5 Cara Membangun Team Work yang Baik Walau Kerja Remote

5 Cara Membangun Team Work yang Baik Walau Kerja Remote

Cara membangun team work

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia telah menciptakan gaya hidup baru, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu gaya hidup baru yang dilakukan di banyak sektor kehidupan adalah melakukan aktivitas secara online, termasuk saat bekerja. Tentu saja keadaan ini menuntut semua orang untuk harus cepat beradaptasi. 

Demi menekan penularan kasus COVID-19, banyak perusahaan akhirnya menerapkan kebijakan remote working atau work from home (WFH). Meski memiiliki beberapa kelebihan, kerja remote tetap memerlukan upaya ekstra agar kekompakan tim tetap terjaga. Oleh karena itu, cara membangun team work yang baik perlu diusahakan semaksimal mungkin.

Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun team work walau Anda dan tim harus kerja remote. Berikut ini beberapa di antaranya! 

    1. Tentukan target dan alur kerja yang jelas

Menentukan target dan alur kerja yang jelas menjadi poin penting dalam kerja remote. Salah satu caranya adalah dengan membuat to-do list. Tulislah target pekerjaan dalam jangka waktu pendek, menengah, dan panjang. Target-target pekerjaan ini juga bisa dikategorikan; mana yang mendesak, penting, dan dapat ditunda.

Setelah pekerjaan diselesaikan, buatlah dokumentasi alur kerja dengan baik dan jelas. Tujuannya agar pekerjaan yang sudah dikerjakan tersebut tersusun dengan baik, rapi, dan jelas terlihat progress-nya. Hal ini akan memudahkan pemimpin tim untuk meninjau dan mengevaluasi hasil kerja remote para karyawan. Dengan begitu, komunikasi pun terjalin lancar dan terbangun team work yang solid.

    1. Sepakati jadwal kerja bersama

Berdiskusi dan bekerja dengan tatap muka jarak jauh melalui video conference sangat perlu dilakukan. Hal ini dilaksanakan agar pekerjaan dapat terarah dan selesai dengan jelas. Selain itu juga agar para anggota tim bekerja dalam satu waktu.

Sebelum melakukan diskusi dan kerja bersama tersebut, sepakatilah jadwal kerja bersama antaranggota sebagai cara membangun team work yang baik. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi anggota tim yang berbeda, baik waktu maupun preferensi masing-masing. Dengan adanya kesepakatan, kolaborasi kerja pun akan berjalan lebih lancar.

    1. Manfaatkan teknologi secara maksimal

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin canggih. Kemajuan teknologi ini membuka banyak kemudahan dan kreativitas baru. Banyak orang saling terhubung dengan cepat meski dari lokasi berbeda dan jarak jauh. Bagi para karyawan yang kerja remote pun, kemajuan teknologi memudahkan mereka untuk bekerja sembari duduk manis tanpa perlu repot pergi jauh dan terjebak macet di jalan. 

Manfaat perkembangan teknologi yang semakin variatif, terutama semenjak pandemi, patut dirasakan dan dimaksimalkan penggunaannya oleh banyak orang. Bagi para karyawan remote, memanfaatkan teknologi bukan sekadar untuk online meeting dan mengirimkan tugas kerjaan. Dengan perkembangan teknologi, para karyawan juga selayaknya mengupayakan cara membangun team work dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan software khusus untuk kolaborasi tim seperti Smartsheet. 

Aplikasi Smartsheet berfungsi sebagai project management tools, yakni berupa spreadsheet yang akan menunjang dan mengatur rencana aktivitas kerja anggota tim. Selain untuk mengisi data dan mengelola progress pekerjaan, Smartsheet juga dapat digunakan untuk berdiskusi, membuat catatan, hingga melampirkan file dan tautan di dalam kolom baris.

Fitur yang disediakan Smartsheet juga lengkap, misalnya terdapat fitur waktu dan fitur-fitur khusus untuk memudahkan monitor tugas-tugas kecil hingga pengaturan proyek besar. Manfaatkan free trial selama 14 hari untuk menggunakan Smartsheet melalui Sunartha. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Smartsheet!

    1. Rutin monitoring dan evaluasi

Saat dan setelah melaksanakan pekerjaan, melakukan peninjauan dengan monitoring dan evaluasi sangat penting dilakukan. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui target-target mana saja yang belum tercapai, yang sudah terlaksana, dan apakah pekerjaan sudah terbagi secara merata. Rutin monitoring dan evaluasi juga menjadi salah satu cara membangun team work dengan baik agar komunikasi dan kekompakan antaranggota dapat terjalin. 

    1. Tingkatkan komunikasi antaranggota untuk membangun team work yang solid

Jika terlalu fokus menyelesaikan target pekerjaan tanpa berkomunikasi, tentu Anda akan mudah bosan dan stres. Oleh karena itu, setiap anggota tim perlu saling berkomunikasi agar tetap terkoneksi dengan satu sama lain. Hal ini juga berguna agar setiap anggota tim memiliki ikatan yang kuat.

Beberapa cara meningkatkan komunikasi adalah melakukan one-on-one dengan anggota tim, mengadakan sesi game, dan lain-lain. Selain berfungsi untuk mengelola stres, komunikasi yang terjalin lancar dan baik juga menjadi poin penting dari cara membangun team work yang baik.

Kerja remote bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kekompakan tim. Kelima cara membangun team work di atas bisa membantu Anda dan tim untuk terus akrab dan kompak dengan satu sama lain. Selamat mencoba!

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

6 Fitur yang Harus Ada pada Project Management Tool Kantor Anda

8 Fitur Smartsheet untuk Tingkatkan Kolaborasi dan Kerja Sama Tim

6 Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja di Rumah



2 Comments

Leave a Reply

15 + one =