Business Intelligence Tools Terbaik: Mengenal Tableau

Business Intelligence Tools Terbaik: Mengenal Tableau

Selamat Datang di Blog Sunartha

Business Intellegence Tools menjadi salah satu aset yang banyak dicari perusahaan di tengah perkembangan industri technologi yang menggaungkan Big Data. Di mana, pengambilan keputusan dan perimbangan langkah selanjutnya yang akan diambil, semua bergerak berdasarkan data.

Oh ya, hallo selamat membaca bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi blog Sunartha. Pada tulisan kali ini, kami akan membahas mengenai Business Intellegence (BI) tools yang sering dicari dan digunakan data analyst untuk mengolah dan menganalisis data perusahaan dengan visualisasi yang mudah untuk dibaca pengguna, yaitu Tableau.

Business Intelligence Tools: Mengenai Tableau
©tableau.com/products

Business Intelligence Tools

Business Intelligence (BI) adalah teknologi yang menggabungkan beberapa elemen penting dalam bisnis, seperti business analytics, data mining, visualisasi data, alat dan infrastruktur data yang akan membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan informasi dari data. Hal ini bertujuan untuk peningkatan kinerja usaha atau bisnis.

Berdasarkan tulisan pada artikel CIO, Business Intelligence tools melakukan akses dan menganalisa kumpulan data, lalu menyajikan temuan analitis ke dalam laporan, ringkasan, dashboards, grafik, dan bagan untuk memberikan gambaran terperinci mengenai keadaan bisnis kepada pengguna.

Secara umum, business intelligence merupakan sebuah proses untuk melakukan pengumpulan data-data operasional perusahaan yang dikumpulkan dalam sebuah data warehouse. Data pada warehouse diproses menggunakan berbagai analisis statistic dalam proses data mining, sehingga didapatkan berbagai pola dan instrument dari data.

Baca juga: Mengenal Data Mining

Hasil dari report atau ringkasan data disajikan kepada user yang merupakan pengambil keputusan pada bisnis. Dengan demikian, manajemen dapat mengambil keputusan berdasarkan fakta-fakta informasi dari data.

Data yang diolah dalam proses business intelligence didapatkan dari sistem operasional yang berjalan, oleh karena itu, business intelligence umumnya diterapkan pada perusahaan yang telah menggunakan sistem ERP. Dengan demikian, hasil proses dari business intelligence merupakan cermin kinerja perusahaan secara keseluruhan.

 

Fungsi Business Intelligence Tools

Fungsi utama dari business intelligence tools adalah sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan bisnis atau perusahaan, di mana sistem dan aplikasi ini menginterpretasikan data-data dalam suatu perusahaan ke dalam bentuk pengetahuan sebagai informasi.

Business intelligence juga bertujuan untuk menyajikan berbagai informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya. Data-data yang ada, kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk informasi yang mudah dicerna oleh pengguna untuk membantu pencapaian tujuan bisnis perusahaan.

Beberapa hal yang business intelligence tools lakukan untuk dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih berbasis data, seperti: mengidentifikasi cara untuk meningkatkan keuntungan, analisis perilaku pelanggan, membandingkan data penjualan ataupun keuntungan dengan competitor, melacak performa kerja, mengoptimalkan operasional, memprediksi masa depan dalam pengambilan keputusan, menganalisa trend market, hingga menemukan masalah.

 

Tableau: Business Intelligence Tools

Tableau merupakan business intelligence tools untuk memvisualisasikan data dan mengolah data menjadi informasi yang interaktif. Software ini, dapat digunakan untuk semua jenis bisnis dan organisasi. Dengan keunggulan fitur drag and drop yang sederhana, memudahkan pengguna untuk menganalisa data sesuai kebutuhan dan menghasilkan laporan data dengan kurun waktu yang relative cepat.

 

Jenis-Jenis Tableau

1. Developer Tools

Developer tools merupakan jenis software Tableau yang digunakan untuk merancang dashboard, grafik, chart, dan laporan. Tableau jenis ini terdiri dari Tableau Desktop dan Tableau Public.

Perbedaannya, Tableau Desktop bersifat berlangganan atau berbayar namun semua fitur Tableau dapat digunakan dan tidak terbatas koneksi ke berbagai sumber data. Cocok digunakan untuk mengolah data yang bersifat rahasia karena akan tersimpan dipenyimpanan desktop.

Sedangkan Tableau Public bersifat open source, gratis dan dapat diakses secara online. Namun, jumlah data yang diunggah terbatas 100 baris data dalam sekali koneksi data. Untuk penyimpanan, hanya dapat disimpan di Tableau Public Server. Oleh karena itu, Tableau Public lebih sering digunakan oleh pengguna yang sedang ingin mempelajari Tableau.

Terkait perbedaan Tableau Desktop dan Tableau Public lainnya, selengkapnya pada artikel berikut: Perbedaan Tableau Public & Tableau Desktop

 

2. Share Tools

Share tools merupakan perangkat yang digunakan untuk membagikan dan membaca data yang telah diolah dari Developer Tools. Produk Tableau pada jenis Share tools terdiri dari Tableau Online, Tableau Server, dan Tableau Reader. Pada perusahaan, umumnya Share tools yang digunakan adalah Tableau Server dan Tableau Reader.

 

Fitur-Fitur Tableau

Tableau dirancang untuk memberikan solusi bagi pengguna untuk mengolah data-data dan memvisualisasikannya tanpa koding. Tidak hanya itu, beberapa fitur unggulan Tableau lainnya:

1. Kecepatan analisis

Pengguna tidak diharuskan ahli dalam bahasa pemprograman, sehingga siapa saja dapat dengan mudah dan cepat menganalisis suatu data.

2. Tidak bergantung kepada aplikasi lain

Tableau mudah untuk digunakan dan memiliki banyak sekali fitur yang sudah tersedia dalam satu perangkat aplikasi. Pengguna tidak perlu kerepotan untuk mengolah data di banyak aplikasi lain.

3. Visualisasi yang Interaktif

Tableau menyediakan berbagai fitur untuk menghasilkan visualisasi yang menarik. Pengguna hanya perlu mengeksplor dengan cara drag and drop serta menyesuaikan chart sesuai data yang ingin ditampilkan.

4. Kolaborasi secara real-time

Tableau memungkinkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber data yang digunakan secara bersamaan secara real-time. Selain itu, terdapat fitur untuk mendiskusikan dashboard yang dibuat Bersama dengan orang lain.

 

Product Tableau

Terdapat beberapa produk yang ditawarkan Tableau untuk memvisualisasikan data dan menganalisis data, berikut produk-produk Tableau.

1. Tableau Desktop

2. Tableau Online

3. Tableau Server

4. Tableau Public

5. Tableau Prep

6. Tableau Mobile

 

Tableau Partner Indonesia

PT Sun Artha Putra Mandiri merupakan partner Tableau di Indonesia mempunyai misi agar perusahaan menengah dapat menggunakan teknologi terbaru serta tepat guna dalam mengolah data yang dimiliki.

Selain partner Tableau, kami juga berpengalaman dalam implementasi sistem ERP, terutama Acumatica Cloud ERP di mana fokus yang kami miliki adalah di bidang manufacturing, distribusi dan jasa logistik.

Dengan pengalaman yang baik, kami dapat memberikan masukan terkait pengembangan perusahaan pelanggan kami kedepannya.

Tertarik untuk mengimplementasikan Business Intellegence Tools yaitu Tableau di perusahaan Anda? Silahkan hubungi tim kami, Mba Euis di nomor whatsapp 0815 8690 2499  atau ingin berdiskusi mengenai seputar Tableau silahkan kunjungi Komunitas Tableau dan LinkedIn Sunarta.

 

Terima kasih telah membaca tulisan ini hingga selesai.

 

Baca juga artikel menarik Sunartha lainnya:

Belajar Tableau, Basic untuk Pemula

Fitur Terbaru Tableau Versi 2021.1

Cara Membuat Visuasisasi Data Geospasial di Tableau Public

 



3 Comments

Leave a Reply

fourteen + eight =