Hubungi Kami

Tim kami siap untuk membantu Anda.

Sunartha Element
Sunartha Element

untuk Kembangkan Bisnis, Ini Dia Cara Kerja Data Warehouse

Cara kerja data warehouse
Daftar Isi

    Data Warehouse Gudang Data untuk Kembangkan Bisnis, Ini Dia Cara Kerja Data Warehouse

    Setelah membangun sebuah bisnis, Anda perlu untuk terus menjaga serta mengembangkannya ke ranah yang lebih luas. Pada proses tersebut, Anda memerlukan gudang data atau yang disebut sebagai data warehouse. Di era digital yang semakin maju, perangkat ini diperlukan sebagai tempat pengumpulan data dari berbagai sumber supaya manajemen data perusahaan menjadi lebih baik dan rapi. Memangnya, seperti apa cara kerja data warehouse?

    Apa itu data warehouse?

    Sebelum mengetahui cara kerja data warehouse, penting untuk mengetahui pengertiannya terlebih dulu. Data warehouse adalah perangkat yang menjadi tempat pengumpulan data dari berbagai sumber. Sistem ini dapat mengorganisasi data secara lebih baik dan rapi sehingga memudahkan proses analisis dan pelaporan.

    Keberadaan data warehouse sudah ada sejak 1990-an. Pada saat itu, data warehouse digunakan sebagai pendukung perusahaan dalam mengambil keputusan lantaran maraknya decision support system. Seiring berjalannya waktu, data warehouse semakin memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan di perusahaan dan disebut sebagai pendukung aktivitas dari Business Intelligence.

    Baca juga: 5 Tanda Anda Siap Mengembangkan Bisnis pada 2022

    Ciri khas data warehouse

    Sebagai sebuah perangkat lunak atau software, data warehouse memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dari database. Berikut adalah empat ciri data warehouse.

    • Data terintegrasi

    Berbagai data yang tersimpan dalam data warehouse telah dikumpulkan dalam satu perangkat karena data-data tersebut telah terintegrasi dengan baik oleh software gudang data.

    • Berorientasi pada subjek

    Data yang berorientasi pada subjek memiliki arti bahwa data-data dari berbagai dimensi waktu telah terintegrasi atau menyatu dalam sebuah unit tertentu.

    • Memiliki rentang waktu

    Data dalam data warehouse memiliki rentang waktu sesuai dengan strategi bisnis yang sedang dijalankan. Misalnya, data warehouse menampilkan berbagai data dengan rentang waktu satu bulan. Dengan demikian, analisis data nantinya akan didasarkan pada perubahan yang terjadi selama rentang waktu tersebut.

    • Data bersifat tetap

    Satu hal yang pasti dari cara kerja data warehouse adalah bahwa data-data yang tersimpan di dalamnya bersifat tetap. Artinya, data-data yang telah tersimpan tidak dapat berubah atau diganti secara manual.

    Bagaimana cara kerja data warehouse?

    Data warehouse terdiri dari tiga tingkatan. Tingkat paling dasar disebut sebagai database yang bertugas untuk mengumpulkan berbagai data dari bermacam-macam sumber. Data kemudian disebar dalam berbagai tabel sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan. Pada tingkat kedua, ada yang disebut sebagai sistem penganalisis. Pada tahap ini, data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis. Kemudian, pada tahap tertinggi, ada yang disebut sebagai front-end client yang memuat hasil analisis, pelaporan data, dan alat data mining.

    Tak hanya menyimpan berbagai data perusahaan, data warehouse juga dapat memberikan data para pelanggan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memutuskan produk-produk apa yang akan dijual. Dengan begitu, produk yang dihasilkan pun mampu menjawab permintaan pasar.

    Data warehouse berhubungan erat dengan Business Intelligence

    Cara kerja data warehouse berhubungan dengan Business Intelligence. Business Intelligence adalah seperangkat alat yang dapat memberi makna pada data mentah, sehingga memudahkan proses analisis dan pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan. Walau begitu, keduanya merupakan dua hal yang berbeda. 

    Data warehouse bertugas mengumpulkan data dari berbagai sumber, mengategorikan data tersebut, dan mempersiapkannya untuk proses analisis. Sementara itu, Business Intelligence bertugas untuk melakukan persiapan, analisis, dan memvisualkan data.

    Memiliki data yang tersusun secara rapi merupakan sebuah kunci bagi perusahaan yang berkembang. Tak hanya rapi dan mudah dipahami, data-data tersebut juga perlu diolah untuk melihat kinerja sebuah perusahaan. Selanjutnya, perusahaan dapat mengambil keputusan terkait strategi yang ditetapkan berdasarkan data yang telah terolah. Maka, penting untuk mengetahui cara kerja data warehouse demi mengembangkan bisnis Anda. Segera konsultasikan data warehouse yang sesuai bagi usaha Anda bersama Sunartha!

    Bagikan Artikel