5 Tren Jenis Profesi yang Akan Naik Daun pada 2022

5 Tren Jenis Profesi yang Akan Naik Daun pada 2022

Bicara soal masa depan, ketidakpastian adalah satu-satunya kepastian. Tidak ada yang menyangka bahwa pandemi yang mulai pada 2019 membawa banyak sekali perubahan pada banyak bidang, termasuk pekerjaan. Kebanyakan pekerja bekerja dari rumah, banyak pula di antaranya yang kehilangan pekerjaan karena kondisi tidak menentu. Sebagai awal tahun yang baru, 2022 membawa harapan besar bagi perubahan yang lebih baik bagi semua orang. Mengenai tren jenis profesi yang akan naik daun tahun depan, berikut lima di antaranya yang perlu dipertimbangkan!

Information Technology

Salah satu tren jenis profesi yang akan naik daun pada 2022 adalah information technology (IT). Tentu saja TI telah menjadi bidang yang terkenal dan berkembang selama bertahun-tahun, namun tahun 2022 bisa berbeda karena adanya peningkatan fokus pada pekerjaan jarak jauh dan pengembangan smartphone. Hal ini pun meningkatkan permintaan untuk pengembang perangkat lunak dan aplikasi. 

Jika Anda cenderung introvert, pengembangan perangkat lunak atau aplikasi adalah pilihan karier yang bagus. Diperkirakan bahwa pada akhir dekade, bidang pengembangan perangkat lunak akan tumbuh sebesar 22%, yang berarti lebih dari 300.000 pekerjaan baru dengan gaji rata-rata lebih tinggi dibanding bidang pekerjaan lainnya. Data World Economic Forum (WEF) juga menunjukkan bahwa pada 2022, sebagian besar keterampilan yang dibutuhkan akan berkaitan dengan teknologi. Inilah saat yang tepat untuk mempertimbangkan pekerjaan di bidang TI.

Supply Chain Management

Supply chain management juga termasuk jenis profesi yang diperkirakan menjadi tren tahun depan karena pandemi COVID-19 telah mengubah gaya hidup konsumen. Sekarang, bisnis retail dituntut meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Ketatnya protokol kesehatan membuat konsumen lebih memilih memesan produk secara online dibanding membelinya langsung secara offline, membuat bidang pekerjaan ini perlu lebih banyak tenaga kerja.

Beberapa prospek karier yang diprediksi akan menjadi tren di bidang supply chain management pada 2022 adalah purchasing agent, logistics analyst, distribution manager, supply chain manager, dan inventory controller.

Kesehatan

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada tenaga kesehatan karena jumlah orang yang tertular virus sangat besar dan tidak sedikit di antaranya bahkan kehilangan nyawa. Meskipun isu kekurangan tenaga kesehatan terampil sudah terjadi selama bertahun-tahun, pandemi membuatnya semakin buruk dan ini adalah salah satu alasan mengapa kesehatan jadi tren jenis profesi masa depan.

Diperkirakan akan ada kebutuhan untuk setidaknya 500.000 lebih perawat di bidang kesehatan pada 2027. Beberapa profesi dalam bidang kesehatan yang tersedia saat ini di antaranya adalah: perawat, dokter umum, dokter spesialis, terapis (okupasi, fisik, respiratori, dan sebagainya), administrasi medis, dan praktisi radiologi.

Financial Management

Berdasarkan prediksi Forbes, bidang financial management memiliki prospek karier yang akan bertambah sebanyak 15% mulai 2022 hingga 10 tahun ke depan. Fungsi dari profesi manajemen finansial sendiri adalah melakukan pemeriksaan terhadap pengeluaran dan pendapatan perusahaan sembari mencari cara memaksimalkan profit bagi bisnis.

Sementara kandidat dengan gelar MBA adalah yang paling banyak dicari oleh perusahaan dengan gelar Fortune 500, perusahaan berskala lebih kecil akan mempekerjakan manajer keuangan yang memiliki gelar sarjana dengan rentang pendapatan per bulan mulai dari Rp4 juta – Rp16 juta. Di samping bekerja sebagai konsultan atau manajer keuangan, beberapa prospek karier yang bisa menjadi pilihan lainnya adalah akuntan, financial analyst, financial controller, auditor, dan budget analyst.

Statistik dan Aktuaria

Bidang statistik dan aktuaria juga diprediksi akan menjadi jenis profesi yang populer pada 2022. Pertumbuhan profesi di bidang aktuaria cukup signifikan dengan pencapaian hampir 20% pada akhir dekade. Bidang statistik dan aktuaria adalah karier yang sangat cocok jika Anda menyukai data dan statistik. Salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki dalam menjalankan profesi di bidang aktuaria adalah mampu mengevaluasi risiko.

Umumnya, pekerja dalam bidang aktuaris mempunyai gelar dalam ilmu aktuaria dan telah lulus serangkaian ujian lisensi. Untuk perusahaan, berbagai profesi di bidang statistik bertugas menganalisis data dan memproyeksikan penjualan, keuntungan, dan hambatan pertumbuhan yang mungkin dihadapi perusahaan di masa depan.

Beberapa prospek kariernya adalah menjadi seorang data analyst dan business analyst. Agar nantinya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, pemanfaatan software visualisasi data seperti Tableau sangatlah dibutuhkan. Cari tahu lebih banyak tentang Tableau dengan hubungi tim Sunartha sekarang juga!

Apabila berencana mengembangkan karier pada 2022, kelima jenis profesi di atas bisa coba Anda geluti sesuai kemampuan masing-masing. Dari berbagai prediksi tren profesi tersebut, mana yang paling menarik perhatian Anda?

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Ingin Menjadi Data Analyst? Kuasai 6 Skill ini

Mengenal Profesi Business Intelligence dan Tugasnya

Tugas Sales Analyst: Analisis Data hingga Presentasi Laporan Penjualan

 



Leave a Reply

16 − four =