Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

6 Fitur Odoo yang Akan Membantu Manajemen Proyek

6 Fitur Odoo yang Akan Membantu Manajemen Proyek
Daftar Isi

    Photo credit: Wikimedia Commons

    Manajemen proyek adalah hal yang sangat penting ketika berbicara mengenai bisnis. Sebuah usaha yang berhasil tentunya diiringi dengan proses pembagian yang tepat, mulai dari pembagian keuntungan, pembagian tugas karyawan, sampai pembagian strategi pemasaran yang tepat pada setiap platform digital.

    Untuk memperoleh itu semua, perlu adanya dukungan teknologi supaya kerja Anda lebih mudah dalam mengelola usaha. Untungnya, sudah ada aplikasi ERP bernama Odoo di zaman yang telah modern ini. Bersama Odoo, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya untuk membantu proses manajemen proyek. Apa sajakah fitur-fitur tersebut?

    1. Calendar View

    Salah satu fitur yang ada di Odoo adalah calendar view. Fitur ini membuat Anda dapat melihat seberapa banyak tugas yang mesti dikerjakan pada periode waktu tertentu. Hal itu tentunya akan sangat bermanfaat karena bisa membuat kerja operasional bisnis jadi lebih tertata dan efisien.

    Contoh nyata manfaat calendar view juga tak hanya terasa pada pemimpin perusahaan, melainkan juga pada anak buah Anda yang tugasnya cukup beragam. Misalnya, divisi media sosial umumnya akan memiliki beberapa tugas sekaligus dalam sehari. Untuk mempermudah mereka dalam menjalankan tugasnya, calendar view tentu diperlukan.

    2. Task Management

    Menjalankan sebuah usaha tentu akan melibatkan banyak aspek supaya bisnis tersebut bisa mencapai titik keberhasilan yang diinginkan. Dengan banyaknya detail yang mesti diselesaikan, pemilik usaha mungkin bisa merasa overwhelm dan berakhir burnout. Itulah mengapa memiliki fitur task management itu penting.

    Task management atau manajemen proyek yang ada di aplikasi Odoo akan mempermudah Anda menjalankan setiap tugas bisnis, bahkan sampai di bagian terkecil sekalipun. Fitur ini juga akan memperlihatkan progres pengerjaan masing-masing tugas yang mesti diselesaikan pada periode waktu tertentu. Sehingga, Anda bisa memantau semuanya berjalan sesuai rencana.

    3. Kolaborasi Real-time

    Sinkronisasi yang bersifat real-time pada aplikasi ini juga membuat proses kolaborasi berjalan dengan maksimal. Bayangkan, apabila Anda memiliki bisnis yang dijalankan dari berbagai tempat, isu keterlambatan laporan pengerjaan mungkin akan sangat mengganggu. Misalnya, task yang seharusnya sudah selesai dijalankan, terlambat dilaporkan ke atasan, sehingga membuat divisi lain tertunda memeriksanya. Hal-hal semacam itulah yang mestinya dihindari jika ingin bisnis lancar.

    Untungnya, sistem ERP Odoo memberikan kemudahan bagi Anda dalam hal ini. Tools ini telah dipersenjatai dengan kolaborasi real-time, sehingga bisa memperoleh update dari setiap divisi atau task yang dijalankan perusahaan. Dengan begitu, bisnis Anda memungkinkan dilakukan dari jarak jauh dan akan mempermudah alur kolaborasi antar-tim di dalamnya. Pada akhirnya, hal semacam ini dapat mengantarkan Anda ke kesuksesan bisnis yang ingin dicapai.

    4. Kanban View & Gantt Chart

    Tidak ada hal yang lebih menyenangkan dari kemudahan aplikasi atau sebuah sistem. Jika Anda adalah salah satu orang yang mendambakan hal tersebut, Odoo memberikan Kanban view dan Gantt chart untuk mempermudah operasional bisnis Anda. Memangnya, seperti apa peran kedua fitur tersebut untuk kelancaran kolaborasi perusahaan?

    Kanban view akan mempermudah Anda dalam menambahkan tugas baru, mengganti nama proyek, atau menghapusnya. Hal itu disebabkan oleh fitur drag and drop yang diterapkan dalam sistem Odoo. Sementara itu, Gantt chart dapat memberikan kesan yang mudah dimengerti oleh semua divisi karena ditampilkan dalam bentuk bagan.

    5. Timesheet

    Time is money adalah istilah yang sudah sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika berbicara tentang bisnis. Sebagai pelaku usaha, Anda tentu mengetahui istilah tersebut, bahkan mungkin telah mengilhaminya dengan baik. Itulah mengapa Odoo berusaha memberikan fitur yang dapat mempermudah atau meringankan kerja Anda.

    Sistem ERP Odoo memiliki timesheet atau kalender waktu yang dapat menampilkan perkembangan tugas, sehingga Anda bisa memantau progres pengerjaan setiap task yang sedang berjalan. Fitur ini juga bisa memberikan prediksi, kapan sebuah tugas bisa diselesaikan oleh divisi tertentu. Dengan begitu, Anda dapat mengatur strategi selanjutnya agar bisnis bisa lebih cepat berkembang.

    6. Task Analysis

    Fitur terakhir yang sangat menarik dari sistem ERP ini adalah task analysis. Fitur ini memungkinkan pemangku kepentingan perusahaan mengetahui perkembangan proyek dari hasil pelaporan Odoo. Jadi, Anda bisa lebih cepat dan tepat saat akan mengambil keputusan yang bersangkutan dengan keberlangsungan bisnis.

    Sekarang Anda sudah mengerti, bukan, bahwa sistem ERP itu penting untuk manajemen proyek? Dengan berbagai fitur yang telah disebutkan di atas, terbukti jika Odoo bisa dibilang sebagai software untuk manajemen proyek terbaik. Jika tertarik untuk mengimplementasikan sistem ini pada bisnis Anda, silakan kunjungi website Sunartha atau kontak tim Sunartha via WA!

    Bagikan Artikel