5 Jenis Teknologi Digital Ini Bisa Membantu Anda Mengembangkan Bisnis

5 Jenis Teknologi Digital Ini Bisa Membantu Anda Mengembangkan Bisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan manusia kini sudah bergantung dengan teknologi. Mulai dari belanja online, mengecek kesehatan lewat aplikasi, hiburan, bahkan merambah sampai ke bisnis. Baik itu bisnis skala besar atau kecil, teknologi hadir untuk memudahkan proses kerja perusahaan. Teknologi mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses kerja dengan berbagai fitur yang disediakan.

Bagi pengusaha, kehadiran teknologi digital ini bisa menciptakan peluang bisnis baru. Namun, perusahaan juga harus cermat memilih teknologi seperti apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Berikut ini lima jenis teknologi digital yang bisa bantu Anda mengembangkan perusahaan Anda.

Robotic Process Automation (RPA)

Robotic Process Automation atau yang sering disingkat RPA adalah sebuah perangkat lunak yang mampu meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan tingkat akurasi dan kecepatan hingga 100%. Bot RPA mampu melakukan berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan manusia, seperti login ke aplikasi atau sistem, memasukkan data, mengalkulasi dan menyelesaikan tugas, serta logout dari aplikasi.

RPA sendiri terbagi ke dalam tiga kategori, yakni probots, knowbots, dan chatbots. Probots bertugas untuk memproses data dengan mengikuti peraturan yang sederhana dan berulang. Sementara knowbots memiliki tugas menjelajah internet untuk mengumpulkan dan menyimpan berbagai informasi spesifik soal pengguna. Selain itu, ada pula chatbots yang sudah sering Anda dengar. Chatbots memiliki tugas untuk merespons permintaan atau pertanyaan pelanggan secara real-time.

Customer Relationship Management Software

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah salah satu prioritas setiap perusahaan. Perusahaan ingin memastikan bahwa pelanggan akan terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk menjaga hubungan dengan pelanggannya, yakni menggunakan Customer Relationship Management Software.

Perangkat lunak ini akan menangkap setiap interaksi perusahaan dengan pelanggan, sehingga tersimpan data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Contohnya, ketika pelanggan menghubungi customer service karena masalah pengiriman barang, staff CRM bisa memberitahukan posisi barang pesanan pelanggan karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem.

Menurut sebuah survei dari Capterra yang dilansir dari Bisnis.com, sebanyak 47% pengguna CRM mengatakan bahwa perangkat lunak tersebut mampu meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Project Monitoring Tools

Proyek perusahaan yang beragam, serta karyawan yang tidak sedikit, bisa membuat proses kerja sebuah proyek jadi lebih rumit. Untuk itu, dibutuhkan sistem atau metode yang bisa meningkatkan efisiensi kerja tim dalam mengerjakan proyek-proyek tersebut. Teknologi tentu saja berperan penting dalam hal ini dengan menciptakan sebuah alat yang dikenal sebagai project management tools.

Teknologi digital ini berbentuk software, di mana Anda bisa memasukkan data-data proyek Anda serta memonitor proses kerjanya. Misalnya, dengan menggunakan Smartsheet, seluruh karyawan Anda bisa berkolaborasi dalam satu platform yang sama. Smartsheet akan mengotomasi alur kerja dan mensinkronisasi berbagai data dari sumber yang berbeda-beda. Dengan project management tools ini, seluruh aset digital Anda akan dikelola dan performanya ditampilkan dengan baik oleh Smartsheet.

Digital Marketing Tools

Pemasaran juga merupakan aspek penting dalam bisnis. Saat ini, hadir teknologi digital berupa digital marketing tools yang akan membantu Anda membuat strategi dan melakukan pemasaran secara digital dengan efektif. Digital marketing kerap kali dilakukan di media sosial. Muncullah software dan aplikasi yang akan membantu digital marketer dalam menjadwalkan posting media sosial berminggu-minggu sebelumnya atau mengelola dan membuat kampanye email.

Teknologi Cloud Native

Teknologi digital cloud native sangatlah penting untuk dimiliki. Pada dasarnya, cloud native merupakan teknologi yang membangun aplikasi dengan memanfaatkan cloud computing. Teknologi ini menawarkan kecepatan, skalabilitas, dan fleksibilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk keuntungan bisnisnya. Contohnya seperti layanan penyimpanan data berbasis cloud yang saat ini banyak dipakai perusahaan.

Setiap teknologi digital di atas bisa membantu mengembangkan bisnis Anda. Namun, yang paling penting, Anda harus membangun kerja sama tim secara baik dengan project management tools yang baik pula, seperti Smartsheet. Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan Smartsheet, Sunartha menyediakan free trial selama 30 hari untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami via WhatsApp dan kami akan segera menjawab setiap pertanyaan Anda.

 

Artikel menarik Sunartha lainnya:

Tingkatkan Produktivitas dan Efektivitas Kerja dengan Smartsheet

Tingkatkan Efektivitas Kerja dengan Membuat To-do List

6 Fitur yang Harus Ada pada Project Management Tool Kantor Anda



Leave a Reply

fourteen − fourteen =