Belajar Tableau Membuat Year to Date (YTD)

Belajar Tableau Membuat Year to Date (YTD)

Belajar Tableau Membuat Year to Date
Belajar Tableau Membuat Year to Date

Sumber Gambar: Sunartha

Blog Tentang Tableau

Selamat datang diblog Sun Artha yang akan membahas tentang Tableau dan tips sederhana bagi Anda yang saat ini sedang tertarik belajar yang namanya Tableau dan mungkin profesi Anda sebagai Analis juga.

Sebenarnya apa sih Tableau itu?

Ok, kalau mau tahu apa itu Tableau, bisa mampir disini ya, disitu dijelaskan singkat mengenai Tableau.

Apa itu Tableau?

Sekalian dilink tersebut Anda bisa mendownload Tableau ayng bisa digunakan gratis selama 14 hari. Bagi Anda pelajar atau mahasiswa yang ingin menggunakan lebih lama, bisa menghubungi saya ya di ask@sunartha.co.id

Ok, kita lanjutkan topik pembahasan hari ini yaitu belajar membuat Year To Date Calculation di Tableau.

Sudah siap? Download dulu yang namanya Tableau Desktop, bisa di Windows ataupun Mac OS. 

Belajar Tableau Membuat Year to Date (YTD)

Setelah melakukan instalasi Tableau, teman-teman semua bisa membuka aplikasi Tableau dahulu, tentunya kalau baru pertama kali install, diminta memasukkan seperti nama, alamat, email dll untuk proses registrasi pertama ya. 

Ok, kita buka dahulu tableaunya.

Tableau Screen
Tableau Screen

Karena masih kosong, kita ambil dulu sumber data yang kita miliki default dari Tableau. Untuk memudahkan kita saja ya. 

Open New Data Tableau
Open New Data Tableau

Sesudah itu, karena kita ingin membuat analisa berapa ya jumlah penjualan kita dalam data tersebut selama 1 tahun periode. Contohnya seperti ini. Data yang ada di Sample Superstore mempunyai 4 tahun periode seperti gambar dibawah ini.

4 Tahun Sales Superstore
4 Tahun Sales Superstore

Jadi nanti begitu kita tarik datanya, akan berupa jumlah dari penjualan yang di 2015 saja contohnya, Year To Date. Biasanya juga ada kombinasi filter sehingga bisnis user bisa memilih periode yang ada. Yuk kita buat dulu calculated fieldnya.

Saya kasi ya rumusnya disini:

[Order Date] <= [Date] AND
DATETRUNC(“year”, [Order Date]) = DATETRUNC(“year”, [Date])

Ok, logicnya begini.

Order Date adalah tanggal pemesanan (sudah ada disampel data) tetapi saya buat [Date] karena saya ingin membuat filter berdasarkan parameter ditableau.

Jadi tanggal order lebih kecil sama dengan data di date saya dimana karena datetrunc harus difilter berdasarkan tahun untuk kedua data tersebut.

Ok, kita lanjut ya. Step berikutnya harus kita jadikan filter dahulu calculated ini. Caranya? Drag saja ke Filter seperti gambar dibawah.

Filter YTD Sales
Filter YTD Sales

Lalu cukup masukkan Data Sales yang kita punya, nanti data Date yang kita miliki, akan menunjukkan nilai penjumlahan selama setahun. Oiya, saya berikan tampilan untuk parameter datenya dulu ya.

Parameter Date
Parameter Date

Bagaimana, sudah bisa?

Tertarik belajar yang lain?

Tertarik untuk mempelajari Tableau secara lebih mendalam? Kita punya solusinya, hubungi Mba Euis dinomor berikut untuk tahu kapan jadwal training kita berikutnya. No whatsapp nya disini ya 0815 8690 2500  

Dan apabila temen-temen yang tertarik untuk bergabung dengan tim Sun Artha sebagai Tableau Developer dan Consultant, bisa mampir diwebsite kami untuk apply dibagian Career ya. 

Salam

Daru

Artikel lain yang dapat Anda baca:

Salesforce Membeli Tableau

Mencari Tim yang Tepat



2 Comments

Leave a Reply

six − 5 =