Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

Cara Kerja Menggunakan Tanda Tangan Digital di Signiflow

Daftar Isi

    Dokumen kerja sama perusahaan maupun perjanjian kontrak kerja sekarang ini lebih banyak dalam bentuk online atau digital. Dokumen resmi dan penting ini tidak lagi dicetak, melainkan dibiarkan dalam bentuk digital dan disimpan di komputer maupun drive. Oleh karena itu, menandatangani dokumen pun sekarang bisa lewat online, tanpa perlu mencetak kemudian memindainya ulang. Mari simak cara kerja Signiflow yang memudahkan Anda dalam membubuhkan tanda tangan digital!

    Cara kerja Signiflow

    Signiflow adalah sebuah software tandatangan digital yang biasa dipakai di tingkat pribadi hingga korporasi. Fungsi utama dari software ini adalah untuk memudahkan Anda membubuhkan tanda tangan pada dokumen bisnis, kontrak kerja, perjanjian kerja sama, dan lainnya. Dengan Signiflow, Anda tidak perlu mencetak dokumen digital dalam bentuk kertas, menandatanganinya secara manual, kemudian memindainya ulang, dan mengirimkan kembali ke pengirim.

    Baca Juga: Cara Mudah Tanda Tangan Digital Menggunakan Signiflow

    eSignatures pada Signiflow &  fiturnya

    Pada software tanda tangan digital Signiflow, Anda akan menemukan eSignatures dengan beragam fitur canggihnya. eSignatures adalah satu-satunya platform tanda tangan digital yang memungkinkan Anda memilih antara Electronic Signatures dan Digital Signatures tanpa biaya tambahan. 

    Electronic Signatures atau Tanda Tangan Elektronik bisa difungsikan untuk dokumen kontrak mendasar atau persetujuan internal. Sedangkan, Digital Signatures atau Tanda Tangan Digital ditujukan untuk kebutuhan yang lebih luas, dengan keamanan maksimal dan peraturan terkait akses tanda tangan. Fitur eSignatures pada Signiflow di antaranya adalah:

    1. Electronic Signatures (Tanda Tangan Elektronik)
    2. Digital Signatures (Tanda Tangan Digital)
    3. FaceSign (Tanda Wajah)
    4. FaceSign with 3D Liveness (Tanda Wajah dengan Keaktifan 3D)
    5. Digital Signature Security (Keamanan Tanda Tangan Digital)
    6. Trusted Timestamping (Stempel Waktu Tepercaya)
    7. Secure Audit (Audit Aman)
    8. Public Key Infrastructure  (Infrastruktur Kunci Publik) 
    9. Advanced Electronic Signatures (Tanda Tangan Elektronik Tingkat Lanjut)
    10. Qualified Electronic Signatures (Tanda Tangan Elektronik Terkualifikasi)

    Baca Juga: Cara Menggunakan SigniFlow, Aplikasi Tanda Tangan Digital untuk Bisnis

    Cara tandatangan digital dokumen di Signiflow

    1. Klik link pada email atau pesan yang dikirimkan oleh pengirim dokumen.
    2. Konfirmasi identitas pribadi Anda, kemudian masukkan kode OTP yang diterima di smartphone, dan buat password untuk melindungi tanda tangan digital.
    3. Ikuti petunjuk yang ada pada layar untuk membuat dan membubuhkan tanda tangan pada dokumen digital.

    Penjelasan mengenai Workflow Engine & fiturnya

    Workflow Engine pada Signiflow berguna untuk mengatur dokumen alur kerja yang terdiri dari satu maupun lebih dokumen digital. Workflow Engine memungkinkan Anda untuk menggunakan formulir, menyimpan template, atau mengimpor dokumen dari aplikasi favorit. Dokumen alur kerja ini bisa untuk persetujuan manajemen internal maupun untuk pelanggan. Anda bisa mengirim satu atau beberapa dokumen dalam satu alur kerja. Kemudian, tambahkan tanda tangan satu orang maupun lebih dalam sebuah urutan, baik sebagai grup maupun kombinasi keduanya.

    Fitur Workflow Engine pada Signiflow di antaranya adalah:

    1. Import Documents (Impor Dokumen)
    2. Small to Large Doc Formats (Format Dokumen Kecil hingga Besar)
    3. Configure Documents (Konfigurasi Dokumen)
    4. Create Workflows (Membuat Alur Kerja)
    5. Set Signatures Types (Atur Tipe Tanda Tangan)
    6. Set User Authentication Methods (Atur Metode Otentikasi Pengguna)
    7. Save Workflow Templates (Simpan Template Alur Kerja)
    8. Mobile Phone Authentication (Otentikasi Smartphone)
    9. Gov Digital Identity (Identitas Digital Pemerintah)

    Baca Juga: 5 Keunggulan Menggunakan Aplikasi Tanda Tangan Digital dalam Bisnis

    Cara mengirim dokumen di Signiflow

    1. Masuk ke Signiflow
    2. Buat alur kerja baru
      Impor dokumen Anda atau pilih dari template yang sudah tersimpan.
    3. Pilih siapa yang membutuhkan persetujuan (Approve), tanda tangan digital (eSign), atau melihat dokumen (View).
    4. Hubungkan dokumen ke Portofolio yang sudah ada, buat Portofolio baru atau kirim sebagai dokumen satuan.
    5. Pilih pengaturan seperti:
      Tipe tanda tangan yang diperlukan
      Bahasa yang digunakan oleh penerima dokumen
      Izinkan/tolak proxy.
    6. Siapkan dokumen
      Penempatan tanda tangan
      Hamparan formulir
    7. Terbitkan alur kerja

    Penjelasan mengenai Portofolio pada Signiflow & fiturnya

    Portofolio pada Signiflow menawarkan fitur untuk mengunggah, membagikan, dan menandatangani dokumen apapun untuk ditandatangani. Ketika Anda berbagi Portofolio di Signiflow dengan orang lain, berarti mereka dapat mengunggah dokumen pendukung saat menandatangani atau langsung ke portal.

    Sementara itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan aktivitas digital ini melalui email. Portofolio pada Signiflow bisa jadi tempat di mana kontrak yang sudah ditandatangani diarsipkan dengan rapi untuk kemudian dikelola atau ditemukan dengan mudah di kemudian hari.

    Fitur Portofolio pada Signiflow:

    1. Secure Document Portal (Lindungi Portal Dokumen)
    2. Share Portfolios (Berbagi Portofolio)
    3. Create Workflows (Buat Alur Kerja)
    4. Collect Attachments (Kumpulkan Lampiran)
    5. Portfolios Logs (Log Portofolio)

    Cara mengelola dokumen di Portofolio Signiflow

    1. Mengunggah banyak dokumen akan otomatis membuat Portofolio.
    2. Membuat Portofolio setelah mengunggah dokumen akan otomatis menautkan dokumen itu ke Portofolio.
    3. Menautkan dokumen ke Portofolio yang ada akan secara otomatis menambahkan dokumen ke Portofolio tertentu.
    4. Buat alur kerja dari dokumen yang diunggah ke Portofolio.
    5. Buat penampung unggahan dalam Portofolio dan bagikan Portofolio dengan siapa pun untuk mengunggah dokumen bernama ke dalam Portofolio Anda.
    6. Buat tempat penampung unggahan dalam alur kerja bagi penanda tangan untuk mengunggah dokumen pendukung saat menandatangani dokumen. Semua dokumen yang diunggah akan disimpan dengan rapi di Portofolio agar Anda dapat melihat atau membuat tindakan lebih lanjut.

    Baca Juga: Tanda Tangan Digital, Bagaimana Kekuatan Hukumnya di Indonesia?

    Itulah fitur dan cara kerja Signiflow sebagai software untuk menambahkan tandatangan digital pada dokumen online dan mengelolanya. Tidak hanya menambahkan tanda tangan digital, Signiflow juga memungkinkan Anda untuk mengelola dokumen bersama dengan orang lain. Cobalah Signiflow untuk bisnis Anda sekarang juga dengan menghubungi tim Sunartha di sini!

    Bagikan Artikel