikasi ERP?

Bagi pemilik bisnis yang saat ini masih berkembang, mempunyai modul dasar sudah cukup. Namun, begitu sudah memasuki proses bisnis yang mulai kompleks, terkadang kita dihadapkan dengan pilihan untuk melakukan penyesuaian modul pada aplikasi ERP.

Jangan lupa memilih aplikasi ERP yang dapat dilakukan modifikasi kedepannya, sehingga Anda dapat mempunyai fleksibilitas tersebut.

Salah satunya vendor ERP yang mempunyai kelebihan tersebut adalah Acumatica Cloud ERP yang saat ini akan meluncurkan rilis terbaru, 2019 R1.

Tertarik untuk mendapatkan informasi lebih detailnya?

Hubungi tim kami, Mba Euis untuk informasi lebih lengkapnya dinomor whatsapp berikut 0815 8690 2500.

Salam,

Taniya



2 Comments

Leave a Reply

2 × one =