Indonesia dan Big Data

Indonesia dan Big Data

Indonesia dan Big Data
Sumber : Tech in Asia Indonesia

17.504 pulau.

9.634 pulau tak bernama.

6.000 pulau tak berpenghuni.

3 dari 6 pulau terbesar dunia: Kalimantan, Sumatera dan Papua.

96.000 km2 luas lautan.

748 bahasa daerah.

262.000.000 populasi.

132.700.000 pengguna internet.

106.000.000 pengguna media sosial.

371.400.000 koneksi telepon selular.

 

Itu adalah sekilas gambaran tentang Indonesia dan Big Data. Benar, hanya sekilas tapi langsung terlihat jelas berapa banyak data yang bisa dihasilkan.

 

Indonesia adalah negara kaya yang tentunya memiliki data yang sangat banyak. A real BIG Data. Lalu apa yang telah Anda lakukan dengan hal tersebut?

 

Dari sekilas tentang Indonesia tersebut, Anda pasti dapat membayangkan betapa berpotensinya Indonesia untuk bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda berkecimpung di bidang jasa logistik maka betapa besarnya potensi pengembangan bisnis Anda bila dapat mencapai banyak pulau di Indonesia. Atau, bila Anda memiliki visualisasi data yang jelas dan mudah dipahami mengenai daerah yang sudah Anda jangkau dan belum, Anda akan dapat langsung mengambil langkah strategis untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Atau mungkin Anda adalah seorang entrepreneur di bidang jasa makanan, setelah kembali menyadari luasnya laut Indonesia,  Anda mulai berpikir untuk mengolah hasil laut menjadi makanan yang siap dijadikan oleh – oleh khas Indonesia.

 

Melihat kenyataan betapa kayanya Indonesia, dan pastinya banyak hal yang dapat kita kembangkan untuk kemajuan Indonesia dan bisnis kita pastilah sangat menggiurkan. Tapi tunggu dulu, ini adalah keputusan penting yang harus diambil. Anda tak boleh terburu – buru melakukannya, keputusan besar ini harus diambil berdasarkan analisa yang mendalam dari data perusahaan Anda digabung dengan peta kekayaan dan kebhinekaan Indonesia tersebut. Bahkan setelah dipetakan dengan baik, Anda perlu tahu level kematangan data tersebut:

Data

Jika yang Anda miliki adalah laporan dalam file excel dan masih membutuhkan data processing yang berat secara manual maka data Anda masih berada dalam tahap yang sangat muda.

Masih panjang tahap yang perlu dilakukan agar Anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

Informasi

Disebut sebagai informasi apabila data yang Anda miliki sudah dalam online reports yang memiliki dashboard dan memiliki fitur analytics.

Keputusan – keputusan sederhana dapat Anda lakukan pada tahap ini. Misalnya, jika Anda membidik secondary cities untuk membaca halaman promosi di website Anda, maka Anda dapat langsung memakai fitur analisis yang disediakan untuk melihat kapan target Anda di kota – kota tersebut biasanya mengunjungi website Anda.

Insight

Pada tahap ini, data yang Anda miliki sudah memperlihatkan value nya. Keputusan Anda dapat semakin matang bila data Anda sudah ada dalam level ini.

Indonesia dan Big Data

Anda dapat mulai mengambil waktu untuk memahami, ada di tahap yang mana kematangan data yang Anda miliki. Bila masih di tahap yang raw sekali, kami dapat membantu Anda mematangkannya. Atau jika Anda belum yakin melabeli tingkat kematangan data Anda, let’s discuss over a cup of coffee…

Bagaimana menurut Anda artikel kami mengenai Indonesia dan Big Data?

Tertarik dengan artikel lainnya, Anda bisa membacanya disini: “Cara memilih BI Tools yang tepat”

 

PT SUN ARTHA PUTRA MANDIRI

Head Office:

One Pacific Place Sudirman Central Business District

15th Floor, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190

P (021) 2550 2629     F (021) 2550 2555     E ask@sunartha.co.id

Sunartha merupakan Partner Tableau di Indonesia. Tertarik untuk melihat lebih lanjut? Sunartha Tableau Partner



2 Comments

Leave a Reply

11 + twelve =