Manajemen Bisnis: Merencanakan hingga Mengontrol Bisnis

Manajemen Bisnis: Merencanakan hingga Mengontrol Bisnis

Memiliki bisnis mungkin menjadi impian bagi banyak orang. Namun, membangunnya saja tak cukup, Anda juga harus bisa mengembangkannya dengan baik agar bisnis berumur panjang. Memang, menjalankan bisnis tidaklah mudah. Dibutuhkan sistem untuk menjalankannya dari mulai A sampai Z. Sistem inilah yang disebut manajemen bisnis.

Manajemen sangatlah penting untuk membantu mengelola bisnis Anda secara benar agar dapat mencapai target-target di masa depan. Jika Anda ingin mendirikan bisnis, simak apa itu manajemen bisnis dari mulai tahap merencanakan hingga memimpin tim Anda sendiri!

Apa itu Manajemen Bisnis?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari mengenal dengan jelas apa itu manajemen bisnis. Dari pengertiannya, manajemen bisnis adalah sistem yang mengatur jalannya bisnis agar dapat teratur di setiap lininya, sehingga memudahkan pemilik bisnis dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Di dalamnya juga termasuk kegiatan mengelola koordinasi dan organisasi. Tanpa adanya manajemen yang baik, bisa-bisa bisnis berjalan tidak teratur dan tidak menutup kemungkinan akan cepat gulung tikar. 

Fungsi Manajemen Bisnis

Agar manajemen memberikan hasil optimal, terdapat fungsi-fungsi yang mendukung penerapannya. Berikut ini penjelasannya:

Perencanaan

Seperti namanya, perencanaan dalam bisnis merupakan tindakan untuk menentukan target yang akan dicapai bisnis Anda pada masa depan. Membuat rencana bisnis berfungsi untuk mengatur bagaimana jalannya bisnis sekaligus apa saja target-target yang akan dicapai nanti. Tanpa adanya perencanaan, jelas bisnis Anda tak akan memiliki tujuan sehingga akan terombang-ambing nantinya. Karena itu, fungsi perencanaan ini sangat menentukan proses keseluruhan dalam menjalankan bisnis.

Pengelompokan

Selesai melakukan perencanaan, maka fungsi pengelompokan ini berguna untuk mengelola sumber daya manusia atau karyawan. Tujuannya adalah mendorong penggunaan sumber daya entitas secara optimal. Usai membuat perencanaan yang matang, tentunya Anda harus menunjuk orang yang sesuai untuk menjalankan tugas-tugas sesuai dengan keahlian mereka. Misalnya pembagian kerja untuk siapa-siapa saja yang masuk ke dalam tim pemasaran, tim gudang, tim distribusi, tim administrasi, dan sebagainya.

Perekrutan

Pada fungsi ini, manajemen bisnis bertugas mencari orang-orang yang sesuai dengan pekerjaan. Misalnya, untuk orang yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Ekonomi, maka ia akan ditetapkan di bagian financing. Menempatkan orang sesuai dengan skill dalam bidang-bidang tertentu akan meningkatkan produktivitas bisnis sehingga target-target mudah tercapai.

Pengawasan

Fungsi ini mengarah pada tindakan pimpinan dalam mengawasi kinerja tim yang ada; apakah semua pekerjaan sudah dikerjakan sesuai dengan SOP, apakah strategi bisnis yang ada sudah teraplikasi dengan baik, apakah pekerjaan yang sudah dikerjakan bisa mencapai target, dan sebagainya. Tak hanya dilakukan oleh pemimpin, fungsi pengawasan ini juga bisa diberikan pada ketua kelompok. Nantinya, pemimpin tinggal meminta laporan pertanggungjawaban kepada masing-masing ketua sebagai evaluasi.

Memimpin tim

Fungsi terakhir adalah directing atau memimpin tim, yakni meliputi tindakan pemimpin yang dapat memimpin dan menyemangati timnya agar bisa bekerja sesuai SOP yang sudah disepakati dari awal. Terkadang ada saatnya karyawan merasa lelah dan hilang arah, di sinilah peran pemimpin berfungsi untuk menyemangati dan memimpin mereka agar kinerja mereka bisa kembali lagi.

Jika sebagai pemimpin tim Anda merasa kewalahan, Anda bisa menunjuk ketua untuk masing-masing tim atau divisi. Pastikan Anda menunjuk ketua tim yang memiliki pengalaman dalam bidang tersebut.

Itulah pengertian manajemen bisnis lengkap dengan fungsi-fungsinya. Dalam menjalankan bisnis, tentu Anda juga harus melakukan analisis data. Agar lebih mudah dibaca dan dimengerti, sebaiknya lakukan visualisasi data. Tak perlu manual, Anda bisa menggunakan software Tableau.

Tableu dilengkapi fungsi data visualization hingga integrasi yang bisa menggabungkan beragam informasi bisnis untuk meningkatkan kualitas laporan dan data analisis Anda. Anda bisa mengandalkan Sunartha untuk mendapatkan Tableau. Apalagi sekarang sedang ada free trial selama 14 hari. Untuk informasi lengkapnya, hubungi kami di sini!

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

5 Jenis Teknologi Digital Ini Bisa Membantu Anda Mengembangkan Bisnis

Pahami Soal Investasi Bisnis dan Contoh-contoh Investasinya



Leave a Reply

seven − four =