Event Manufacturing Solusi Bisnis Anda oleh Acumatica

Event Manufacturing Solusi Bisnis Anda oleh Acumatica

Event Manufacturing Solusi Bisnis Anda oleh Acumatica
Event Manufacturing Solusi Bisnis Anda oleh Acumatica

Manufacturing dan IOT

Menurut data dari beberapa website yang saya baca, pemerintah saat ini berusaha untuk meningkatkan kontribusi industri manufaktur dalam sektor ekonomi yang ada. Selain dapat menyerap banyak tenaga kerja, industri manufaktur dapat memberikan nilai tambah yang besar untuk daerah-daerah dimana mereka berdomisili.

Lain halnya dengan industri jasa atau industri IT yang lebih bersifat fleksibel, industri manufaktur ini seakan-akan jauh dari sentuhan teknologi atau serapan teknologi terbaru. Betul dugaan Anda, selain para pemilik bisnis yang berhati-hati dalam penerapannya, juga agak kesulitan dalam menghitung imbal balik atau istilah kerennya ROI (return on investment).

Prioritas utama pelaku industri ini lebih pada investasi yang langsung menghasilkan output seperti mesin, tools, peralatan, sdm dan yang terkait dengan efisiensi proses. Lalu bagaimana dengan hadirnya IOT (internet of things) dipelaku usaha sekarang ini? Apakah industri manufakturing dapat bertahan dan beradaptasi dengan serbuan teknologi terbaru? Yuk kita simak dibawah ini.

Bagaimana Solusi Selangkah Lebih Maju

Solusi untuk menjadi lebih unggul daripada pesaing atau pelaku sejenis adalah berani mengambil risiko bisnis (yang terukur tentunya) dalam implementasi teknologi yang tepat guna.

Mudahnya seperti ini, Digitalisasi data dari hardcopy (bon, printout dan kertas kerja) menjadi digital dengan basis infrastrukut IT. Wah, apakah sulit? Terdengar dan terlihat sulit. Namun setelah ditelaah lebih lanjut, masih memungkinkan untuk dijalankan. Bukan sesuatu yang mustahil lho.

Salah satu bahasan saat acara dengan Acumatica sebagai pembicara pada topik bagaimana membantu pelaku industri bisnis manufaktur untuk lebih selangkah lebih maju di hotel Pullman Jakarta yang lalu, adalah penerapan IOT disektor ini.

Ok, IOT saat ini sedang kekinian. Mulai dari smartwatch yang Anda pakai, smartphone yang ada digenggaman Anda setiap hari dan masih banyak lainnya seperti carplay. Apa yang bisa kita terapkan sekarang bagi pelaku bisnis manufaktur ini? Mudahnya kita mulai bahas dibawah ini ya.

 

Event Manufacturing Solusi Bisnis Anda oleh Acumatica

Disaat event berlangsung, Pak Kristian bercerita bagaimana seluruh aktivitas on paper dapat kita pindahkan ke versi digital (atau tersistem). Mulai dari perencanaan pemesanan barang berdasarkan schedule kerja. Istilah kerennya MRP (Material Requirement Planning). Yang biasanya dikerjakan dispreadsheet yang dilakukan secara berkelompok.

Atau ingin menghitung cost dari suatu product yang biasanya menunggu akhir bulan setelah rekapan biaya masuk semua. Saat ini cukup menggunakan metode perhitungan harga pokok secara actual. Barang selesai diproduksi, harga pokok langsung tertera.

Selain itu yang lebih menarik seperti bagian sales engineering bisa menawarkan produk berdasarkan konfigurasi produk dengan beberapa variabel kemungkinan yang ada. Saat itu dicontohkan dengan konfigurasi pintu beserta frame dan bahan penyusunnya. Tidak diperlukan lagi proses konfirmasi dan tek tok sana sini untuk aktivitas ini.

Yang terakhir, bisa dilakukan via cloud, ya via internet. Artinya sales Anda ada dimana, proses manufaktur ada dimana, semuanya dapat berkolaborasi.

Menarik bukan?

Mau mendiskusikan dengan kami sekarang juga terkait kemungkinan-kemungkinan tersebut? Yuk hubungi tim saya, Mba Euis, dengan nomor whatsapp langsung disini 0815 8690 2500 dan kami akan berikan tools menarik setiap deals yang terjadi dengan kelebihan visualisasi yang sangat menarik dibawah ini.

Salam,

Daru

Artikel kami lainnya yang menarik untuk Anda baca.

Event Manufacturing Solusi dari Acumatica

Data, harta karun yang terpendam untuk bisnis Anda!

Atau, apabila Anda tertarik untuk mencoba tools yang dapat membuat visualisasi data Anda semudah drag and drop? Coba pelajari, download dan trial gratis selama 14 hari disini! Download disini.



3 Comments

Leave a Reply

2 × four =