Pentingnya ERP untuk Bisnis

Pentingnya ERP untuk Bisnis

Pentingnya ERP untuk Bisnis
Pentingnya ERP untuk Bisnis

Photo by Martin Péchy from Pexels

Bisnis

Bicara tentang bisnis dan pelaku bisnis, hampir sebagian besar tujuan dari mereka mempunyai bisnis adalah menjadi jalan untuk aktualisasi diri.

Selain itu, mungkin juga bagi Anda mempunyai alasan berbisnis adalah untuk menjadi berkat bagi sesama, tim Anda bahkan untuk pelanggan Anda.

Apapun inti dari Anda berbisnis, selain mencari keuntungan secara finansial tentunya, pasti ingin Anda jadikan kenyataan.

Keberlangsungan Bisnis

Ada istilah, memulai itu mudah, mempertahankan yang sulit.

Saya setuju dengan istilah tersebut. Memulai suatu bisnis itu mudah. Menurut saya dan teman-teman saya yang sudah menjalankannya.

Tetapi bagi Anda yang hampir sebagian besar waktunya dibidang profesional, tidaklah mudah, betulkah?

Anda berfikiran mengenai berapa banyak modal (secara nominal uang) yang harus disiapkan? Bagaimana dengan merekrut karyawan? Lalu bagaimana dengan mencari pekerjaan dan segudang masalah lainnya yang menghantui.

Itu wajar dan lumrah kok. Saya juga begitu saat memulai bisnis-bisnis rintisan (yang sekarang lazim disebut startup) awal.

Tetapi seiring berjalannya waktu. Saat menoleh ke pengalaman-pengalaman tersebut. Banyak masukan atau insight menarik saat bisnis tersebut tutup.

Ada yang memang karena tidak jelas mau kemana. Pengalaman lain bilang tidak kompaknya tim. Dan banyak lain alasan lainnya.

Kita lanjut ke mengenai keberlangsungan Bisnis ya.

 

Pentingnya ERP untuk Bisnis

Bisnis selalu punya fase. Dimulai dari fase merintis atau orang banyak sebut survival mode. Disini semua tentang bisnis Anda akan diuji.

Dari kekompakan tim, keuangan, marketing, sales bahkan model bisnis dan keyakinan Anda.

Banyak yang gugur dari tahapan ini. Bisa jadi karena kehabisan uang. Atau memang model bisnisnya tidak masuk sama sekali dengan market yang dibidik.

Merasa jatuh dan coba bangkit lagi? Harus!

Lalu kita tahu ada fase ekspansi dan bertumbuh. Nah, kenapa saya menulis tentang pentingnya ERP untuk bisnis.

Tanpa kita sadari, saat awal-awal mendirikan bisnis, pengeluaran yang Anda keluarkan itu biasanya sifatnya Life and Death choices. Setuju dengan saya?

Kalau tidak dikeluarkan ya kita mati bisnisnya. Contoh gaji karyawan. Utilitas kantor dan masih banyak lainnya.

Mikirin yang mewah-mewah, nanti dulu. Oiya, ini contoh bisnis bootstrap ya.

 

Scale and Growth need Control

Namun saat Anda ingin mengembangkan dan meningkatkan bisnis, life and death choices menjadi kontrol. Bagaimana Anda mempunyai 10 cabang tanpa kontrol?

Lalu Anda ingin mengecek performa masing-masing cabang atau outlet dengan apa? Ok, accounting software sudah punya. Namun waktu Anda akan habis untuk mengurusi konsolidasi laporan.

Tidak cukup lagi untuk melakukan analisanya. Muncullah solusi ERP.

Seru bukan?

Tentu. Kalau Anda ingin berdiskusi lebih lanjut tentang ERP ini, hubungi tim saya Mba Euis di whatsapp number 0815 8690 2500

Kami juga mempunyai bacaan menarik lainnya seperti

Strategi Perencanaan Cashflow

Liburan Produktif Ala Anak Jaman Now

 

Sunartha merupakan Preferred Partner dari Acumatica Cloud ERP dan Tableau Business Intelligence Tools. Kami menawarkan free consulting penerapan tools tersebut dibisnis Anda. 

 

 



5 Comments

Leave a Reply

5 × five =