Jadi sekarang bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, sebagai pengusaha tentunya Anda ingin bisnis terus maju mencapai titik maksimal. Ketika sedang berada dalam kondisi yang menguntungkan, mungkin Anda berpikir untuk mulai melakukan diversifikasi, mulai melirik hal lain yang masih berhubungan dengan bisnis inti, agar tidak melakukan hal yang itu – itu saja.
Rencana diversifikasi ini memang langkah yang tepat untuk Anda lakukan karena semakin besar bisnis Anda, semakin beragam produk yang Anda pasarkan, semakin luas kriteria pelanggan setia Anda maka semakin besarlah kekuatan bisnis Anda di pasaran. Selain itu, diversifikasi bisnis merupakan cara untuk mengelola resiko karena Anda tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang saja. Jika satu ‘keranjang’ ternyata bukan tempat yang baik untuk menyimpan ‘telur’, setidaknya Anda masih memiliki keranjang – keranjang lainnya.
Namun bagaimana cara menentukan ‘pembagian telur dalam berbagai keranjang’ ini? Apa yang perlu dilakukan untuk dapat mengetahui telur mana yang baik di keranjang yang mana? Tentunya Anda perlu melakukan analisa bisnis dengan cepat dan tepat. Jika ini terdengar seperti menambah panjang daftar tugas Anda, ikutilah cara strategis mengatur waktu.
Melakukan analisa bisnis dengan cepat dan tepat bukanlah suatu hal yang mustahil.
Proses analisa bisnis tidak boleh memakan waktu lama karena itu akan mengecilkan peluang Anda untuk mendapat hasil yang maksimal. Bayangkan, jika Anda berlama – lama pada proses analisa dan tidak take action, maka orang lain akan mengambil kesempatan yang ada. David Ogilvy – The Father of Advertising, pernah berkata “We sell or else.” Jika bukan kita yang menjualnya maka orang lain yang akan melakukannya.
Berikut ini beberapa kiat agar Anda dapat melakukan analisa bisnis yang cepat dan tepat:
-
Kerja sama yang baik antar tim yang bekerja dalam project atau aspek yang akan dianalisa. Hal ini menjadi penting karena dengan partisipasi mereka yang pernah mengerjakan project tersebut maka semua dokumen dan informasi yang dibutuhkan untuk proses analisa dapat dimiliki dalam waktu singkat.
-
Kolaborasi antara tim project dan business analyst serta para ahli bidang. Dalam hal ini, mereka akan membutuhkan akses yang luas terhadap bidang yang akan dianalisa.
-
Business tools yang terstandar dan terpercaya untuk dipakai dalam proses analisa ini. Banyak tools yang ditawarkan di pasaran, pastikan Anda memilih tools yang dengan cepat menganalisa bisnis Anda. Secepat 15 menit, misalnya. Why not? Anda dapat memperoleh bisnis tools semacam ini, di sini.
-
Business Analyst yang handal dan berpengalaman sehingga ia sudh terbiasa melakukan proses ini dengan tangkas. Agility is what we need.
Tidak perlu waktu lama untuk melakukan analisa bisnis yang cepat dan tepat, bahkan jika Anda membutuhkan mitra Business Analyst yang berpengalaman kami dapat membantu Anda. Hubungi kami sekarang juga, dapat melalui whatsapp kami dengan Mba Euis di 0815 8690 2500
PT SUN ARTHA PUTRA MANDIRI
Head Office:
One Pacific Place Sudirman Central Business District
15th Floor, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190
P (021) 2550 2629 F (021) 2550 2555 E ask@sunartha.co.id