6 Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja di Rumah

6 Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja di Rumah

cara meningkatkan produktivitas

Dengan adanya pandemi COVID-19, pemerintah mewajibkan kantor untuk memberlakukan work from home atau WFH. Di balik upaya pencegahan COVID-19 ini, tak bisa dipungkiri bahwa ada penurunan efektivitas dalam bekerja. Kaburnya batas antara kehidupan pribadi dan profesional menjadi alasannya. Tentunya hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja. Itulah kenapa penting untuk mengetahui cara meningkatkan produktivitas ketika bekerja di rumah. Apa saja? Cek selengkapnya berikut ini!

Bikin tempat kerja yang nyaman

Salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja dari rumah adalah menciptakan tempat kerja yang nyaman. Usahakan tidak bekerja di kasur atau kamar karena bisa membuat Anda tergoda untuk lebih banyak beristirahat dibandingkan bekerja. Karenanya, penting sekali untuk menyiapkan tempat kerja yang sesuai di rumah. Manfaatkan salah satu sudut di rumah sebagai area kerja dengan meja dan kursi khusus. Dengan begini, Anda akan lebih fokus menyelesaikan pekerjaan.

Buat to-do list 

Meskipun bekerja dari rumah, tentunya ada deadline-deadline yang harus dipenuhi. Penuhilah deadline yang paling dekat terlebih dahulu. Bagaimana mengetahui deadline yang harus diutamakan? Caranya dengan membuat to-do list harian! 

Untuk membuat to-do list ini, Anda bisa menggunakan Smartsheet untuk mengelola apa saja yang harus dilakukan demi memenuhi deadline. Tak hanya itu, Smartsheet juga merupakan software yang dapat memudahkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim sehingga kerja akan makin efektif.

Pastikan koneksi internet lancar

Internet memegang peranan penting dalam cara meningkatkan produktivitas ketika bekerja di rumah. Penting bagi Anda untuk memiliki koneksi internet yang lancar dan cepat. Internet ini penting untuk melakukan tugas, menjalankan conference call untuk meeting dengan tim, atau mengirim file. Namun, usahakan tidak memanfaatkan kecepatan internet untuk mengakses konten yang kurang produktif karena bisa memperlambat kinerja di rumah.

Tentukan jam istirahat

Meski di rumah saja, Anda juga harus menentukan kapan waktu untuk berisitirahat. Jangan sampai waktu tersita untuk bekerja, tapi lalu terlena untuk beristarahat terlalu lama. Setidaknya setiap satu jam sekali, sisihkan sepuluh menit untuk bangun dan berjalan kaki supaya tidak pegal. Tak hanya untuk meregangkan tubuh dari rasa pegal, istirahat sejenak ini juga berfungsi untuk menyegarkan pikiran sebelum siap melanjutkan pekerjaan kembali. Jadi, cobalah untuk menyeimbangkan waktu jam istirahat dan bekerja, ya.

Batasi penggunaan media sosial

Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial merupakan salah satu godaan terbesar saat bekerja. Bahkan saat bekerja di kantor sekalipun, mengecek kegiatan di media sosial menjadi godaan terbesar untuk berhenti bekerja sebentar. Itulah kenapa cara meningkatkan produktivitas di rumah adalah dengan mengurangi penggunaan media sosial. Bagaimana caranya? Mudah saja, tentunya dengan menjauhkan handphone atau log out akun media sosial dari laptop. Saat beristirahat pun, sebaiknya batasi penggunaan media sosial supaya tidak kebablasan.

Bekerja dengan jam yang sama dengan kantor

Salah satu kebiasaan yang kurang baik saat WFH adalah bekerja di luar jam kantor. Bisa saja dimulai lebih mundur dari jam kantor sehingga waktu selesai bekerja juga jadi mundur dari jam biasanya. Padahal kebiasaan ini kurang begitu baik. Dimulai dari jam bekerja yang lebih lama dan tidak adanya keseragaman waktu bekerja dengan sesama tim.

Untuk itu, supaya jam kerja tidak lebih panjang dari jam kerja biasanya, cobalah bekerja dengan jam yang sama dengan jam kantor, yakni pukul 09.00- 18.00. Jangan hanya mengikuti waktu bekerja, Anda juga perlu mengikuti jam istirahatnya. Meski terdengar sepele, hal ini termasuk cara meningkatkan produktivitas kerja di rumah dengan efektif.

Itu dia enam cara meningkatkan produktivitas kinerja selama WFH. Semua cara akan memberikan hasil efektif kalau diikuti secara baik. Dengan meningkatkan produktivitas kerja, dijamin pekerjaan saat WFH pun akan tetap berjalan lancar dan tentunya selesai dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Untuk memudahkan pengelompokan to-do list serta kolaborasi dengan tim selama harus remote, andalkan saja Smartsheet. Manfaatkan free trial selama 30 hari! Langsung saja menghubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut. Yuk, gunakan Smartsheet untuk meningkatkan produktivitas kinerja di rumah!

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

6 Fitur yang Harus Ada pada Project Management Tool Kantor Anda

6 Tips Meningkatkan Efektivitas Kerja Sama Tim dalam Organisasi

8 Fitur Smartsheet untuk Tingkatkan Kolaborasi dan Kerja Sama Tim



4 Comments

Leave a Reply

19 − three =