Fitur Terbaru Tableau Versi 2021.1

Fitur Terbaru Tableau versi 2021.1

Fitur Terbaru Tableau 2021.1
© tableau.com/products/new-features

 

Tableau versi 2021.1 telah resmi dirilis bulan Maret 2021, pada versi ini menghadirkan banyak fitur baru yang menarik dan memudahkan pengguna untuk membuat keputusan bisnis dengan lebih cerdas dan lebih cepat.

Dengan mengusung campaign Bring The Future Into Today’s Decisions, Tableau 2021.1 menawarkan fitur unggulan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan melalui data dan menjadi acuan untuk keputusan yang akan diambil hari ini.

Upgrage Tableau 2021.1 dan manfaatkan inovasi-inovasi terbaru, seperti kehadiran teknologi AI (Artificial Intelligence) ke dalam analitik untuk membantu pengguna dari berbagai divisi di tim Anda dan menjawab pernyataan terkait data dengan kurun waktu lebih cepat.

Bila Anda belum berlangganan Tableau Desktop dan tertarik mencobanya, silahkan uji coba dengan Tableau Free Trial berikut: Download Tableau Free Trial.

 

Apa saja Fitur Terbaru Tableau 2021.1?

1. Einstein Discovery

Lebih cerdas, memandu pengambilan keputuan untuk setiap tim dengan Einstein Discovery. Fitur ini memberikan prediksi dan rekomendasi terpercaya dari Einstein Discovery langsung ke Tableau dashboard Anda.

 

2. Quick LODs

Membuat Level of Detail dengan lebih mudah ke dalam alur kerja Anda dengan quick LODs.

 

3. Unified Notification Experience

Lihat semua perubahan penting di seluruh tim Anda dengan notifikasi terpadu di Tableau Server dan Tableu Online.

 

4. Azure Connectivity Improvements

Nikmati peningkatan konektivitas Azure yang signifikan, untuk mengoptimalkan konektivitas Tableau dan Azure lebih baik untuk analitik.

 

Setelah mengetahui 4 fitur unggulan terbaru pada Tableau 2021.1, kita kupas tentang salah satu fitur yang paling digadang-gadangkan, yaitu Einstein Discovery.

Apa itu Einstein Discovery?

Dalam tulisan Emily Chen, Product Marketing Specialist Tableau, meng-highlight “wujudkan masa depan dari keputusan hari ini dengan Einstein Discovery”. Fitur ini adalah hasil dari integrasi pertama antara produk Salesforce dengan Tableau.

Didukung oleh teknologi machine learning, Einstein Discovery memberikan prediksi dan rekomendasi dalam workflow Tableau Anda untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan relative cepat.

Fitur terbaru Tableau ini dikembangkan oleh Salesforce, yang membuat Einstein Discovery memungkinkan pengguna untuk membuat model prediktif yang kuat tanpa perlu menulis algoritma.

Fungsi ini dapat dimanfaatkan oleh semua orang, mulai dari data scientist, data analyst hingga pebisnis. Lingkungan tanpa code yang akan memberdayakan keputusan secara cepat dan terpercaya dengan AI (Artificial Intelligence).

 

3 Cara Menggunakan Einstein Discovery pada Tableau

Dikutip dari Einstein Discovery Tableau Blog, terdapat 3 cara untuk menggunakan teknologi machine learning pada fitur Einstein Discovery pada Tableau, semuanya tanpa perlu coding:

1. Einstein in Tableau Calcs

Einstein Discovery sekarang terintegrasi ke dalam mesin kalkulasi Tableau. Dengan kemampuan prediksi, semudah membuat kolom kalkulasi dengan jenis koneksi Einstein Discovery yang baru. Drag and drop prediksi kalkulasi ke dalam visualisasi Anda untuk melihat prediksi intuitif.

 

2. Einstein Discovery Dashboard Extension

Tambahkan dashboard Tableau dengan prediksi, penjelasan, dan saran untuk meningkatkan hasil yang diprediksi dari Einstein Discovery langsung ke dalam Tableau visual. Siapa pun yang melihat visual tersebut dapat melihat prediksi sekilas ke masa depan, dan menyarankan tindakan apa yang harus diambil.

 

3. Bulk Scoring and Predictive Insights in Prep Builder

Menambahkan langkah prediksi dalam workflow Anda. Dari faktor prediksi tersebut akan meningkatan kumpulan data Anda secara masal.

Dengan integrasi ini, Anda tidak hanya dapat memahami apa yang terjadi dengan data historis, tetapi juga membawa masa depan ke dalam keputusan hari ini berdasarkan prediksi tentang apa yang mungkin terjadi dan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti.

Apa yang membedakan Tableau 2021.1 dengan versi sebelumnya? Silahkan simak tulisan mengenai Tableau versi 2020.3: Paramenter Action Clearing.

Bagaimana setelah mengetahui fitur-fitur terbaru pada Tableau versi 2021.1 terutama fitur Einstein Discovery? Tertarik mencobanya?

Fitur Terbaru Tableau Versi 2021.1 untuk Bisnis Saya

Lalu Apa Step Berikutnya?

Anda bisa menghubungi tim kami yaitu Mba Euis, di nomor berikut: 0815 8690 2499 untuk mendapatkan informasi selanjutnya bagaimana implementasi Tableau pada bisnis Anda.

Kami tunggu tanggapan Anda untuk diskusi lebih lanjut. Apabila ada pertanyaan lain, silahkan ditanyakan via komentar di bawah ini ya. Kami akan dengan senang hati membahasnya untuk pembaca blog Sunartha.

Terima kasih telah membaca tulisan ini sampai selesai. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

one × 1 =