Kenali ERP dan 5 Cara Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Perusahaan Anda

Kenali ERP dan 5 Cara Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Perusahaan Anda

Jika saat ini Anda menjalankan sebuah bisnis, ERP mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah sistem yang bisa membantu Anda dalam mengatur, mengubah, bahkan mengautomasi cara Anda dalam berbisnis. 

Dulu, sistem ERP hanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan berskala besar dengan tingkat produksi dan produktivitas yang tinggi. Namun, teknologi yang semakin berkembang mendorong para pengusaha untuk memanfaatkan teknologi secara lebih maksimal, membuat sistem ERP banyak digunakan oleh bisnis skala kecil.

Melihat kebutuhan dan permintaan yang begitu tinggi, saat ini Anda bisa menemukan berbagai vendor cloud ERP yang menawarkan beragam fasilitas dan fitur. Namun, Anda harus mengetahui cara memilih sistem ERP yang tepat karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan dan keadaan yang berbeda-beda.

Apa itu ERP?

Sistem ERP merujuk pada kegiatan mengumpulkan dan mengorganisasi data bisnis melalui software yang terintegrasi. Software ERP mampu mengoptimalisasi berbagai fungsi bisnis, seperti laporan penjualan, produksi, akuntansi, dan lain sebagainya. Sistem ERP memberikan solusi yang dapat meningkatkan cara Anda mengelola setiap aspek bisnis, mulai dari bahan mentah untuk produksi hingga jam kerja karyawan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem ERP karena manfaat yang diberikan tidak main-main. Sistem ERP yang fleksibel, modular, dan scalable akan membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan iklim bisnis yang sangat cepat. Selain itu, menggunakan software berbasis cloud juga akan memudahkan penempatan dan organisasi data. Seluruh data perusahaan Anda akan ditempatkan pada satu tempat, sehingga pembuatan laporan bisa lebih akurat dan proses kerja pun akan lebih efisien.

Sistem ERP juga akan menekan biaya yang tidak perlu, misalnya seperti gaji untuk karyawan tambahan atau biaya IT. Tingkat keamanan sistem ERP pun tidak perlu diragukan. Aksesibilitas yang tinggi tidak lantas membuat sistem ERP menjadi tidak aman, justru akan semakin mengembangkan bisnis Anda.

Cara memilih sistem ERP

Anda sudah mengetahui apa itu sistem ERP dan berbagai manfaatnya. Sekarang, saatnya Anda memilih sistem ERP yang tepat bagi perusahaan Anda. Untuk melakukannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sistem ERP dari suatu vendor. Berikut ini cara untuk memilih sistem ERP yang tepat untuk perusahaan Anda.

Lakukan tinjauan dan analisis proses

Pertama, Anda harus melakukan tinjauan dan analisis dengan mendefinisikan dan mendokumentasikan proses bisnis Anda, mulai dari kekurangan hingga kekuatan dari bisnis yang sedang dijalani. Lalu, sertai analisis dengan proses bisnis pada masa depan dan persyaratan khusus terkait dengan bisnis Anda. Vendor akan menggunakan proses dan persyaratan ini untuk memberikan produk terbaik yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Pilih vendor Cloud ERP yang bereputasi baik 

Vendor cloud ERP merupakan aspek penting yang harus Anda perhatikan jika ingin menggunakan sistem ERP. Pilihlah vendor cloud ERP yang berpengalaman dan bereputasi baik. Vendor dengan pengalaman yang banyak dan reputasi baik sudah pasti akan memberikan keuntungan dan layanan yang berkualitas, seperti yang selalu dilakukan Acumatica. 

Acumatica merupakan vendor cloud ERP berkualitas yang memberikan berbagai solusi untuk manajemen perusahaan Anda. Software berbasis cloud ini mampu mengelola berbagai data keuangan, operasional, penjualan, promosi, dan lain sebagainya. Tidak hanya menangani manajemen pada perusahaan bisnis, Acumatica juga menyediakan solusi bagi industri, seperti manajemen warehouse, konstruksi, penjadwalan produksi, dan lain-lain. Buktikan sendiri dengan menghubungi tim Sunartha sebagai penyedia resmi layanan Acumatica di Indonesia.

Pastikan fitur-fiturnya lengkap 

Selain memilih vendor yang berkualitas dan bereputasi baik, Anda juga perlu memerhatikan kelengkapan fitur yang ditawarkan. Beberapa fitur wajib yang harus ada dalam sistem ERP adalah fitur integrasi, automasi, analisis data, pelaporan, manajemen hubungan pelanggan, akuntansi, serta pelacakan dan visibilitas. 

Pastikan pula fitur-fitur yang ditawarkan oleh vendor cloud ERP sesuai dengan apa yang perusahaan Anda butuhkan. Jika sistem ERP sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, maka Anda tidak akan membuang waktu dalam proses trial and error. 

Perhatikan setiap biaya ERP

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan Anda mengetahui seluruh “biaya tersembunyi” terkait dengan ERP. Biaya tersebut meliputi biaya implementasi, pemeliharaan software, pengisian ulang sumber daya tim proyek, peningkatan software, dan lain-lain. 

Rencanakan implementasi yang realistis

Saat memutuskan untuk menggunakan sistem ERP, Anda perlu merencanakan dengan baik penggunaan sistemnya. Anda perlu memastikan bahwa pekerjaan Anda bisa diimplementasikan lewat sistem ERP sehingga sistem dapat berfungsi maksimal dan diterima oleh setiap pengguna.

Meski sistem ERP sudah terkenal sangat bermanfaat dan membawa keuntungan bagi perusahaan, jangan sampai Anda salah langkah karena memilih vendor yang salah. Pastikan Anda memilih vendor cloud ERP yang tepat untuk segala kebutuhan perusahaan Anda, seperti Acumatica. Software ERP ini akan memastikan pengelolaan manajemen perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan biaya untuk hal yang tidak perlu.

 

Artikel menarik Sunartha lainnya:

6 Manfaat ERP untuk Perusahaan Startup

Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

5 Benefits of Cloud ERP to Improve Supply Chain Performance



Leave a Reply

four + 19 =