Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Manufaktur

Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Manufaktur

Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Manufaktur
Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Manufaktur

Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Manufaktur

Saya meyakini hal tersebut. Indonesia berpotensi menjadi negara basis manufaktur di dunia.

Kenapa tidak? Kita diberikan karunia oleh Tuhan berbagai sumber daya yang merupakan input dari proses manufaktur. Terlebih apalagi output yang dihasilkan dapat dikonsumsi oleh domestik dengan pangsa pasar yang sangat besar.

Contoh saja industri manufaktur untuk kendaraan bermotor. Baik untuk roda dua dan roda empat, potensi yang ada sampai dengan saat ini masih sangat terbuka lebar.

Sumber daya alam berupa mineral, sumber daya manusia untuk proses assy dan produksi dan sumber daya lainnya yang turut membantu proses dalam kegiatan manufaktur.

Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Manufaktur

Lalu, apa yang membuat banyak perusahaan berbasis manufaktur yang saat ini ada kurang dapat meningkatkan kinerjanya. Banyak sebenarnya variabel yang berkaitan dengan perusahaan manufaktur.

Sebagai contoh saja, apabila bahan baku yang ada berbasiskan impor, maka nilai tukar akan jadi pengaruh besar terhadap profitabilitas.

Kemudian apabila terjadi perubahan kebijakan disuatu wilayah atau daerah terkait upah tenaga kerja, maka akan merubah variabel komponen tenaga kerja kedalam harga pokok produksi.

Dan masih banyak komponen lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang strategi meningkatkan kinerja perusahaan manufaktur ditengah persaingan yang makin kompetitif sekarang ini.

 

Data

Tanpa disadari, pelaku perusahaan manufaktur mempunyai dasar data analisis yang sangat baik. Yaitu data yang dimiliki. Berupa data pembelian, data produksi, data trend permintaan dan masih banyak data-data lainnya yang apabila disatukan, insightnya sangat dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan.

Bagaimana cara menganalisanya? Kami dapat membantu untuk menganalisa data yang Anda miliki, pelaku kegiatan manufaktur dengan tools berikut, Tableau. Penasaran bagaimana cara kerjanya, Anda dapat menghubungi no tim saya dibawah tulisan ini.

Lalu, apakah akan lebih baik kedepannya? Tentu saja. Pengambilan keputusan yang berdasarkan data akan jauh lebih akurat dibandingkan hanya perasaan Anda saja. Tahu Tesla? Perusahaan yang memproduksi mobil listrik di US?

Mereka mengoptimalkan pengambilan keputusan dan penerapannya dishop floor sehingga mempercepat proses produksi pengiriman kendaraan mereka.

 

Bottleneck Solving

Produksi merupakan proses yang rumit. Akan ada banyak bottleneck (hambatan). Mulai dari skema kerja, ritme kerja, ketersediaan suplai bahan baku, sampai dengan hal remeh temeh seperti mati listrik maupun yang lain.

Berbasiskan data yang ada, kita dapat mempercepat penyelesaian bottleneck tersebut. Kuncinya adalah lean manufacturing. Semakin ramping proses dan mengalir, maka kegiatan manufaktur tidak akan tersendat-sendat dan optimalisasi waktu dan resources yang akan didapat.

 

Optimalisasi Persediaan

Pengalaman yang seringkali saya temui, banyak sekali perusahaan manufaktur menempatkan kas dan setara kas mereka dipersediaan. Persediaan yang slow moving pula. Hal yang sangat disayangkan bagaimana hal tersebut sampai terjadi.

Kuncinya adalah mempunyai sistem perencanaan pemesanan dan supply chain yang optimal sehingga didapat optimalisasi persediaan dibisnis Anda.

Cukup dari sisi jumlah dan dana yang Anda miliki dapat digunakan untuk output yang lebih maksimal

 

Pengalaman dalam melihat banyak Perusahaan

Berdasarkan 3 strategi diatas, sebenarnya permasalahan yang dialami dapat Anda pecahkan dan minimalisir dengan sistem ERP yang didesain untuk perusahaan manufaktur.

Kenapa? Karena dengan menerapkannya, permasalahan terkait data, terkait bottleneck produksi dan optimalisasi persediaan dapat dijawab dengan fitur-fitur yang sudah ada di ERP khusus untuk perusahaan manufaktur.

Tertarik untuk mendiskusikannya dengan saya dan tim saya untuk bisnis Anda? Hubungi tim saya, Mba Euis dinomor whatsapp berikut 0815 8690 2500 

 

Sunartha merupakan Preferred Partner dari Acumatica Cloud ERP dan Tableau Business Intelligence Tools. Kami menawarkan free consulting penerapan tools tersebut dibisnis manufakturing Anda. Saat ini kami sudah melayani banyak perusahaan manufaktur sehingga Anda dapat mendiskusikan cara mengoptimalisasinya.  

Artikel lainnya dari kami seperti:
Pentingnya ERP untuk Bisnis

Shiny vs Useful: Which trends in the analytics market are business ready?



2 Comments

Leave a Reply

seven − 3 =