ERP System di Indonesia

ERP System di Indonesia

ERP System di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bersama. ERP (Enterprise Resources Planning) merupakan alat bantu untuk manajemen modern sekarang ini untuk mendapatkan informasi terkini mengenai jalannya roda bisnis.

ERP system banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai tingkat kerumitan operasional yang terbilang kompleks. Sedangkan agak jarang digunakan untuk manajemen perusahaan yang masih tergolong kecil ke menengah karena investasi yang terbilang besar.

Kalau begitu, apakah ERP system tidak dapat digunakan untuk perusahaan menengah? Kalau menurut saya, belum tentu. Sekarang ini sudah banyak produk-produk ERP (terutama berbasis cloud) yang sudah memberikan fitur dan kapabilitas sekelas vendor ERP ternama tetapi dengan harga yang relatif terjangkau.

Yuk coba kita bahas penerapan ERP System di Indonesia untuk perusahaan menengah :

Perusahaan Trading

Penerapan ERP diperusahaan trading terbilang cukup mudah dan sangat membantu operasional bisnis. Kenapa? Karena dengan menerapkan ERP diperusahaan trading, fokus utama perusahaan trading adalah ketersediaan stok barang.

Dengan manajemen stok barang yang optimal dan penagihan yang baik (Account Receivable) maka perusahaan akan selalu dalam kondisi optimal dan bisa memberikan nilai tambah berupa harga yang baik kepada customernya.

Perusahaan Manufaktur

Untuk perusahaan berbasis manufaktur, penerapan ERP terbilang cukup kompleks. Kenapa? Karena goals atau tujuan utama dari implementasi ERP adalah informasi Harga Pokok Produksi.

Apabila perusahaan mampu mengendalikan harga pokok sehingga tetap kompetitif dipasar, maka tujuan dari implementasi ERP berhasil. Namun seringkali para pemilik bisnis menggampangkan implementasi karena tingkat kesulitan dalam operasional dan data-data sebagai masternya.

Artikel lainnya terkait bahasan ERP untuk perusahaan manufaktur seperti : Event Manufakturing terkait Cloud ERP

Perusahaan Jasa

Untuk perusahaan jasa, penerapan ERP terkadang antara butuh atau tidak butuh. Artinya kembali lagi ke manajemen perusahaan, apakah mereka membutuhkan alat analisa yang terbilang baik daripada hanya menggunakan program spreadsheet.

Tetapi perusahaan Jasa menurut saya tetap akan lebih baik menerapkan ERP untuk menerapkan standar atas proses kerja yang ada. Karena produk ERP yang baik akan memaksa semua tim dalam perusahaan mengikuti alur yang disepakati bersama sehingga tidak ada kesulitan dalam melakukan kroscek apabila terdapat kesalahan.

 

ERP System di Indonesia

Apabila Anda ingin mendiskusikan topik ERP system diperusahaan Anda, kami dengan senang hati bersama-sama memberikan solusi yang terbaik untuk perusahaan Anda. Atau Anda dapat langsung menghubungi tim saya, Mba Euis dengan nomor Whatsapp 0815 8690 2500

Follow Linkedin saya juga ya. Yang terakhir dan cocok bagi Anda yang kesulitan melakukan analisa data semudah drag and drop cukup download trial gratisnya disini. 

Salam,

Daru

 



2 Comments

Leave a Reply

12 − six =