7 Jenis Visualisasi Data untuk Mudahkan Analisis

7 Jenis Visualisasi Data untuk Mudahkan Analisis

Jenis visualisasi data

Visualisasi data adalah tampilan visual yang berisi informasi dan data. Hal ini merupakan salah satu usaha dalam menganalisis dan menyajikan data ke pengguna. Visualisasi data sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau pelaku usaha agar bisnis dapat dijalankan dengan lancar dan semakin berkembang.

Tujuan penggunaan visualisasi data adalah mengomunikasikan informasi dan data bisnis secara lebih jelas dan efektif dengan tampilan grafis. Dengan begitu, pengambil keputusan perusahaan akan lebih mudah dan praktis untuk melihat dan meninjau hasil serta progress kerja perusahaannya. Untuk memudahkan analisis, berikut ini tujuh jenis visualisasi data yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Multidimensi

Salah satu jenis visualisasi data yang tidak asing diketahui dan digunakan adalah multidimensi. Visualisasi data multidimensi biasanya berupa histogram, pie chart, atau stacked-bar. Jenis tampilan ini biasanya cocok untuk mempresentasikan secara ringkas data yang memiliki banyak variabel dan dimensi.

Penanda variabel dan dimensi yang banyak dan berbeda biasanya menggunakan pemilihan warna dan ukuran (tinggi, besar) yang berbeda pula. Dengan begitu, meski data yang divisualisasikan banyak, adanya tampilan mencolok dan menarik membuat data tetap mudah dipahami.

Hierarki

Hierarki merupakan salah satu jenis visualisasi data yang juga tidak asing digunakan dan diketahui. Tipe ini biasanya memampilkan bagan yang bercabang, misalnya adalah diagram pohon. Umumnya, visualisasi data hierarki digunakan untuk menunjukkan hubungan antara sebuah kelompok dengan kelompok lain yang lebih besar. Jenis visualisasi data hierarki ini cocok digunakan untuk menunjukkan data-data baru yang berasal dari suatu penyebab.

Temporal

Jenis visualisasi data selanjutnya adalah temporal. Tipe temporal biasanya digunakan untuk hasil dari rangkaian data yang berbentuk linear atau hanya satu dimensi. Ciri utamanya adalah berbentuk garis horizontal, memiliki titik-titik tertentu sebagai penanda data. Garis yang digunakan untuk menampilkan data ini bisa berdiri sendiri, bisa pula bersinggungan dengan garis yang lain. 

Geospasial

Jika jenis visualisasi data temporal berbentuk garis, maka jenis geospasial ini berbentuk sejenis peta yang menyerupai heatmap dan kartograf. Visualisasi data yang ditampilkan biasanya merepresentasikan wujud nyata dari suatu benda atau ruang. Karena berbentuk sejenis peta, jenis Geospasial ini pun sering digunakan untuk menunjukkan pemetaan penyebaran hasil penjualan di suatu wilayah, pertumbuhan bisnis, dan menunjukkan flow pada suatu UX. 

Network

Untuk jenis visualisasi data network, biasanya menampilkan sekumpulan data yang saling berpengaruh satu sama lain. Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk melihat dan menganalisis hubungan antardata dalam jenis visualisasi data network. Data-data tersebut disusun sedemikian rupa yang diisi oleh beragam kata/informasi pendek yang saling terkait. Tampilan yang biasanya digunakan pada jenis ini adalah word cloud dan node link diagram.

Berdasarkan area dan ukuran

Jenis visualisasi data berdasarkan area dan ukuran biasanya menampilkan perbedaan antara nilai indeks yang berkorespondensi dengan indikator secara jelas. Jenis ini ditampilkan dengan grafis yang mencolok, misalnya dengan membedakan panjang, tinggi, atau area dari grafis yang sama (bentuk kolom, spider, cincin, dan lain-lain).

Dengan tampilan ini, Anda bisa lebih mudah membaca dan menganalisis data. Contoh penggunaan  berdasarkan area dan ukuran adalah diagram perusahaan, diagram data tertentu berdasarkan kota, dan peta dana.

Berdasarkan grafik atau bagan

Jenis visualisasi data berdasarkan grafik atau bagan ini paling umum digunakan. Biasanya, ia menampilkan indikator atau data sederhana maupun kompleks dengan tujuan agar pengguna lebih mudah memabaca dan memahami data yang disajikan. Data yang ditampilkan pun disajikan secara ringkas dan jelas. 

Dari beragam jenisnya tersebut, apakah Anda bingung harus memilih yang mana? Jangan khawatir! Anda bisa dapatkan beragam visualisasi data dengan menggunakan Tableau. Tableau adalah software khusus yang dirancang untuk visualisasi data agar memudahkan penggunanya.

Selain dapat lebih cepat dan mudah untuk menyusun dan menyajikan data, Tableau juga menawarkan fitur tambahan menarik, yakni integrasi. Dengan begitu, laporan dan data analisis yang Anda sajikan akan lebih berkualitas. Saat ini, Tableau pun memberikan layanan free trial selama 14 hari. Anda tertarik mencoba? Hubungi tim Sunartha untuk informasi lebih lanjut mengenai Tableau!

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Mengenal Profesi Business Intelligence dan Tugasnya

Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

Belajar Tableau Basic untuk Pemula



Leave a Reply

one × 5 =