Survival Melewati Badai Corona

Survival Melewati Badai Corona

Survival Melewati Badai Corona

Pic Source: makeameme.org

Selamat Pagi

Pagi yang cerah ini, saat saya menulis artikel blog pagi ini, saya mulai memikirkan, apa yang akan saya lakukan, apabila ilustrasi gambaran diatas, saya sebagai kapten suatu kapal, mengalami keolengan (betul tidak ya bahasannya?)

Selamat datang bagi Anda yang pertama kali mampir disharing blog rutin dari Sunartha. Perkenalkan saya Daru, secara rutin berbagi mengenai informasi bisnis terbaru, tools manajemen bisnis yang kekinian serta kami juga rutin berbagi melalui webinar sekarang yang jadwalnya secara rutin dibagikan tim saya melalui Linkedin Sunartha, mampir ya.  

Bagaimana, sudah ya perkenalannya, kita lanjutkan sharing saya ya. Umpamanya, saya dan tim saya mengalami badai (corona) dan menghempas badai dikapal yang saya nahkodai, kira-kira apa ya yang saya (atau Anda mau memberikan ide serta inspirasi, tulis komentar dibawah ya) lakukan?

Survival Melewati Badai Corona

Kita tahu, organisasi atau bisnis yang kita jalankan, tentunya mempunyai tujuan. Sama halnya dengan kapal yang kita nahkodai serta beberapa anak buah kapal yang saling berkontribusi membuat kapal mencapai tujuan, yaitu pelabuhan berikutnya.

Umpama ada badai yang kita akan lalui, tentunya, kita semua mempunyai sikap dalam menghadapi badai tersebut. 

Ada yang mempunyai sikap khawatir, takut, putus asa dan lebih baik kita pulang aja kapten dari perjalanan kita. Tetapi ada juga pandangan kedua.

Kapten dan kru akan berpikir bagaimana meneruskan perjalanan dengan beberapa opsi yang mungkin bisa jadi pilihan, sesulit apapun hambatan yang dihadapi. 

Anda yang mana?

Ok, kalau saya nih, yang mendapatkan case badai korona, misalkan saya mempunyai bisnis yang terpengaruh dengan Corona, yang saya lakukan adalah:

Diskusi dengan seluruh Tim tentang kondisi saat ini

Jujur is the best. Tim Anda perlu tahu. Saya lakukan hal itu saat corona menghantam beberapa prospek bisnis saya yang awalnya sudah berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan kami. 

Tim harus tahu, apa yang terjadi. So, apapun itu, kondisi kita, semua harus aware, tanpa harus ditutup-tutupi. Jangan seperti film drama korea terbaru ya, yang lagi heboh disocial media saat ini.

Revisi seluruh target dan biaya

Ya, rasionalisasi targe dan mulai berhitung. Berhitung sampai kapan usaha Anda akan mampu bertahan. Sulit? Pasti. Semua mengalaminya kok Mas dan Mba. Jadi kenapa Anda tidak segera melakukannya.

Saya minta tim keuangan melakukan update kepada saya secara rutin. Kira-kira dengan jumlah uang yang tersedia, rencana pemasukan dan pengeluaran, apa yang harus dan dapat dihemat, sehingga kita bisa melewatinya dahulu.

Sama seperti badai pada kapal, oleng-oleng dikit menurut saya tidak ada masalah, kemasukan air apalagi, wajar, tapi kita harus tetap mengapung bukan? Apalagi mesin harus terus jalan dan ngepul. 

Apapun itu, Badai Pasti Berlalu

Ya, yang terakhir, badai itu pasti berlalu. Jadi ingat ini judul film atau judul lagu ya?

Badai, sehebat apapun, akan punya masa waktu. Nah, kita berharap, masa waktu yang kita prediksi, melebihi masa waktu dari badai. Kalau tidak? Ya gulung karpet deh.

Jadi, sambil menunggu momen yang tepat untuk recover? Apa yang bisa kita lakukan?

Banyak. Fokuskan pada aktivitas branding dan marketing dengan budget yang optimal. Nda usah jor-joran dulu. Karena semua (termasuk client dan rekan seindustri Anda) juga melakukannya.

Seperti kami, kami akhirnya memberanikan diri untuk melakukan webinar rutin tiap minggu. Dimulai dari webinar pengenalan Tableau, kemudian tahap lanjutan seperti bagaimana Tableau dan excel bisa saling membantu dalam tugas Anda serta yang terakhir kemarin, sempat ramai pesertanya, Tableau dalam penggunaan laporan keuangan. Menarik? Harus dong. 

Anda juga bisa kok.

Apa? Anda nda tahu Tableau itu apa? Ok-ok, sabar, Anda bisa kunjungi dan download tautan free download Tableau disini ni: Download Trial Gratis

Dan tertarik untuk berdiskusi, Mas Daru, bagaimana ya saya ingin mengimplementasikan Work From Home yang efektif untuk tim saya, bisa saya dan tim bantu, kebetulan kami akan adakan event diminggu ini, berikut poster dan link registrasinya.

Event Webinar Sunartha

Link pendaftarannya: https://bit.ly/35N2469

Ingin tanya-tanya dulu, bisa hubungi tim saya, Mba Euis dinomor whatsapp disini ya: 0815 8690 2500. Btw, event kemarin ada yang dapat GrabFood vouchers untuk berbuka lho, so, join ya. Gratis! Dapat vouchers lagi. 

Bagaimana? Idenya cukup mencerahkan bukan? Baik. Anda bisa juga kok lakukan yang kami lakukan. So, let’s meet after Badai mereda. 

Salam,

Daru

Bacaan lain dari kami:

Video Conferencing dan Tele-Presence

Lagi WFH? Mending Belajar Tableau

Memahami Investasi ERP Acumatica



3 Comments

Leave a Reply

17 + eight =