Cara Menggunakan SigniFlow, Aplikasi Tanda Tangan Digital untuk Bisnis
SigniFlow adalah e-signature canggih yang mudah dipakai dan menawarkan alternatif berbasis PDF sesuai hukum untuk tanda tangan tinta basah. Solusi e-signature yang menawarkan unggahan dokumen dan portal penyimpanan ini memberi kendali penuh atas akses pengguna.
Aplikasi untuk bisnis ini melayani bisnis dari semua ukuran di berbagai industri, seperti perbankan, asuransi, kesehatan, layanan keuangan, sektor publik, dan hukum. SigniFlow pun bisa dipakai di Cloud, SaaS, dan Windows (On-Premise). Lalu, bagaimana cara menggunakan SigniFlow? Berikut informasinya.
Apa itu tanda tangan digital?
Fitur ini adalah teknik matematika yang digunakan untuk memvalidasi keaslian dan integritas pesan, perangkat lunak, atau dokumen online. Kegunaannya setara tanda tangan tulisan tangan atau stempel, namun menawarkan tingkat keamanan lebih tinggi. Fitur ini muncul sebagai solusi untuk masalah peniruan identitas dalam komunikasi digital. Di banyak negara, termasuk Indonesia, tanda tangan digital dianggap mengikat secara hukum, sama seperti tanda tangan dokumen tulisan tangan fisik.
Namun, berbeda dengan yan fisik, tanda tangan digital didasarkan pada kriptografi kunci publik (kriptografi asimetris). Algoritma kunci publik, seperti RSA (Rivest-Shamir-Adleman), dipakai untuk menghasilkan dua kunci yang terhubung secara matematis, yaitu kunci pribadi dan kunci publik yang saling mengautentikasi.
Kunci pribadi dipakai untuk mengenkripsi data terkait tanda tangan, sedangkan kunci publik penanda tangan adalah satu-satunya cara untuk mendekripsi data tersebut. Jika penerima tidak bisa membuka dokumen dengan kunci publik penanda tangan, tandanya ada masalah dengan dokumen atau tanda tangan digital yang digunakan.
SigniFlow memudahkan proses tanda tangan digital
SigniFlow memudahkan proses signing document karena merupakan platform e-signature yang memungkinkan Anda memilih antara tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital tanpa biaya tambahan. SigniFlow menawarkan dua jenis tanda tangan untuk semua pengguna. Sebagai pengguna, Anda dapat mengatur jenis tanda tangan per penerima.
Istilah elektronik dan digital mungkin memang terdengar serupa, namun keduanya sebenarnya berbeda. Tanda tangan digital adalah hasil dari proses kriptografi yang dipakai untuk mengautentikasi urutan data. Sedangkan, tanda tangan elektronik adalah istilah hukum yang didefinisikan secara legislatif.
Anda bisa meminta tanda tangan elektronik yang lebih cepat dan nyaman untuk kontrak yang lebih mendasar atau persetujuan internal, atau memastikan keamanan maksimum dan kepatuhan terhadap peraturan dengan menggunakan fitur ini gratis tepercaya dari SigniFlow. Tidak hanya itu, SigniFlow juga mendukung semua jenis tanda tangan elektronik lanjutan yang terakreditasi internasional dan tanda tangan elektronik berkualifikasi eIDAS yang terakreditasi secara internasional.
Baca Juga: Cara Mudah Tanda Tangan Digital Menggunakan Signiflow
Dengan SigniFlow, integritas dokumen (termasuk tanda tangan digital setiap individu) dapat diverifikasi di mana saja. Membantu banyak bisnis di seluruh dunia dalam aspek digitalisasi, SigniFlow memiliki tim ahli kriptografi, insinyur berpengalaman, dan arsitek automasi proses bisnis yang konsisten meningkatkan efisiensi bisnis melalui kekuatan digital. Fitur-fitur SigniFlow termasuk:
-
- Kontrol atau izin akses
- Pengarsipan dan retensi
- Jejak audit
- Autentikasi
- Alat kolaborasi
- Pelacakan kepatuhan
- Template yang dapat disesuaikan
- Keamanan data
- Pengambilan dokumen
- Klasifikasi dokumen
Cara menggunakan Signiflow
Cara menandatangani dokumen menggunakan Signiflow sangat mudah. Setelah menerima dokumen digital untuk ditandatangani, Anda bisa menggunakan SigniFlow dengan tiga langkah mudah berikut:
-
- Klik tautan pada email atau pesan teks yang Anda terima dari pengirim.
- Bergantung pada setelan keamanan pengirim, Anda mungkin perlu mengonfirmasi detail pribadi Anda, mengetik pin satu kali (OTP) yang diterima di ponsel, dan membuat kata sandi untuk melindungi tanda tangan.
- Setelah diautentikasi, dokumen akan terbuka. Ikuti petunjuk di layar untuk membuat tanda tangan Anda dan menandatangani dokumen.
Sangat mudah, bukan? Jika pengirim mengaktifkan opsi selama workflow setup, Anda akan menerima email dengan salinan dokumen yang ditandatangani segera setelah semua orang menandatanganinya. Apabila Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai produk ini atau hal penting lain terkait bisnis, hubungi WhatsApp Sunartha di link berikut!