8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Chart Tableau
Pic source: https://unsplash.com/@markuswinkler

 

Hallo, selamat datang di Blog Sunartha  

Tulisan kali ini akan membahas mengenai 8 tipe chart Tableau dan fungsinya yang umum digunakan. Chart atau grafik ini adalah bagan dari suatu data untuk menunjukkan nilai yang akan memudahkan pembaca menyimpulkan nilai dari data yang dibuat. 

 

Chart pada Tableau 

Sebelum lebih lanjut membahas beragam tipe chart pada Tableau, tahukah Anda, apa itu Tableau?  

Tableau adalah sebuah Business Intelligence Tools yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data dalam bentuk beragam chart. Visualisasi data dengan Tableau, memudahkan Anda untuk menganalisa data sesuai kebutuhan dan menghasilkan laporan data yang interaktif dengan kurun waktu yang relatif cepat. 

Artikel terkait: Tableau Membantu Menganalisa Data Bisnis Anda 

 

Tipe – Tipe Chart Tableau dan Fungsinya

1. Bar Chart (Diagram Batang)

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Bar chart merupakan salah satu visualisasi yang paling umum digunakan. Chart ini biasanya digunakan untuk membandingkan data dengan cepat dari seluruh kategori yang ada.  

Baca juga: Belajar Membuat Lollipop Chart di Tableau 

 

2. Line Chart (Diagram Garis) 

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan 

Line chart digunakan untuk melihan tren data berdasarkan runtut waktu, data dapat disajikan pertahun, quarter, bulan, bahkan hingga perhari. Hasil visualisasi yang berbentuk garis mempermudah pengguna membaca data apakah mengalami kenaikan maupun penurunan. 

 

3. Pie Chart (Diagram Lingkaran)

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Pie chart akan membagi lingkaran menjadi beberapa bagian sesuai dengan data. Chart ini akan lebih tepat digunakan apabila bagian-bagian tersebut tidak lebih dari 5, karena jika lebih dari itu pie chart menjadi lebih sulit dibaca. 

 

4. Maps (Geospasial)

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Maps sangat mudah untuk memvisualisasikan segala jenis informasi lokasi, kode pos, negara. Jika pengguna memiliki informasi geografis yang terkait dengan data geospasial, peta merupakan cara sederhana dan menarik untuk menunjukkan bagaimana lokasi berkorelasi dengan tren di data Anda. 

Baca juga: Membuat Visualisasi Data Geospasial di Tableau Public

 

5. Scatter Plot

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Scatter Plot digunakan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya yang bersifat numerik.

 

6. Gantt Chart

Gantt Chart

Gantt Chart digunakan untuk mempermudah membaca durasi suatu aktivitas. Pada Gantt Chart setiap tanda terpisah menunjukkan durasi. Misalnya, pengguna dapat melihat metode pengiriman yang paling cepat menggunakan first class, tercermin pada pendeknya panjang chart.

 

7. Bubble Chart

Bubble Chart

Bubble chart digunakan untuk menampilkan data dalam sekumpulan lingkaran dengan ukuran yang bervariasi. Besar kecilnya lingkaran ditentukan berdasarkan besar kecilnya nilai pada data.

 

8. Tree Map

Tree Map

Tree Map digunakan untuk menampilkan visualisasi persegi panjang, besar-kecilnya persegi panjang ditentukan berdasarkan besar-kecilnya nilai pada suatu data.

Baca juga: Cara Membuat Waffle Chart di Tableau 

 

Belajar Membuat Chart Tableau Sesuai Fungsinya

Dari tipe-tipe chart yang disediakan Tableau, kita masih bisa kreasikan dan berinovasi dalam pembuatan chart dari data yang kita miliki. Pemilihan chart yang digunakan sebaiknya sesuai kebutuhan ya, dapat dilihat berdasarkan fungsi dari masing-masing chart nya. 

Erat kaitannya antara chart dan data, lalu bagaimana cara mengolahnya? Silahkan mampir pada artikel berikut Belajar Mengolah Data

 

Nah, itulah 8 tipe chart tableau dan fungsinya yang umum digunakan.  

Ingin Tableu ini diterapkan pada bisnis Anda? Ingin lebih paham cara penggunaannya? Bisa hubungi Mba Euis di nomor Whatsapp berikut 0815 8690 2499. 

 

Baca juga artikel Sunartha yang menarik lainnya

Belajar Tableau di Jakarta 

Apa itu Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)? 

Perbedaan Tableau Public dan Tableau Desktop



1 Comment

Leave a Reply

five × four =