6 Tren Teknologi yang Diprediksi Booming pada 2022

6 Tren Teknologi yang Diprediksi Booming pada 2022

Siapa pun bisa melihat perkembangan teknologi yang begitu signifikan selama beberapa tahun belakangan ini. Beberapa industri hadir dengan inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi untuk semakin mempermudah pekerjaan atau bahkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. 

Mulai dari berbelanja, bekerja, bersantai, hingga menjaga kesehatan, semua dapat lebih mudah dilakukan berkat teknologi. Apalagi ketika masa pandemi memaksa kita untuk tetap berada di rumah, sementara ada pekerjaan yang harus kita kerjakan di luar rumah. Teknologilah yang membantu kita menjalankan pekerjaan tersebut.

Lantas, bagaimana tren teknologi untuk 2022? Apa saja jenis teknologi yang akan booming dan digunakan oleh banyak orang atau organisasi untuk menjalankan kegiatannya?

Peningkatan signifikan AI

Tahun 2022 akan menjadi tahun di mana Anda bisa melihat peningkatan artificial intelligence (AI) secara signifikan. AI diprediksi akan terus berkembang dan berekspansi dalam segala hal, misalnya kepuasan pelanggan dan konsumen. 

Tingkat konektivitas di seluruh jaringan menjadi lebih sulit dikelola konsumen dan bisnis. Baik itu untuk pengawasan, komunikasi, perlindungan data, atau pengelolaan interaksi lainnya, AI menjadi satu-satunya pilihan untuk mengelola hubungan konektivitas yang kompleks tersebut hingga tahun 2022 dan seterusnya.

Hyperautomation

Tren teknologi yang juga akan Anda temukan pada 2022 adalah hyperautomation. Hyperautomation adalah kombinasi dari AI dan machine learning (ML) untuk mengautomasi pekerjaan yang lebih kompleks. Teknologi ini sering kali digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengautomasi proses bisnis.

Hyperautomation dapat membantu menganalisis, menemukan, merancang, mengukur, memantau, hingga menilai balik sebuah informasi. Prioritas utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas kerja, mempercepat proses bisnis, dan membantu dalam membuat keputusan.

Teknologi khusus untuk remote working

Pandemi COVID-19 membuat kita sadar bahwa bekerja dari rumah sangat memungkinkan untuk dilakukan dengan efektif. Keadaan ini juga menjadi pemicu berbagai inovasi baru dalam bidang teknologi. Perangkat khusus untuk remote working diprediksi akan menjadi tren teknologi pada 2022. Contohnya seperti perangkat lunak untuk kolaborasi kerja.

Untuk memastikan pekerjaan benar-benar berjalan dengan efektif meski seluruh karyawan bekerja secara remote, dibutuhkan sebuah software kolaborasi kerja seperti Smartsheet. Dengan Smartsheet, sangat mungkin untuk mengelola proyek, mengautomasi pekerjaan, dan membuat solusi-solusi baru melalui berbagai tools. Buktikan sendiri dengan menghubungi kontak tim Sunartha selaku penyedia layanan resmi Smartsheet di Indonesia!

Selain itu, di Smartsheet juga terdapat digital asset management di mana Anda bisa menyimpan dan mengelola semua aset digital dengan aman. Dilengkapi pula dengan Brand Intelligence, Anda bisa mengetahui siapa yang menggunakan aset, di mana aset tersebut digunakan, dan konten yang punya performa tertinggi.

Autentikasi tanpa passwords

Kebanyakan pengguna diprediksi tidak akan lagi menggunakan password untuk akun pribadinya. Diharapkan pula banyak organisasi dan perusahaan mengikuti autentifikasi tanpa password untuk akun perusahaan mereka. Sedangkan pada smartphone, akses berbasis biometrik sudah umum dilakukan. Hal ini diprediksi akan menjadi salah satu tren teknologi pada tahun depan.

Decision Intelligence

Teknologi decision intelligence (DI) mengikuti model dari augmented human, sebuah konsep di mana manusia menggunakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan dirinya. Dalam bisnis, banyak perusahaan yang masih kekurangan struktur dalam pengambilan keputusan. Decision intelligence berusaha mengatasi hal tersebut.

Cara yang dilakukan teknologi ini adalah dengan membuat model keputusan berulang kali. Berdasarkan proyeksi Gartner, dalam dua tahun ke depan, satu per tiga perusahaan besar akan menggunakan decision intelligence untuk membuat struktur pengambilan keputusan.

Chatbots yang lebih efektif dan efisien

Chatbots diprediksi akan menjadi tren teknologi yang booming pada 2022 dan digunakan oleh banyak orang. Teknologi satu ini terbukti sangat efektif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Dengan perkembangan AI dan ML, teknologi chatbots diposisikan akan terlihat berbeda secara fundamental menjelang tahun 2022.

Dilihat dari prediksi tren teknologi 2022, automasi, artificial intelligence, serta machine learning akan semakin mendominasi kehidupan kita. Berbagai tren teknologi ini diharapkan dapat semakin memudahkan pekerjaan dan bahkan kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah mendorong terjadinya perkembangan teknologi yang begitu cepat. 

Artikel menarik Sunartha lainnya:

6 Tips Meningkatkan Efektivitas Kerja Sama Tim dalam Organisasi

Tingkatkan Produktivitas dan Efektivitas Kerja dengan Smartsheet

Tingkatkan Efektivitas Kerja dengan Membuat To-do List



Leave a Reply

3 × 5 =