5 Tips Scale Up Bisnis sebelum 2021 Berakhir

5 Tips Scale Up Bisnis sebelum 2021 Berakhir

Setiap pebisnis pasti ingin perusahaannya berkembang atau scale up menjadi perusahaan yang lebih besar. Namun, scale up bisnis bukan hanya usahanya yang berkembang, tetapi juga keuntungan ikut bertambah. 

Sama seperti membangun bisnis di awal, scale up bisnis membutuhkan kerja keras dan melewati proses yang tidak mudah. Perusahaan yang tidak scale up bisnisnya bisa mengalami penyempitan pasar karena tidak berkembang dan ketinggalan zaman. Penting untuk diingat bahwa industri bisnis sangatlah dinamis, baik tren, kompetitor, maupun konsumennya. Oleh sebab itu, sebelum 2021 berakhir, ini dia lima tips scale up bisnis untuk kembangkan perusahaan Anda.

Tips melakukan scale up bisnis

Ketika Anda memutuskan untuk scale up bisnis, langkah yang Anda ambil tidak boleh sembarangan. Inilah beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan scale up bisnis.

Lakukan riset pasar dan kenali masalahnya

Keberhasilan sebuah bisnis bisa diraih ketika perusahaan mampu memenuhi apa yang dibutuhkan pasarnya. Hal ini harus Anda perhatikan ketika ingin melakukan diversifikasi produk. Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui apakah produk yang ingin Anda buat benar-benar dibutuhkan masyarakat. Penting untuk menganalisis dan mengetahui kebutuhan pasar agar Anda bisa menyediakan produk yang tepat.

Kolaborasi bisnis

Ketika Anda memiliki sebuah bisnis, mau tidak mau Anda akan bertemu dengan banyak orang. Jalinlah hubungan baik dengan mereka karena pada masa mendatang, bisa saja mereka akan menjadi mitra bisnis, terutama ketika Anda ingin melakukan scale up bisnis. Semakin sering bisnis Anda berkolaborasi dengan banyak mitra, bisnis Anda pun akan semakin berkembang. 

Misalnya, Anda menjalin kerja sama dengan sejumlah e-commerce di bidang marketplace. Anda bisa memasarkan produk Anda pada e-commerce tersebut, memiliki basis pengguna, dan mendapatkan pembeli yang cukup besar minatnya.

Ciptakan tim yang solid

Anda tidak bisa menjalankan bisnis sendiri. Tim yang solid dan kompeten di bidangnya masing-masing adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Individu yang tidak bisa bekerja sama dengan baik justru akan menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri. Selain tim yang solid dan individu yang kompeten, setiap anggota tim juga perlu memiliki agilitas yang baik, pemahaman yang baik akan perusahaannya, dan kemampuan eksekusi yang mumpuni.

Bangun persona brand yang positif

Tips yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Persona brand yang positif bisa meningkatkan pengalaman pelanggan ketika menggunakan produk atau jasa Anda. Pada akhirnya, konsumen baru pun akan terus berdatangan dan scale up bisnis pun bisa terjadi.

Miliki sistem yang praktis

Setiap bisnis harus memiliki sistem yang bisa dijalankan karyawannya. Kini, kecanggihan teknologi dapat membantu perusahaan membuat sistem yang praktis dan mudah untuk para karyawan. Contohnya dengan menggunakan project management tools untuk mengatur proyek-proyek yang sedang dikerjakan. 

Project management tools seperti Smartsheet memungkinkan Anda untuk menghubungkan setiap karyawan dalam satu platform kolaboratif. Hal ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses kerja. Smartsheet juga mampu melakukan sinkronisasi data dari berbagai sumber agar Anda tidak lagi perlu membuka berbagai halaman data. Software ini akan memudahkan Anda dalam mengelola proyek dan konten yang akan atau sedang dijalankan.

Kapan harus melakukan scale up

Jika Anda ingin melakukan scale up bisnis tapi bingung kapan harus melakukannya, ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan. Perusahaan yang sudah siap scale up bisnis umumnya sudah memiliki pendapatan yang tinggi dan stabil. Penjualannya konsisten dan terus-menerus mendapatkan repeat order. Hal ini berarti perusahaan sudah memiliki konsumen yang loyal.

Selain itu, apabila perusahaan Anda mulai membutuhkan tenaga ahli, inilah tanda bahwa perusahaan Anda siap melakukan scale up bisnis. Anda tidak lagi bisa mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari produksi, operasional, hingga distribusi. Perusahaan Anda sudah membutuhkan tenaga ahli untuk memastikan kualitas produk Anda meningkat.

Ciri terakhir dari perusahaan yang sudah siap scale up bisnis adalah Anda tidak lagi banyak mengambil risiko. Pada awal-awal mendirikan perusahaan, ada banyak keputusan berisiko yang harus Anda ambil karena tidak ada jaminan ide Anda akan berhasil. Namun, saat Anda tidak lagi mengambil risiko yang terlalu besar, hal ini berarti sistem yang Anda bangun sudah berhasil. 

Itu dia tips untuk melakukan scale up bisnis dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Ketika membangun dan mengembangkan bisnis, perhatikan setiap langkah yang Anda ambil, jalin kerja sama yang baik, buat citra yang positif pada perusahaan Anda, serta bangun sistem kerja yang baik dengan bantuan project management tools seperti Smartsheet. Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan Smartsheet atau ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai Smartsheet, Anda bisa langsung hubungi Sunartha dengan klik tautan ini.

 

Artikel menarik Sunartha lainnya:

Tips Analisa Bisnis dengan Cepat dan Tepat

5 Ways to Make Smarter Decisions Faster

Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan



Leave a Reply

1 × one =