Tableau 2020.3 : Parameter Action Clearing

Parameter Action Clearing

Fitur Terbaru Tableau: Parameter Action Clearing

Pada bulan Agustus 2020, Tableau mengumumkan release terbarunya yaitu Tableau 2020.3. Dalam release terbarunya, Tableau menambahkan support pada salah satu fitur action yaitu opsi untuk mengatur / menetapkan nilai parameter menjadi nilai arbitrer. Hal ini diperuntukkan bagi user ketika tidak melakukan select data pada view dan ingin mengembalikan parameter menjadi suatu nilai yang spesifik.

Release ini menyebabkan sedikit perubahan pada halaman Parameter Action jika dibandingkan dengan release sebelumnya. Pada release Tableau 2020.3, terdapat tambahan opsi di bawah kanan halaman yaitu “Clearing the selection will”. Bagian inilah yang bisa digunakan oleh user untuk menentukan nilai parameter ketika tidak sedang melakukan select data. Gambar di bawah ini menunjukkan perbedaan release Tableau lama dengan Tableau 2020.3 :

VersiLama  VersiBaru

Prakteknya ya

Berikut ini sebuah contoh sederhana bagaimana cara kerja fitur ini:

Kita memiliki sebuah view yang menunjukkan rata-rata penjualan tiap kurun waktu dalam sebuah grafik garis. Terdapat juga sebuah parameter bernama “Parameter” dengan value saat ini adalah 2000. Parameter ini ditampilkan pada grafik dalam bentu reference line.

Untuk menggunakan fitur baru, klik tab Worksheets, kemudian Actions, lalu tambahkan action baru dengan memilih “Change Parameter”.

Parameter Action Clearing
Parameter Action Clearing

Ketika kita klik setiap titik Date pada grafik, maka nilai dari Reference Line atau Parameter akan menyesuaikan dengan nilai Moving Average Sales. Dengan opsi baru ini, kita bisa menetapkan nilai Parameter ketika tidak sedang select titik Date pada grafik (Selection cleared). Reference Line kemudian akan menunjukkan nilai tersebut pada grafik.

Setelah mengisikan nilai “3000” pada “Set value to”, kita uji coba dengan select salah satu titik Date, kemudian deselect. Reference line akan kembali menunjukkan nilai yang telah ditentukan pada opsi “Set value to”.

Penutup

Seperti itulah contoh sederhana bagaimana cara kerja support fitur pada Parameter Action dalam Tableau 2020.3. Untuk melihat fitur-fitur lainnya pada release Tableau 2020.3, klik disini : Sumber fitur Tableau terbaru.

Bacaan lainnya selain Parameter Action Clearing yang harus Anda baca tentang Tableau: Join Multiple Table di Tableau dan bagaimana menghitung skala bisnis. Menarik kan?

Johanna

Dibantu edit oleh Daru.



2 Comments

Leave a Reply

5 × 4 =