Sistem ERP Manufaktur

Sistem ERP Manufaktur

Sistem ERP Manufaktur
Sistem ERP Manufaktur. Credits Pic: Acumatica.com

Bisnis Manufaktur

Selamat datang pada blog Sunartha kali ini. Blog yang secara rutin berbagi mengenai informasi bisnis terbaru, sistem informasi yang terkini terkait ERP, bisnis intelligent software dan solusi terkait manajemen lainnya.

Blog ini secara rutin kami update, karena kami ingin pembaca kami mengetahui semua hal terbaru tentang tools atau sistem informasi yang membantu mereka meningkatkan bisnis maupun organisasi ditempat mereka bekerja.

Bisnis manufaktur merupakan bisnis yang menurut saya dan tim adalah bisnis yang rumit. Sukar untuk menerapkan proses bisnis yang tersistemasi dimana di Indonesia seringkali kita menemukan proses bisnis yang unik ditiap perusahaan maupun organisasi.

Seperti juga bisnis Anda bukan? Mungkin untuk proses pengelolaan gudang, proses pembelian atau bahkan keuangan, mungkin kurang lebih sama dengan pelaku bisnis sejenis.

Namun beda hal-nya dengan kegiatan produksi atau manufaktur. Tiap perusahaan pastinya mempunyai sesuatu sebagai ciri khas. 

Apakah hal ini menjadi hambatan? Tentu saja tidak. Namun bagi implementator (konsultan yang melakukan implementasi sistem ERP) jadi suatu tantangan tersendiri. 

Mari kita baca dibagian berikutnya ya, apakah sistem yang tepat bagi bisnis Anda?

Sistem ERP Manufaktur yang Tepat

Pada awalnya sistem informasi ERP dibuat untuk membantu para pelaku bisnis terutama manajemen untuk mendapatkan informasi yang terjadi dibisnis mereka.

Sama halnya saya, apabila saya memiliki bisnis dengan fokus bisnis kegiatan manufaktur, saya ingin mengetahui secara mendetail, beberapa informasi yang saya inginkan sistem yang saya miliki mempunyai kapabilitas untuk menjawabnya.

Pertama. Saya inginkan informasi harga pokok produksi yang tepat dari sistem tanpa harus menunggu lama. 

Kedua. Saya juga inginkan kapan atau estimasi produksi produk saya diselesaikan sesuai dengan kapasitas produksi yang saya miliki.

Ketiga. Sistem yang saya miliki inginnya bisa menginformasikan tim saya untuk melakukan pemesanan bahan baku sesuai dengan kegiatan produksi yang saya miliki. Contoh made to order atau made by stok.

Apakah ada sistem ERP manufaktur yang seperti diatas?

Ada.

Dan saya sudah coba untuk penggunaannya dibeberapa client kami dibeberapa aktivitas produksi seperti produksi berbasis chemicals atau kimia. 

Produksi berbasis made to order dengan produksi assy (perakitan) juga. 

Beberapa fitur utama yang diminta seperti pencatatan Bill of Material (formulasi) serta capacity planning (penentuan produksi berdasarkan kapasitas mesin) juga sudah kami coba dan hasilnya memuaskan.

Tertarik? Anda bisa hubungi tim saya, Mba Euis dinomor whatsapp berikut : 0815 8690 2500  untuk jadwal demo product serta konsultasi kegiatan manufaktur Anda pada sistem Acumatica Cloud ERP ini. 

Pengembangan Kedepannya

Jangan puas dulu. Kami juga berencana membuat pengembangan aplikasi ini kedepannya menjadi lebih baik lagi. 

Kami juga berencana membuat aplikasi secara mobile sehingga bisa diakses oleh para pekerja Anda (istilahnya adalah shop floor) melakukan update-ing data dari smartphone atau terminal yang mereka miliki.

Dengan begitu semua kegiatan produksi dapat dicatat dan berbasiskan informasi. 

Tahukah Anda, saat ini dengan kapabilitas IoT (internet of things) semua data yang dimiliki oleh mesin produksi, sensor gerak dan lain-lain banyak diaplikasikan kepada bisnis dengan satu tujuan utama. 

Yups, tujuannya adalah efisiensi biaya sehingga Anda dapat menginvestasikan laba perusahaan Anda pada devices yang dapat meningkatkan profit perusahaan dan mengoptimalkan tenaga kerja Anda. 

Free Demo Acumatica untuk Bisnis Anda

Atur jadwal Anda dengan kami agar Anda mendapatkan insight terbaru tentang kegiatan manufaktur dengan teknologi terbaru seperti hal-hal diatas. 

Investasi memang diperlukan untuk memperbaharui proses diatas, tetapi saatnya sudah berubah sekarang dimana hampir semua perusahaan manufaktur ingin melakukan penghematan dan efisiensi yang terbaik didapatkan dipasar. 

Artikel lainnya yang dapat Anda baca seperti dibawah ini:

Belajar Sistem ERP

Bagaimana Memulai Bisnis

Salam,

Daru



3 Comments

Leave a Reply

thirteen − one =