Talkshow Data Professional di Universitas Negeri Jakarta

Talkshow Data Professional

talkshow data professional

(photo: UNJ)

Hari Selasa kemarin tepatnya tanggal 30 Mei 2017, Kami bekerja sama dengan salah satu kampus negeri di Jakarta Timur, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), membuat sebuah acara talkshow dengan bertemakan “Tren Bisnis Berbasis Data dan Peluang baru bagi Para Pencari Kerja”. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara perayaan Dies Natalis ke-53 Universitas Negeri Jakarta. Dirgahayu Univeristas Negeri Jakarta! Semoga melahirkan lebih banyak lulusan-lulusan hebat yang akan berkontribusi untuk memajukan bangsa Indonesia.

Talkshow Data Professional ini dimeriahkan oleh para narasumber yaitu Purwandaru Widyastono (Managing Director, Sun Artha), Iman Camil (CEO, Unistellar Group), dan Budiman Rusly (Head of Data and Analytics, KMK Online). Para narasumber tersebut merupakan perwakilan dari para pelaku bisnis di bidang data.

Tujuan Kami membuat acara ini adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa bahwa akan ada tren profesi baru yang sangat menarik pada 5 tahun ke depan, yaitu sebagai Data Professional. Maka dari itu Kami pun membuat judul acara semenarik mungkin agar para mahasiswa penasaran untuk hadir dan menerima info baru dan belajar hal baru mengenai bisnis data ini.

(photo: UNJ)

Tidak Kami sangka, bahwa dari 250 orang target yang akan menghadiri acara tersebut, ternyata yang turut berpartisipasi dan antusias dengan acara mengenai bisnis berbasis data tersebut ada 316 orang. Untungnya, kapasitas ruangan Aula Maftuchah Yusuf di lantai 2 Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ tersebut sangat lebih dari memadai. Selain itu, para mahasiswa sangat aktif dalam menjawab dan memberikan pertanyaan kepada para narasumber. Sehingga dalam pelaksanaan acara tersebut terdapat interaksi yang baik dan antusiasme mereka dalam mencari tahu lebih banyak mengenai bisnis data, memotivasi Kami untuk berbagi kepada para mahasiswa di kampus-kampus lain mengenai tren profesi yang akan terjadi di Indonesia 5 tahun ke depan. Semoga Kami memiliki kesempatan untuk turut berbagi di lain waktu dan tempat, ya.

Dalam talkshow tersebut dijelaskan oleh Pak Budiman dari KMK Online sebagai expertise di bisnis data, bahwa tidak harus menjadi seorang mahasiswa yang belajar di bidang IT untuk menjadi seorang data professional. Karena di dalam data professional tersebut terdapat berbagai fokus profesi yang bisa digeluti untuk menjadi data professional, seperti statistician, data engineer, data scientist, business intelligence, dan data analyst. Nah bagi para mahasiswa yang bukan belajar di bidang IT, bisa belajar untuk menjadi statistician dan data analyst. Menarik sekali bukan, ternyata untuk menggeluti profesi sebagai data professional bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari bidang ilmu apa saja, asalkan ada kemauan untuk terus belajar.

Ingin memiliki penghasilan tambahan? beritahu kami !



2 Comments

Leave a Reply

6 − 5 =