Pentingnya Manajemen Proyek

Pentingnya Manajemen Proyek

Pentingnya Manajemen Proyek
Pentingnya Manajemen Proyek

Proyek dan Kerumitannya

Setiap orang yang menangani proyek pasti mengerti kesulitan dalam mengelola proses monitoring sebuah proyek. Mulai dari proyek sederhana sampai dengan proyek atau pekerjaan yang kompleks.

Nah, tools apa yang biasa Anda gunakan untuk membantu Anda? Dari yang paling sederhana, biasanya kita menggunakan Microsoft Excel. Sering dikenal juga namanya dengan Spreadsheet.

Ok, tool tersebut andalan hampir setiap orang yang terbiasa menghandle project. Mudah digunakan, bahkan saat ini bisa dishare dan diupdate oleh beberapa orang disaat bersamaan. Yups, sekarang sudah ada Office 365.

Membantu? Sangat. Saya saja sangat bersemangat saat dihadapkan proyek yang terdiri dari beberapa task (tugas) dan butuh tim saya melakukan pengkinian data, terutama untuk tanggal penyelesaian atau hal sederhana memberikan komentar. 

Namun, sampai pada satu titik, dimana saya mulai stuck dengan beberapa proses yang mustinya saya bisa otomatis menginfokan tanpa harus mengirimkan email atau membuat gant chart. Standar dong ya, ganchart. 

Solusi dan Toolsnya

Sesi pencarian pun dimulai. Saya mulai mencari beberapa kandidat aplikasi yang mustinya bisa membantu saya dan tim dalam mengelola pekerjaan kita.

Oiya, Sunartha bergerak dibidang implementasi tools dan software seperti Acumatica Cloud ERP, Tableau Business Intelligence.

Coba bayangkan kalau kami harus mengelola multiple project dalam saat bersamaan. Timeline harus kita patuhi, semua komunikasi harus didokumentasikan dan seluruh kendala-kendala kita harus catat.

Kembali lagi ya, jadi akhirnya saya mencoba hampir lebih dari 5 aplikasi untuk mengelola project tersebut. 

Sampai pada akhirnya saya bertemu yang namanya monday.com

Pentingnya Manajemen Proyek

Kesan pertama? Mudah sekali dalam sisi penggunaan karena UI-nya sangat bersahabat, mirip dengan excel file yang sudah kami buat sebelumnya. 

Kemudian saya coba roll-out dengan beberapa tim saya diproject dan komunikasi akhirnya menjadi lancar jaya. Senangnya hati. Akhirnya kami juga bisa memantau tiap pekerjaan, progressnya sampai mana dan hal-hal lainnya.

Sepertinya saya harus membuat webinar untuk share berita ini. Gimana, tertarik untuk bergabung?

Kalau iya, tolong komentar diLinkedin saya ya, klik pada nama saya dibawah ini ya. Atau ingin berdiskusi lebih lanjut, bisa dengan tim saya, Mba Euis dinomor berikut 0815 8690 2500.

Tidak lupa juga, saya dan tim masih mencari anggota tim lain yang sangat suka mengenai ERP dan Business Intelligence seperti Tableau menjadi bagian dalam tim kita. Apply ya diweb kami: Career. 

Salam,

Daru

 

Artikel terbaru lainnya yang bisa Anda baca untuk pengembangan diri dan bisnis seperti:

Bagaimana Meningkatkan Value Diri

Belajar Tableau Creator 2019.2

 



3 Comments

Leave a Reply

five + 14 =