Cara Mudah Tanda Tangan Digital Menggunakan Signiflow
Tanda tangan digital digunakan untuk memberikan validasi keaslian dan keabsahan sebuah pesan atau dokumen elektronik. Dengan teknik matematis yang didasarkan pada kriptografi kunci publik, algoritma kunci menghasilkan dua kunci yang bersifat publik dan pribadi sehingga memungkinkan untuk menyegel dokumen dan membuatnya tidak dapat dirusak.
Penggunaan tanda tangan dengan metode seperti ini dianggap setara, bahkan lebih aman daripada tanda tangan basah. Lalu, bagaimana cara menandatangani dokumen secara digital? Simak uraian singkat berikut ini!
Mengenal Teknologi Tanda Tangan Digital
Kemajuan teknologi membuat tanda tangan kini dapat dilakukan secara digital. Tanda tangan seperti ini dinilai lebih aman karena memberikan bukti identitas yang dapat diverifikasi secara digital menggunakan indikator kepercayaan yang dibangun pada tanda tangan dan disematkan dalam dokumen.
Selain aman dan terbukti validitasnya, tanda tangan secara digital juga dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Bagi Anda yang WFH (Work From Home), metode ini dapat membantu Anda untuk melegalkan surat atau dokumen hanya dengan berbekal laptop atau ponsel saja.
Anda juga dapat menandatangani kontrak kemudian mengirimkannya lewat surel pada atasan Anda yang berada di jarak yang sangat jauh dengan Anda. Waktu dan tenaga yang dikeluarkan menjadi lebih hemat, Anda pun dapat memanfaatkan waktu dengan lebih maksimal.
Baca Juga: Workflow Automation dan Keuntungan Menerapkannya di Perusahaan
Mudahnya Tanda Tangan Digital dengan SigniFlow
Anda dapat membuat tanda tangan secara digital dengan mudah jika menggunakan SigniFlow. Dibandingkan dengan sebagian platform eSign, SigniFlow menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol atas jenis tanda tangan yang digunakan. Dengan SigniFlow, Anda dapat menandatangani dokumen, meminta tanda tangan seseorang, memberlakukan sertifikat digital pribadi, atau bahkan kombinasinya.
Cara menggunakan SigniFlow sangat mudah, hanya membutuhkan tiga langkah saja untuk membuat tanda tangan Anda dalam bentuk digital:
- Klik tautan di email atau pesan teks yang Anda terima dari pengirim. Berdasarkan setelan keamanan pengirim, Anda mungkin perlu mengonfirmasikan detail pribadi Anda.
- Ketik one-time pin (OTP) yang masuk di ponsel Anda, kemudian buat kata sandi untuk melindungi identitas Anda. Setelah diautentikasi, dokumen akan terbuka.
- Ikuti petunjuk di layar untuk membuat tanda tangan Anda atau untuk menandatangani dokumen.
Jika pengirim mengaktifkan opsi selama persiapan workflow, Anda akan menerima email dengan salinan dokumen yang ditandatangani segera setelah semua pihak selesai menandatanganinya.
Penerapan SigniFlow dalam Berbagai Bidang
-
Perbankan
SigniFlow hadir dalam dunia perbankan untuk membantu sistem terintegrasi yang mengautomasi dan mendigitalkan pengiriman dokumen elektronik dengan perlindungan hukum. Seluruh track record para pelanggan direkam secara otomatis sehingga memaksimalkan kompleksitas integrasi dengan core banking, treasury, dan sistem layanan perusahaan. Pelayanan yang diberikan menjadi lebih baik, cepat, dan meningkat.
-
Layanan finansial
Dalam sektor finansial, SigniFlow memudahkan pemodal untuk mengirimkan kontrak ke pelanggan jarak jauh untuk melakukan eSignature. SigniFlow juga menyediakan workflow yang dapat dilacak, middleware mulus, pengingat otomatis, pengarsipan otomatis, dan log audit terperinci. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak bisnis dalam waktu yang singkat.
- Healthcare
Keperluan administrasi seperti mengelola resep, rekam medis pasien, dan asuransi kesehatan kini menjadi lebih mudah dengan bantuan SigniFlow. Catatan yang dilakukan secara manual mulai beralih ke digital. Dengan menggunakan SigniFlow Connect, dokter pun dapat menandatangani resep secara digital.
Baca Juga: Bisnis Lebih Efisien dengan Tool ini
-
Sektor publik
Sektor publik adalah unsur yang esensial dalam masyarakat, sehingga penerapan SigniFlow dapat sangat membantu untuk mempercepat sistem administratif. Dengan menggunakan eSign workflow system, waktu kerja dapat menjadi lebih efisien. SigniFlow juga memungkinkan Anda untuk menandatangani dokumen-dokumen jarak jauh dengan satu alur kerja. Proses legalitas kontrak juga dapat diselesaikan dengan efisien serta fleksibel.
Selain keperluan bisnis dan finansial, sektor-sektor pelayanan masyarakat juga mulai mengalami kemajuan teknologi. Salah satu bentuk kemajuan tersebut adalah digitalisasi tanda tangan. Hal ini dapat memudahkan semua urusan legalitas dan administrasi Anda. SigniFlow adalah opsi aplikasi tanda tangan terbaik karena dapat dioperasikan dengan mudah dan sudah diterapkan dalam berbagai bidang
Jika Anda butuh konsultasi lebih lanjut mengenai tanda tangan digital menggunakan SigniFlow, Anda dapat menghubungi kontak tim Sunartha di link berikut dan dapatkan promo untuk Anda pengguna baru!