Tingkatkan Produktivitas dan Efektivitas Kerja dengan Smartsheet

Tingkatkan Produktivitas dan Efektivitas Kerja dengan Smartsheet

Man working on his laptop in the office

Efektivitas kerja sangat memengaruhi produktivitas. Saat Anda bekerja dengan efektif, maka produktivitas pun akan mengikuti. Meski begitu, untuk bisa bekerja efektif bukanlah hal mudah. Anda harus memiliki manajemen waktu yang baik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur waktu dengan baik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan work management software seperti Smartsheet. Bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Smartsheet?

Smartsheet sendiri merupakan software kolaborasi berbasis web yang bisa digunakan untuk manajemen proyek, manajemen tugas tim, melacak sales pipeline, crowdsourcing, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Smartsheet dapat diakses melalui browser atau gawai apa pun. Software satu ini merupakan kombinasi antara spreadsheet yang mudah dioperasikan, workflow yang otomatis, serta kemampuan berbagi file yang kolaboratif. Interface pun dirancang untuk mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekali pun.

Ragam fitur unggulan Smartsheet

Anda bisa menemukan beberapa fitur dalam Smartsheet yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas kerja. Berikut adalah beberapa ragam fitur unggulan dari Smartsheet yang bisa Anda coba:

Team Collaboration

Fitur unggulan Smartsheet yang pertama adalah Team Collaboration. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa langsung terhubung dengan seluruh anggota tim dalam sebuah proyek. Team Collaboration menyediakan solusi end-to-end sehingga memudahkan workflow tim Anda.

Content Management

Sulit melacak konten produksi Anda? Di Smartsheet, Anda bisa memanfaatkan fitur Content Management. Dengan Content Management, seluruh konten produksi dapat ditata, diatur, dan bahkan ditinjau ulang. Semua bisa dilakukan tanpa harus berpindah-pindah platform. Cukup dengan Smartsheet saja.

Workflow Automation

Salah satu kesulitan dalam menjalankan proyek kolaborasi adalah melacak perkembangan workflow. Ini karena proyek kolaborasi terdiri dari banyak orang dan tidak jarang anggotanya berasal dari luar perusahaan Anda. Dampaknya, melacak progress kerja mereka terkadang sulit dilakukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan Workflow Automation yang ada pada Smartsheet. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menjalankan seluruh workflow secara otomatis, bahkan lintas sistem.

Data Connections

Efektivitas kerja bisa dicapai saat Anda bekerja tanpa hambatan. Salah satu hambatan yang sering terjadi saat bekerja terjadi ketika Anda harus melakukan transfer data. Perbedaan platform atau kadang device membuat proses transfer data menjadi makan banyak waktu. Padahal, Anda bisa menggunakannya untuk mengerjakan hal lain. Smartsheet punya solusinya. Dengan fitur Data Connections, Anda bisa melakukan sinkronisasi data sehingga proses transfer pun lebih cepat.

Resource Management

Baru akan memulai proyek dan belum menemukan talent yang tepat? Jika perusahaan Anda sudah menerapkan Smartsheet, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar. Sebab, Smartsheet punya fitur Resource Management yang memungkinkan Anda menemukan kandidat terbaik untuk proyek selanjutnya.

Kelebihan menggunakan Smartsheet

Dengan memanfaatkan Smartsheet di lingkungan kerja, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

Kolaborasi tim lebih efektif dan optimal

Smartsheet telah dibekali dengan fitur-fitur yang menunjang kolaborasi tim seperti Workflow Automation dan Resource Management. Dengan bantuan fitur-fitur tersebut, Anda sebagai manajer proyek pun bisa lebih mudah memantau perkembangan proyek meski ada banyak orang yang terlibat di dalamnya. Kolaborasi pun jadi lebih efektif.

Menyajikan data dan informasi secara real-time

Sedang menjalankan proyek di luar perusahaan? Salah satu hambatan dalam melakukan kolaborasi di luar perusahaan adalah kesulitan menyajikan data secara real-time. Ini karena Anda dan tim tidak berada di satu tempat yang sama.

Smartsheet menawarkan solusi untuk permasalahan tersebut melalui fitur Smartsheet Sights serta liver reports. Dengan begitu, seluruh progress proyek Anda bisa lebih mudah dipantau dan dilacak perkembangannya.

Automasi proses kerja

Smartsheet memungkinkan Anda untuk menerapkan automasi proses kerja dengan langkah sederhana. Artinya, tidak perlu lagi merekrut pakar TI atau mengingat formula yang kompleks. Cukup dengan klik di beberapa tempat, Anda sudah bisa menyelesaikan tugas. Fitur automasi ini juga bisa diterapkan pada task yang berulang. Sangat mendukung Anda untuk mencapai efektivitas kerja.

Bantu menjaga konsistensi performa kerja

Performa kerja terus berubah dan tidak stabil? Anda bisa mulai coba menggunakan software manajemen kerja seperti Smartsheet. Dengan Smartsheet, Anda bisa punya kendali yang lebih baik terhadap progress kerja. Seluruh pekerjaan pun dapat dipantau dengan mudah tanpa harus takut ada yang tercecer.

 

Dengan melihat fitur serta keunggulan di atas, rasanya sayang jika tidak menggunakan Smartsheet untuk manajemen kerja. Fitur yang disediakan akan membantu Anda untuk mencapai efektivitas kerja. Tertarik mencoba Smartsheet untuk manajemen proyek Anda selanjutnya? Klik di sini untuk mulai Free Trial. Info lebih lanjut, silakan kontak WhatsApp tim Sunartha di sini.

Untuk artikel menarik Sunartha lainnya : 

6 Tips Meningkatkan Efektivitas Kerjasama Tim dalam Organisasi

Tahapan Manajemen Proyek yang Perlu Diketahui Project Manager

Tips Memuat Project Management Plan

 



3 Comments

Leave a Reply

two × five =