ERP Cloud Indonesia – Studi Kasus

ERP Cloud Indonesia

ERP Cloud Indonesia - Studi Kasus
ERP Cloud Indonesia – Studi Kasus. Sumber Gambar : Acumatica

 

Bisnis dan Tantangannya

Selamat datang pada blog Sunartha. Blog ini secara rutin berbagi mengenai teknologi terbaru pada sistem informasi yang akan membantu manajemen atau pemilik bisnis dalam meningkatkan performa bisnis.

Blog ini mengacu pada kondisi yang terjadi didunia bisnis dan mungkin juga apa yang Anda alami karena berdasarkan studi kasus berdasarkan perusahaan yang ada di Indonesia. 

Namun terkait kerahasiaan data sumber perusahaan akan kami batasi dari sisi nama perusahaan dan yang bersifat rahasia lainnya.

Ok, mari kita lanjutkan ya. 

Sebelumnya, jangan lupa baca sharing kami yang lain dengan judul Manfaat Cloud ERP untuk Perusahaan Anda

Bagi Anda yang baru pertama kali mampir ke blog Sunartha, kami juga mempunyai artikel lain yang bisa Anda baca dan pahami untuk bisnis Anda. 

ERP Cloud Indonesia – Studi Kasus

Seringkali banyak customer dan prospek Sunartha yang menanyakan tentang ERP Cloud di Indonesia. 

Apakah teknologi ini sudah banyak diadopsi oleh perusahaan lain. Ataukah masih banyak terkendala pada infrastruktur sehingga adopsinya terbilang lambat.

Biasanya kami menyikapi sebagai berikut. Memang teknologi Cloud terlebih ERP pada umumnya banyak perusahaan lebih memilih teknologi yang sudah teruji yaitu desktop application. 

Dimana aplikasi yang ada diinstall dari sisi client dan akan terhubung kepada server melalui jaringan. Bisa jaringan lokal maupun jaringan internet yang sudah dipersiapkan melalui VPN. 

Namun tahukah Anda kalau ternyata yang mengadopsi teknologi terbaru ini rata-rata adalah perusahaan menengah ataupun perusahaan rintisan yang menjadi bagian dari grup perusahaan besar.

Ok saya jelaskan ya. 

Kenapa perusahaan tersebut yang mengadopsi teknologi yang belum teruji bagi perusahaan pada umumnya? Karena saat ini perkembangan bisnis sudah menuntut mereka.

Kita coba lihat disekitar Anda. Bisnis sudah sangat mobile. Bisnis menuntut kecepatan, fleksibilitas dan tantangannya adalah bisa discale atau ditingkatkan kapasitasnya sesuai kebutuhan.

Permasalahannya apabila perusahaan tersebut menunggu besar dahulu untuk dapat menggunakan teknologi yang sudah dipakai perusahaan yang sudah mapan, kapan mereka berfikir tentang strategi kedepannya?

Lalu Apa Berikutnya?

Kemudian, berikutnya apa ya kalau secara studi kasus pada perusahaan menengah sudah mencoba teknologi ini?

Menurut saya, Anda mungkin juga harus mulai untuk memikirkan strategi bisnis atau perusahaan Anda kedepan untuk mengantisipasi perubahan ini.

Memang tidak perlu radikal langsung melakukan implementasi seluruh aktivitas bisnis pindah ke Cloud. Namun Anda dapat berdiskusi dengan para praktisi maupun rekan bisnis Anda yang sudah mempunyai pengalaman pada bidang ini.

Tantangannya adalah ketika hampir seluruh pelaku bisnis sudah sukses mengadopsi ini dan Anda serta perusahaan Anda belum, mungkin Anda akan tertinggal dan butuh ekstra waktu serta sumberdaya untuk mengikuti.

Setuju? Sebelumnya coba mampir di artikel lainnya seperti dibawah ini

Cloud ERP Indonesia

Tetapi jangan takut, Anda bisa menghubungi tim saya, Mba Euis dinomor berikut 0815 8690 2500  dimana Anda dapat menanyakan tentang hal ini serta teknologi terbaru apa saja yang Sunartha miliki untuk membantu Anda, bisnis Anda atau Perusahaan tempat Anda bekerja. 

Salam,

Daru



2 Comments

Leave a Reply

5 × one =